Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online


Mengecek NUPTK - Selamat berjumpa sahabat GTK dimanapun berada, pada kesempatan ini saya akan share artikel dengan judul Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online. Untuk review artikel ini bisa menggunakan kata kunci mengecek NUPTK, Selamat membaca.

Judul : Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online
Link : Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online

Rekomendasi Bacaan
Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan nomor induk bagi seorang guru atau tenaga kependidikan (GTK). NUPTK dapodik diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non PNS yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan surat Dirjen GTK sebagai nomor identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan serta dimasukan kedalam aplikasi dapodik yang bisa di mengecek status NUPTK GTK silakan KLIK DI SINI.

Mengecek NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersiat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki sorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar perubahan riwayat status kepegawaian, dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Setiap GTK yang terdaptar di aplikasi dapodikdasmen kemdikbud dapat mengecek NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah diinput dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. setelah melalui proses verifikasi dan validasi atau verval GTK oleh pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSPK) kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Kab/Kota setempat melalui aplikasi verval GTK untuk di verifikasi. Setelah lolos verifikasi oleh disdik, selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.

Mengecek NUPTK berguna untuk mengetahui status keaktifan guru dan tenaga kependidikan yang sudah terdaptar di aplikasi dapodikdasmen. Berikut ini langkah-langkah melakukan pengecekan NUPTK:

Langkah-langkah mengecek NUPTK GTK
Silakan kunjungi website Padamu Negeri atau Simpatika, lalu pilih lihat status NUPTK. Masukan Nama atau NUPTK dan Kota Lokasi Sekolah Induk lalu klik cari NUPTK atau cari data.

mengecek-nuptk

Selanjutnya skrol ke bawa, pada hasil pencarian NUPTK akan ditampilkan nama PTK, NUPTK, sekolah induk, lokasi dan NPSN. Untuk GTK di bawah naungan kemendikbud cara mengecek NUPTK ini sudah tidak efektif karena website padamu negeri sekarang sudah dimiliki atau dikelolah oleh kemenag dan berganti nama menjadi simpatika kemenag. Namun cara mengecek NUPTK melalui web padamu negeri ini masih bisa digunakan jika kita lupa NUPTK dapodik yang kita miliki. 

Selanjutnya setelah mengetahui NUPTK melalui web padamu negeri atau simpatika kemenag tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan NUPTK yang sudah terdaftar di dapodik melalui laman yang disediakan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. hasil pengecekan NUPTK yang ditampilkan oleh PDSPK tersebut merupakan data hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi Padamu Negeri. Status Keaktifan NUPTK hasil pengecekan NUPTK di PDSPK tersebut merupakan data terupdate yang tersingkronisasi dengan database dapodikdasmen dan dapodikpauddikmas. Untuk menelusuri status NUPTK anda, silakan masukan nomor NUPTK yang terdaftar di dapodik pada kolom yang tersedia lalu klik cari nuptk seperti gambar berikut:

nuptk kemdikbud

Data yang ditampilkan dari hasil pengecekan NUPTK dapodik tersebut berupa NUPTK, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, NIK, Satatus NUPTK. Jika terdapat kesalahan pada data-data tersebut silakan diperbaiki melalui verval GTK, namun untuk kesalahan data NIK dan tempat lahir bisa langsung diperbaiki melalui aplikasi dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas.

Demikian informasi tentang Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online
Bagi GTK yang belum memiliki NUPTK di aplikasi dapodik tentunya tidak bisa mengecek nuptk, kan nuptknya gak ada!!!. Anda bisa melakukan pengajuan NUPTK melalui login verval NUPTK atau verval GTK menggunakan akun PDSPK operator sekolah, pada laman tersebut jika anda sudah layak mendapatkan NUPTK maka status validasi NUPTK adalah calon penerima NUPTK. Namun bagi GTK yang sekolah induknya di sekolah negeri harus memiliki SK Bupati/Walikota/Gubernur atau SK Kepala Dinas setempat untuk proses pengajuan NUPTK. Sedangkan bagi GTK yang mengajar di sekolah swasta memerlukan SK Ketua Yayasan dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah melengkapi data-data tersebut (upload) selanjutnya silakan cek NUPTK dapodik secara rutin di status pengajuan NUPTK online melalui laman verval GTK untuk melihat proses pengajuan NUPTK dapodik tersebut disetujui atau tidak. Demikian info tentang cara mengecek NUPTK GTK yang sudah terdaftar di aplikasi Dapodikdasmen. Semoga bermanfaat.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Tutorial Mengecek NUPTK Guru Secara Online. Link artikel https://www.sanjayaops.com/2018/06/cek-nuptk-dapodik.html.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel