Benda Langit di Sekitar Kita

kunci jawaban halaman 4 buku tema 9 kelas 6 sd
Kunci Jawaban Halaman 4 Buku Tema 9 Kelas 6
Sanjayaops.Com - Kunci Jawaban Halaman 4 Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentang Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Urutan dari Matahari.

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

Baca juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Revisi 2018

Kunci Jawaban Halaman 4 Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Perhatikanlah dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan!

Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Urutan dari Matahari.
kunci jawaban halaman 4 buku tema 9 kelas 6
Kunci Jawaban Halaman 4 Buku Tema 9 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 5 Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:
kunci jawaban halaman 5 tema 9 kelas 6
Kunci Jawaban Halaman 5 Tema 9 Kelas 6
Judul Kegiatan :
Benda Langit di Sekitarnya

Tujuan Pengamatan :
Mengetahui atau mengenal sistem tata surya dan cara kerja anggota sistem tata surya, serta ciri khusus masing-masing planet.

Metode :
Bermain Peran

Hasil Pengamatan :
Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusat. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Planet yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, terlihat dari Bumi sesaat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. 

Merkurius melesat cepat mengelilingi Matahari, namun lambat dalam berotasi. Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius karena adanya lapisan atmosfer yang tebal. Venus menjadi planet paling terang diantara planet lain. 

Venus berotasi searah jarum jam. Bumi disebut juga planet Biru karena sebagian besar Bumi berupa lautan. Planet Mars dijuluki planet merah. Disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. 

Planet Jupiter merupakan planet  yang sebagian besar terdiri atas gas. Memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa. Planet Saturnus memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Salah satu satelit yang paling terkenal mengelilingi Saturnus adalah Titan. 

Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat celcius. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap. Terdiri atas gumpalan gas. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.

Kesimpulan :
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.


Kunci Jawaban Halaman 6-7 Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.
Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Ukurannya
Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Ukurannya
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?
Jawaban :
Merkurius

b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
Jawaban :
Neptunus

c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?
Jawaban :
Merkurius

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?
Jawaban :
Yupiter

e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat?  Mengapa?
Jawaban :
Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.

f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?
Jawaban :
Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet lain.

Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya Berdasaran kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini. 
  1. Apa nama julukan untuk planet Mars? (Planet Merah)
  2. Mengapa Bumi disebut sebagai Planet Biru? (Karena sebagian besar wilayah Bumi berupa lautan)
  3. Apa ciri khusus planet Saturnus? (Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya)
  4. Mengapa Mars disebut mirip dengan Bumi? (karena 1 hari di Mars hampir sama dengan 1 hari di Bumi, yaitu 24,6 jam. Juga memiliki kutub es sama seperti Bumi. Mars juga memiliki lapisan Atmosfer seperti Bumi walaupun lebih tipis.)
  5. Mengapa planet uranus berputar miring? (Karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya)


Kunci Jawaban Halaman 8 Tema 9 Kelas 6 SD

Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.
Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Halaman 8
Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Halaman 8
Fakta Menarik :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars.

Kosakata Baru :
  1. Semesta : Seluruh; segenap; semuanya.
  2. Astronomi : Ilmu Tentang Matahari, Bulan, Bintang, dan Planet-Planet Lainnya.
  3. Galaksi : Tata Surya dari Kabut-Kabut.
  4. Bimasakti : Gugusan bintang yang beribu-ribu banyaknya sehingga kelihatan sebagai lajur cahaya di langit.
  5. Tata Surya : Tatanan yang terdiri dari matahari sebagai pusat peredaran planet-planet membentuk suatu fisik karena gravitasi matahari.
  6. Satelit : Pengikut; Alat yang diluncurkan mengedari matahari; Baru dan Kecil.
  7. Asteroid : Benda langit kecil; anggota tata surya.
  8. Komet : Benda angkasa yang beredar mengelilingi matahari.
  9. Elips : Bidang datar berbentuk lonjong.
  10. Orbit : Jalan yang dilalui oleh benda langit dalam peredarannya mengelilingi benda langit lain yang lebih besar gaya gravitasinya.
  11. Poros : Sumbu; ujung puncak.

Demikian Artikel Tentang Benda Langit di Sekitar Kita

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 4 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.

0 Response to "Benda Langit di Sekitar Kita"

Posting Komentar