Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 tepatnya terdapat pada halaman 125, 126, 128.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 5 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 5 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125

Ayo Mencoba

Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).

Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.

Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.

Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.

Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Laporan dan kesimpulan kegiatan ini relatif berbeda untuk setiap siswa, menyesuaikan dengan hasil praktik yang dilakukan oleh masing-masing siswa / kelompok.

kunci jawaban halaman 125 tema 8 kelas 5

Percobaan di atas telah menunjukkan pemborosan air yang sering terjadi di lingkungan rumah tangga. Dari jumlah air yang terbuang, kamu dapat memperkirakan pemborosan yang terjadi, bukan? Sekarang, apa tindakanmu untuk menghemat pemakaian air?

Ayo Membaca

Penghematan Air

Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?

Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana.

Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM.

Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM.

Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 126

Ayo Berdiskusi

1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.

Tindakan-tindakan penghematan air :
  • Tidak bermain air di rumah.
  • Mandi menggunakan shower.
  • Menyiram tanaman menggunakan air bekas mencuci piring dan sayuran.
  • Mematikan keran air setelah menggunakannya.
  • Membersihkan kloset dengan air bekas mencuci buah.
  • Menggunakan sedikit deterjen pada saat mencuci pakaian.

2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air.

kunci jawaban halaman 126 tema 8 kelas 5

3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita.

Ayo Membaca

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

kunci jawaban halaman 128 tema 8 kelas 5

2. Menentukan Tema

Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan  tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.

3. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya  dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 128

4. Penyelesaian Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.

Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 126

Kunci Tema 8 Kelas 5 Halaman 128

Ayo Berkreasi

Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada Pembelajaran 2.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 125

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/04/kunci-jawaban-tematik-kelas-5-tema-8-halaman-126.html.