Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 79, 80, 82, 83.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 4

Ayo Membaca

Dalam Pembelajaran 3 disebutkan jenis usaha ekonomi yang dilakukan secara perorangan. Bagaimana dengan jenis usaha ekonomi yang dilakukan secara kelompok?

Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Pada Pembelajaran 3 telah dibahas usaha ekonomi perorangan. Ada pula usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok. Usaha ekonomi kelompok ini dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan. Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut.

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero). BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 80

Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah. BUMD merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki pemerintah daerah. Apa sajakah tujuan pendirian BUMD? Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

a. Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.

b. Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut.

a. Firma

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain.

Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma. Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko kerugian firma.

Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

b. Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.

Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV.

Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini dimungkinkan jika firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

c. Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal.

Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen.

Bagi perseroan yang ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

3. Koperasi

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang bertujuan menyejahterakan anggotanya. Usaha yang dimaksud adalah koperasi.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 82

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 83

Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.

Koperasi pertama kali dikembangkan oleh Drs. Mohammad Hatta. Atas perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.

kunci jawaban halaman 80 tema 8 kelas 5

Ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia? Bentuk-bentuk koperasi di Indonesia sebagai berikut.
  • Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras, gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik. Tujuan koperasi ini adalah memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.
  • Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menyediakan layanan simpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota. Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota. 
  • Koperasi produksi, yaitu koperasi yang menyediakan bahan baku produksi dan menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, dan sapi perah.
  • Koperasi jasa, yaitu koperasi yang menyediakan layanan atau jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.
  • Koperasi serbausaha, yaitu koperasi mengelola berbagai jenis usaha, misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, koperasi unit desa (KUD).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 79

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok”. Temukan pengertian dan ciri-ciri khusus dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.

kunci jawaban halaman 79 tema 8 kelas 5

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu.

Ciri-Ciri :
  • Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma.
  • Anggota firma bertanggung jawab penuh atas risiko kerugian firma.
  • Biasanya bergerak di bidang hukum atau keuangan.

Persekutuan Komanditer (CV) adalah usaha ekonomi yang didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal.

Ciri-Ciri : Ada dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif (sebagai investor dan pengelola usaha) dan sekutu pasif (sebagai investor tetapi tidak ikut mengelola usaha).

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham.

Ciri-Ciri :
  • Bukti kepemilikan berupa saham (penyetoran modal).
  • Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen sesuai besar saham.
  • Untuk mengembangkan dan memperluas usaha, saham perseroan dapat diperdagangkan di pasar modal.

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Ciri-Ciri :
  • Usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
  • Bertujuan menyejahterakan anggotanya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara.

Ciri-Ciri :
  • BUMN dapat berupa perusahaan umum (Perum) atau perseroan terbatas (Persero).
  • BUMN bergerak di bidang usaha strategis atau vital, misalnya listrik dan kereta api.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 80

Ayo Berdiskusi

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis.

2. Carilah gambar jenis usaha yang dikelola secara berkelompok dari buku, surat kabar, atau majalah lama.

3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis.

4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:
  • nama perusahaan,
  • jenis usaha,
  • tempat kedudukan usaha, dan
  • sumber gambar.

kunci jawaban tematik halaman 80 tema 8 kelas 5

Nama Perusahaan : PT. Pertamina

Jenis Usaha : BUMN

Tempat Kedudukan Usaha : Kantor Pusat Pertamina Gedung Perwira 6 Lantai 2. Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat 10110. Telepon : (021) - 1 500 000. Fax : -.

Sumber Gambar : https://cdns.klimg.com

Ayo Membaca

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Masyarakat Gunung Kidul di Provinsi DI Yogyakarta mengenal tradisi rasulan. Kegiatan rasulan atau bersih dusun ini dilakukan oleh para petani setelah masa panen.

Waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan warga setiap dusun, tetapi biasanya sekitar bulan Juni atau Juli.

kunci jawaban halaman 82 tema 8 kelas 5

Rasulan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Rangkaian kegiatan diawali dengan kerja bakti atau membersihkan lingkungan sekitar dusun.

Warga bergotong royong memperbaiki jalan, membuat atau mengecat pagar pekarangan, serta membersihkan makam.

Selanjutnya, tradisi rasulan juga disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan olahraga dan pertunjukan seni budaya.

Berbagai tradisi dan atraksi seni budaya pada perayaan rasulan di Gunung Kidul ini berhasil menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Atraksi seni budaya yang disuguhkan seperti doger, jathilan, wayang kulit, dan reog Ponorogo.

kunci jawaban halaman 83 tema 8 kelas 5

Puncak keramaian acara rasulan terjadi saat diselenggarakannya kegiatan kirab. Kirab adalah semacam karnaval atau arak-arakan mengelilingi desa.

Dalam acara kirab itu dibawa pula tumpeng dan sajian berupa hasil panen seperti pisang, jagung, padi, sayur-mayur, dan hasil panen lainnya.

Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun. Mereka berdoa memohon ketenteraman dan keselamatan seluruh warga.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perebutan tumpeng yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 subtema 2

Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan. Tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga.

Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 82

Ayo Bercerita

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri.

Masyarakat Gunung Kidul mengenal tradisi rasulan. Rasulan biasanya berlangsung beberapa hari. Ada berbagai kegiatan dalam tradisi rasulan, diantaranya adalah atraksi seni wayang kulit, reog ponorogo dan lain-lain. Puncak keramaian terjadi saat kegiatan kirab. Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun. Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan, karena melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, serta menjadi wadah melestarikan kesenian.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 83

Ayo Renungkan

Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?

Pengetahuan yang aku pelajari hari ini :
  • Jenis-jenis usaha masyarakat.
  • Keragaman Sosial Masyarakat

Keterampilan apa yang aku latih hari ini?

Keterampilan yang aku latih hari ini :
  • Membuat kliping
  • Membuat laporan

Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?

Sikap yang aku kembangkan hari ini :
  • Teliti dalam membaca teks
  • Menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain
  • Toleransi atas keragaman sosial.

Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?

Menceritakan pengetahuan yang sudah ku peroleh di sekolah tentang jenis-jenis usaha masyarakat dan keragaman sosial kepada taman-teman di lingkunganku. Selain itu, aku akan belajar menghargai dan menghormati perbedaan dengan orang lain yang ada di lingkungan sekitar.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/04/kunci-jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-79.html.