Cara Mudah dan Sukses Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 di Windows 7

cara mengatasi gagal instal dapodikdasmen 2019 windows 7 tahun 2019 2020

Cara Sukses Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 di Windows 7 - Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, banyak operator sekolah yang mengeluhkan tidak dapat menginstal dapodik karena spesifikasi laptop yang digunakan adalah windows 7.

Permasalahan yang sering terjadi saat melakukan instalasi aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 pada windows 7 adalah php.exe - system error dengan notifikasi the program can't start because VCRUNTIME140.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

Jika kita translate ke bahasa Indonesia "program tidak dapat memulai karena VCRUNTIME140.dll hilang dari komputer Anda. Coba instal ulang program untuk memperbaiki masalah ini."

Baca Juga : Link Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2020

Selain itu ada juga yang gagal installasi aplikasi dapodikdasmen versi 2020 dengan keterangan the program can't start because api-ms-win-crt-runtime.1-1-10.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

Sebagai operator sekolah tentunya ada rasa panik ketika gagal melakukan instalasi aplikasi dapodik versi 2020 di laptop dengan sistem operasi windows 7.

Namun, jika kita perhatikan pesan error yang muncul ketika proses instalasi aplikasi dapodik versi 2020, permasalahan gagal instal aplikasi dapodikdasmen tersebut bukan dikarenakan oleh laptop yang menggunakan windows 7.

Akan tetapi ada file yang corupt atau hilang karena dianggap virus oleh antivirus yang ada di laptop Anda. Atau bisa juga dikarenakan file installer aplikasi dapodik versi 2020 tidak terunduh sempurna.

Cara Mengatasi Gagal Instal Aplikasi Dapodik Versi 2020 di Windows 7

Solusi atau jalan keluar untuk mengatasi masalah gagal instalasi tersebut dapat diatasi dengan menonaktifkan/disable semua antivirus yang ada di laptop, disconect jaringan internet, kemudian perhatikan pula kapasitas master (file Installer) hasil download.

Untuk Fille Installer yang saya gunakan memiliki size 81,8 mb dan berhasil di instal pada laptop Windows 7 Processor Intel (R) Celeron (R) 2955U @ 1.40 GHz, Memory (RAM) 2 GB, System Type 64 Bit Operating System.

Alhamdulillah sukses di instal tanpa menemukan masalah apapaun. Namun jika Anda pengguna Windows 7, tapi masih menemukan masalah saat intallasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, mungkin tips-tips berikut ini bisa memberikan solusinya.
  1. Uninstall Aplikasi Dapodik Versi 2020
  2. Restar PC/Laptop Anda
  3. Unduh dan Instal Microsoft Visual C++ disini
  4. Nonaktifkan Internet
  5. Nonaktifkan / Disable Semua anti virus
  6. Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Baca juga  : Panduan Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Jika masih gagal instal aplikasi dapodikdasmen versi 2020 pada windows 7, kemungkinan operating system yang digunakan adalah 32 bit, untuk mengatasinya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Uninstall Aplikasi Dapodik Versi 2020
  2. Restar PC/Laptop Anda
  3. Download dan Instal Service Pack 1 Windows 7 disini
  4. Unduh dan Instal Microsoft Visual C++ disini
  5. Download dan Install Update Windows 7 SP 1 disini
  6. Install Aplikasi Dapodik Versi 2020

Cara paling ampuh untuk mengatasi gagal install Aplikasi dapodikdasmen versi 2020 adalah dengan mengupgrade system operasi windows 7 menjadi windows 10 atau membeli laptop baru.

Jika kita melihat pada Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, spesifikasi minimum laptop yang dapat digunakan untuk aplikasi dapodikdasmen versi 2020 adalah sebagai berikut :
1) Processor intel core i3 atau yang setara
2) Memori standar 4 GB
3) Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
4) Sistem Operasi windows 10
5) Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox

Bagi sekolah yang belum memiliki laptop sebaiknya mempertimbangkan pembelian laptop dengan spesifikasi di atas, dan dapat menggunakan Dana BOS.

Demikian Artikel yang berjudul Cara Sukses Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 di Windows 7

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga informasi tentang tips dan trik mengatasi gagal install Aplikasi dapodik versi 2020 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dimanapun berada.

Semangat bekerja, Salam Satu Data Dapodikdasmen.

6 Responses to "Cara Mudah dan Sukses Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 di Windows 7"

  1. Terimaksih banyak solusinya..

    BalasHapus
  2. Kalau masalahnya disini "Terdeteksi versi database 2.98d. Sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan. Silakan hubungi Tim Teknis." setelah berhasil login. kira2 apa penyebabnya?
    Salam OPS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. History'nya dihapus dulu, bisa pakai Ccleaner atau tekan F5

      Hapus
  3. Kalau pas ahir sesi pengistalan muncul kode eror (0xc000007b) bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  4. bisa minta link master dapodik yg 81,8 mb? soalnya semua link hanya memiliki rata2 74,5 mb.. thanks

    BalasHapus