Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

penilaian-kurikulum-2013

Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Sanjayaops.com - Proses Penilaian Kurikulum 2013 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Mengelola pembelajaran, dan penilaian kurikulum 2013 yang bermutu adalah tugas satuan pendidikan dan guru sebagai tenaga pendidik.

Proses penilaian kurikulum 2013 dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif.

Dalam Juknis Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dijelaskan bahwa Penilaian formatif berfungsi memberi umpan balik terhadap kemajuan belajar siswa, memperbaiki proses pembelajaran, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Penilaian sumatif berfungsi menilai pencapaian peserta didik dalam suatu periode tertentu.

Judul : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Link : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Rekomendasi Bacaan



Cara melakukan penilaian hasil belajar siswa sudah di atur dalam Panduan Penilaian kurikulum 2013 Revisi 2017, yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Cara Penilaian Kurikulum 2013 SD
Ada 4 aspek penilaian kurikulum 2013, yaitu penilaian sikap spiritual, sikap sosial, Pengetahuan dan Keterampilan.

Penilaian sikap adalah penilaian terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Cara Penilaian Sikap Spiritual adalah dengan mengamati kompetensi sikap spiritual (KI-1), yaitu menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya, yang kemudian dituangkan dalam Rubrik Penilaian Sikap Spiritual.

Sedangkan cara menilai Sikap Sosial adalah dengan mengamati Kompetensi Sikap Sosial (KI-2), seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.

Panduan Penilaian kurikulum 2013 pdf revisi terbaru, dapat anda download pada link di akhir artikel ini, yang tentunya sangat bermanfaat dalam proses penilaian kurikulum 2013.

Format Penilaian Kurikulum 2013
Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, Format Penilaian Kurikulum 2013 dibuat dengan menggunakan rubrik, cara membuat rubrik penilaian K13 bisa dilihat pada buku panduan penilaian kurikulum 2013 SD. atau bisa juga mengembangkan rubrik-rubrik penilaian yang sudah tersedia pada buku guru kurikulum 2013.

Pelaksanaan Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Pelaksanaan Penilaian Sikap dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang dilakukan, baik pada saat pembelajaran, maupun diluar pembelajaran.

Prosedur Penilaian Sikap Kurikulum 2013
  • mengamati prilaku siswa, prilaku yang diamati selama proses pembelajaran berlangsung, maupun diluar jam pembelajaran.
  • mencatat sikap prilaku siswa dengan keterangan sangat baik, baik, cukup, dan sudah mampu.
Cara Mengelolah Penilaian Sikap
Hasil Penilaian sikap direkap oleh guru, minimal dua kali dalam satu semester. Hasil penilaian sikap dibuat dalam bentuk deskripsi penilaian sikap dan dilaporkan ke kepala sekolah dan orang tua siswa dalam bentuk buku rapor.

Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013
Penilaian Pengetahuan (KI-3) diukur melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian dalam bentuk tes tertulis dilakukan melalui penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir.

Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 dihitung per KD Muatan Pelajaran, Nilai rata-rata KD Muatan Pelajaran kemudian dijadikan nilai akhir.

Nilai KD ditentukan dengan Rumus
(Skor Perolehan : Skor Maksimum) x 100

Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan
Hasil Penilaian Pengetahuan K13, diolah secara kuantitatif, dengan menggunakan angka bilangan bulat tanpa desimal (0-100), predikat dan deskripsi.

Deskripsi dalam penilaian kurikulum 2013 berupa kalimat positif tentang pencapaian kemampuan siswa dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD.

Menentukan Nilai Akhir
Cara menentukan Nilai Akhir (NA) setiap KD dapat dilakukan sesuai kegiatan penilaian yang dilakukan dan pembobotan. Perhitungan NA KD berdasarkan hasil perhitungan pada NPH, NPTS dan NPAS dengan rumus:
NA KD = ((2xNPH) + NPTS + NPAS) / 4
Catatan penting yang perlu diketahui adalah jika suatu KD muatan pelajaran tidak muncul di Penilaian Tengah Semester (PTS), maka perhitungan penilaian kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
NA KD = ((2xNPH + NPAS)/3
Terdapat perbedaan pada jumlah pembaginya, jika semua KD diujikan pada kegiatan PTS, maka pembaginya adalah empat, namun jika ada KD yang tidak diujikan pada kegiatan PTS maka pembaginya adalah tiga.

Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Pdf
Jika anda menggunakan aplikasi dalam format excel dalam mengolah nilai rapor Kurikulum 2013, sebaiknya anda juga memahami Sistem penilaian kurikulum 2013 yang terdapat pada juknis. Hal ini untuk mengetahui seberapa efektifkah aplikasi yang anda gunakan, tata cara perhitungan nilainya apakah sudah sesuai dengan juknis kurikulum 2013 revisi terbaru, Jika anda membutuhkan juknis sistem penilaian Kurikulum 2013 PDF, silakan download pada link berikut ini:

Download Juknis Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru (unduh)

Demikian Informasi Tentang Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada pertanyaan tentang cara penilaian k13, silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia di akhir artikel ini. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com.2018/11/penilaian-kurikulum-2013-revisi-terbaru.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Merupakan suatau keindahan bisa berbagi ilmu dengan sesama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel