Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Pengisian Jadwal di Aplikasi Dapodik Versi 2020

cara pengisian jadwal di aplikasi dapodik 2020

Cara Pengisian Jadwal di Aplikasi Dapodik Versi 2020 - Setelah pengisian data sekolah, sarpras, guru dan tenaga kependidikan, peserta didik, rombongan belajar, dan nilai pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020, langkah selanjutnya adalah mengisi jadwal pelajaran.

Pengisian jadwal pelajaran di dapodik versi 2020 tidak jauh berbeda dengan aplikasi dapodik versi 2019 ataupun versi sebelumnya.

Untuk dapat mengisi menu jadwal pelajaran di dapodik versi 2020, tentunya teman-teman harus melakukan install dan registrasi aplikasi dapodik 2019.

Pengisian jadwal di dapodik 2020 dapat dilakukan setelah menu rombongan belajar (rombel) terisi sempurna.

Bagaimana cara mengisi jadwal pelajaran di aplikasi dapodikdasmen versi 2020?, berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga :

Cara Pengisian Jadwal di Dapodik Versi 2020

Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

menu jadwal aplikasi dapodik 2020

Selanjutnya, pilih prasarana yang akan diinput detail jadwalnya. Prasarana yang ditampilkan hanya yang sudah diinputkan pada menu Sarpras.

Setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

menu prasarana dapodik 2020

Untuk pengisian jadwal terdapat tujuh hari (Senin s.d. Minggu) yang nantinya pilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya.

Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.

Pada tampilan menu jadwal di bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisi jadwalnya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisi datanya kemudian pilih jadwal hari lalu klik tambah.

prasarana ruang kelas dapodik 2020

Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan seperti pada gambar di bawah.

kolom isian jadwal dapodik 2020

Keterangan :
Pembelajaran 
Menampilkan mata pelajaran yang akan diinput kedalam jadwal. Mata pelajaran yang ditampilkan diambil dari isian pembelajaran pada tabulasi rombongan belajar.

Alokasi Jam
Penempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajar pada pembelajaran.

Pembelajaran ke - 
Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.

Baca juga :

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

pilihan mata pelajaran dapodik versi 2020

Selanjutnya isi kolom alokasi jam dan pembelajaran ke-. Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar dan untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.

kolom alokasi jam dan pembelajaran dapodik 2020


Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajar yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 4 jam.

isian tabel pembelajaran di rombongan belajar dapodikdasmen 2020

Pengisian alokasi jam djumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.

Baca juga : 

Contoh : jika dalam tabel pembelajaran di kelas 10A mata pelajaran Bahasa Indonesia diisi sebanyak 4 jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini dapat dibagi menjadi 2 hari (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 2 jam alokasi.

pengisian alokasi jam bahasa indonesia dapodik 2020

Maka pemecahannya:
Mata pelajaran Bahasa Indonesia kita tempatkan di hari senin sebanyak 2 jam pada urutan jadwal di isian “Pembelajaran ke-“ 1 seperti pada gambar di bawah.

jadwal pelajaran bahasa indonesia dapodik 2020

Setelah mengisi jadwal seperti gambar di atas, maka ketika sekolah akan memilih isian mata pelajaran Bahasa Indonesia kembali, terlihat tampilan seperti berikut.

alokasi jam pelajaran dapodik 2020

Dari alokasi jumlah jam per minggu sebanyak 4 jam dan 2 jam sudah dipetakan ke dalam jadwal, maka sisa jam untuk mata pelajaran tersebut adalah 2 jam.

jadwal pada prasarana dapodik versi 2020

Dengan sisa jam yang ada, mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditempatkan di hari selasa sebanyak 2 jam pada urutan jadwal “Pembelajaran ke-3” seperti gambar di bawah ini.

tampilan jadwal pelajaran dapodik 2019 c

Contoh Pengisian Jadwal untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama 

Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat lebih dari satu mata pelajaran Pendidikan Agama, isi jumlah jam mengajar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama mayoritas di dalam rombel tersebut sebanyak ketentuan alokasi jam sesuai kurikulum dan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama minoritas di rombel tersebut diisi 0 jam.

Sebagai contoh, misal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai agama mayoritas di rombel tersebut, maka pada tabel pembelajaran di rombel diisi:
  • Jumlah jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 3 jam
  • Jumlah jam Pendidikan Agama lainnya sebanyak 0 jam

memetakan mata pelajaran pendidikan agama dapodik 2020

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal.

Sehingga isian jadwal yang diinputkan hanya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama mayoritas di rombel tersebut saja.

pengisian jadwal mata pelajaran agama dapodik 2020

Demikian Artikel yang Berjudul Cara Pengisian Jadwal di Aplikasi Dapodik Versi 2020

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga informasi tentang pengisian jadwal di aplikasi dapodik versi 2020 dapat memberikan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.