Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Instrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online

all
Instrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online - Selamat berjumpa sahabat PMP Dikdasmen dimanapun berada. Artikel ini berjudulInstrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online yang bisa sahabat pmp dikdasmen download pada link di akhir artikel ini. oh ya, untuk review artikel ini dan informasi tentang PMP Dikdasmen terbaru lainnya menggunakan kata kunci PMP Dikdasmen, Progres Pengiriman PMP, Instrumen PMP Dikdasmen. Selamat membaca.

Judul : Instrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online
Link : Instrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online

Rekomendasi Bacaan
Tujuan Pengumpulan Data Mutu Satuan Pendidikan (PMP Dikdasmen) berbasisi evaluasi diri (EDS):
  • Mendapatkan data pemetaan SNP satuan pendidikan secara mandiri yang dikelolah oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Gambaran petam mutu satuan pendidikan langsung dapat dilihat pada tool instrumen EDS menggunakan aplikasi berbasis excel.
  • Data pemenuhan SNP satuan pendidikan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan peta mutu pendidikan.
  • Peta mutu pendidikan adalah gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.
Pengumpulan data mutu berbasis aplikasi PMP Dikdasmen Online
  1. Mendapatkan data pemenuhan SNP satuan pendidikan secara nasional yang dikelola oleh satuan tugas PMP Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.
  2. Data tersebut dianalisis untuk mendapatkan peta mutu pendidikan secara nasional.

Penyusunan Instrumen Pengumpulan Data PMP Dikdasmen
Instrumen pengumpulan data mutu disusun oleh LPMP Provinsi yang mengacu pada Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Kompetensi Lulusan, Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi, Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Permendiknas Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah, Permendiknas Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Permendiknas Nomor 27 Tahun 2004 Tentang Stabdar Sarana dan Prasarana, Permendiknas Nomor 40 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 69 tahun 2009 tentang standar pembiayaan pendidikan. Instrumen pengumpulan data mutu yang dikembangkan untuk mengukur pencpaian:
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses
  4. Standar Penilaian
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana
  7. Standar Pengelolaan
  8. Standar Pembiayaan

Tools Pengumpulan Data Mutu (PMP Dikdasmen)
Instrumen pengumpulan data mutu satuan pendidikan ini dikembangkan dalam dua jenis, yaitu berbasis evaluasi diri sekolah (EDS) dan berbasis aplikasi PMP Dikdasmen online (versi terbaru adalah PMP 2018.05). Versi berbasis EDS menggunakan aplikasi excel yang dikembangkan oleh TIM LPMP Provinsi. Sedangkan Instrumen pengumpulan data versi online berbasis aplikasi PMP Dikdasmen (Versi terbaru PMP 2018.05) yang dikembangkan satuan tugas PMP Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemendikbud.

Data PMP Dikdasmen yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen EDS berbais aplikasi excel diolah dan dianalisis oleh TIM PMP LPMP Provinsi yang hasilnya diharapkan dapat digunakan oleh berbagai pihak pada tahun 2018. Data yang dikumpulkan menggunakan Aplikasi PMP Dikdasmen Online diolah dan dianalisis oleh tim satuan tugas PMP Ditjen Dikdasmen. Berikut ini adalah Instrumen Pengumpulan Data Mutu berbasis EDS versi Aplikasi Excel yang dapat di download melalui Google Drive :

  • Instrumen EDS SD 2018 (Download)
  • Instrumen EDS SMP 2018 (Download)
  • Instrumen EDS SMA 2018 (Download)
  • Instrumen EDS SMK 2018 (Download)
  • Instrumen Aplikasi PMP Online (Download)

Demikian tentang instrumen Pengumpulan Data Mutu 2018 Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Dikdasmen Online 2018. Semoga Bermanfaat.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Instrumen Pengumpulan Data Mutu Berbasis EDS dan Aplikasi PMP Online dengan link https://www.sanjayaops.com/2018/06/instrumen-eds-pmp.html