Contoh Laporan PKM PGPAUD FKIP Universitas Terbuka 2018

Laporan PKM PGPAUD UT – Bapak dan Ibu Guru PAUD yang lagi menempuh Pendidikan Strata 1 (S1) Universitas Terbuka Pada Semester 4 dituntut untuk membuat laporan PKM PGPAUD. Bagi Bapak/Ibu Guru PAUD yang membutuhkan Contoh Laporan PKM PGPAUD untuk dijadikan refrensi dalam menyusun laporan PKM PGPAUD bisa Bapak/Ibu Download pada Link di akhir artikel ini. File Laporan PKM PGPAUD tersebut dalam format word dan sangat mudah untuk di download melalui google drive. Sebelum Bapak/Ibu mendownload contoh Laporan PKM PGPAUD ada baiknya bapak/ibu membaca ulasan singkat tentang PKM PGPAUD berikut ini.

Penyelenggaraan PKM merupakan kegiatan managerial yang mempersyaratkan setiap pihak yang terlibat memahami dengan benar hakikat PKM (apa, mengapa dan bagaimana PKM), seperti peran, dan fungsinya dalam penyelenggaraan PKM. Para pihak yang terlibat dipersyaratkan mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalankan fungsinya. Perlu diingat bahwa penyelenggaraan PKM sangat menentukan kualitas lulusan yaitu para guru. Tidak jarang terjadi konsep dan perancangan yang solid menjadi buyar karena penyelenggaraan yang tidak berkualitas.

Baca Juga : APKG 1 PKM PGPAUD

Pembentukan kemampuan melakukan kegiatan pengembangan tidak terjadi sekaligus maka latihan yang akan dilakukan mahasiswa melalui mata kuliah PKM PGPAUD ini akan dilakukan bertahap dan sistematis, baik secara mandiri maupun terbimbing. Dengan cara ini diharapkan kemampuan melakukan kegiatan pengembangan mahasiswa akan semakin meningkat. Penyelenggaran PKM  dilaksanakan dalam satu prosedur yang dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Semua Fase kegiatan PKM akan melibatkan berbagai unsur seperti mahasiswa, teman sejawat, supervisor, penguji, pengelola dan UPBJJ UT.

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah mengelolah kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. Untuk dapat menguasai kompetensi tersebut  seorang guru PAUD  harus senantiasa berlatih karena pembentukan kemampuan melaksanakan kegiatan pengembangan tidak terjadi sekaligus. Mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) merupakan salah satu mata kuliah pada program Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD) yang bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan mengelola kegiatan pengembangan secara efektif.
Mengingat peran guru PAUD sangat strategis dalam menyiapkan generasi unggulan pada masa mendatang maka guru PAUD dituntut untuk kreatif dan mau belajar terus menerus atau menjadi pembelajar seumur hidup untuk meningkatkan mutu kemampuan melaksanakan kegiatan pengembangannya. Atas dasar itu pula program S1 PGPAUD FKIP universitas Terbuka (UT) memandang penting menyediakan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGPAUD. Bagi mahasiswa program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka (UT) mata kuliah PKM merupakan mata kuliah yang melatih dan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan menyelenggarakan pembelajaran (mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki).

Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGPAUD Merupakan mata kuliah praktik lapangan selain itu pada akhir pertemuan atau tutorial, mahasiswa dituntut untuk mengumpulkan laporan PKM PGPAUD dari kegiatan praktik yang telah dilakukan di satuan  pendidikan tempat mahasiswa mengajar. Laporan PKM PGPAUD memuat komponen sebagai berikut :
  1. Judul
  2. Lembar pengesahan
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar isi
  5. Pendahuluan
  6. Tujuan mengikuti PKM PGPAUD
  7. Manfaat mengikuti PKM PGPAUD
  8. Temuan unik/khas/berkesan yang ditemukan mahasiswa saat mengikuti bimbingan dan praktik mengajar
  9. Kesimpulan umum dari melakukan refleksi diri dan mengikuti mata kuliah PKM PGPAUD.
Laporan PKM PGPAUD tersebut diserahkan ke supervisor 1 atau dosen pembimbing mata kuliah PKM PG PAUD bersama dengan dokumen lainnya dalam satu berkas. Untuk Contoh Laporan PKM PGPAUD bisa Bapak/Ibu Download Pada Link Berikut :


Demikian info tentang contoh Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGPAUD. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel