Lengkap - Aplikasi Raport SD K13 Semester 2 Kelas 1-6 Revisi 2018

Aplikasi Raport K13 SD - Setelah disibukan dengan pembuatan soal dan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT), rutinitas Guru SD selanjutnya adalah mengolah nilai rapor. Proses mengisi nilai rapor pada kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum 2006. Pada K-2006, raport siswa masih bisa dikerjakan secara manual atau tulis tangan, namun pada K13, sekolah harus mencetak rapor sendiri. Untuk mempermudah dalam mengolah nilai rapor sebaiknya menggunakan aplikasi dalam bentuk file excel.

Aplikasi raport kurikulum 2013 kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 terus berubah pada setiap tahunnya menyesuaikan dengan peraturan yang dikelurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Berpedoman pada Juknis Penilaian K13 Revisi Terbaru.

Aplikasi rapor yang sanjayaops.com bagikan ini dibuat oleh Bapak Umar Tolib SDN Tegalbangsri 01 Lumajang Jawa Timur yang juga seorang blogger (kangmartho.com). Selain telah menyesuaikan dengan Petunjuk Teknis Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru, yang menarik dari aplikasi ini adalah pada tampilan menu yang dibuat menyerupai aplikasi dapodik /  dapodikdasmen.

Deskripsi Kompetensi Dasar (KD) pada aplikasi raport k13 sd semester 2 ini sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI.


Tentang Aplikasi Raport SD K13 Semester 2 Kelas 1-6 Revisi 2018

Kelengkapan Aplikasi Raport K13 Semester 2 Revisi 2018 adalah Tersedianya Form Identitas Sekolah, Identitas, Identitas Guru Kelas, Identitas Kepala Sekolah, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) otomatis, Daftar KD, Format Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, Penilaian Keterampilan, Rekap Nilai Otomatis, Absensi / Daftar Hadir Siswa, Ekstrakurikuer dan Prestasi, Leger, Buku Induk, Cetak Rapor PTS dan Raport PAT-PAS.

Penggunaan apliksi raport k13 semester 2 kang martho ini juga sangat mudah, Bapak/Ibu tinggal memasukan rekap nilai harian (PH), nilai penilaian tengah semester (NPTS), dan nilai penilaian akhir tahun (NPAS) aspek pengetahuan dan keterampilan pada muatan pelajaran tematik, matematika, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK), dan pendidikan agama dan budipekerti (PADB) serta nilai aspek sikap sosial dan sikap spiritual.


Setelah nilai-nilai tersebut diinputkan ke dalam aplikasi raport SD kurikulum 2013 ini secara otomatis format raport sudah terisi nilai secara otomatis, Bapak/Ibu Guru tinggal mencetak raport semester 2 bagian depan dan bagian belakang yang memuat identitas siswa dan identitas sekolah.

Aplikasi raport SD revisi 2018 ini menggunakan dua proteksi, yaitu VBA Project Excel (.xlsm) yang dilindungi dengan password dan proteksi kedua adalah sheetnya juga dikunci dengan password. Apa password aplikasi raport k13 SD Semester 2 kang martho?

Password untuk membuka sheet excel yang terkunci pada aplikasi ini adalah "Allah". Jadi, jika teman-teman menemukan rumus-rumus yang error dalam aplikasi raport ini silakan perbaiki dengan cara unprotect sheet nya terlebih dulu dengan pssword di atas ya.

Untuk password atau cara membuka proteksi VBA Project Excel nya, mohon maaf tidak bisa saya berikan karena kita menjaga privasi dan menghargai pembuat aplikasi ini. Namun meskipun dikunci pada VBA Project Excel. (xlsm), aplikasi ini tetap bisa digunakan dengan baik.


Kelebihan Aplikasi Raport SD K13 Semester 2

  • Kompetensi Dasar (KD) sudah banyak mengalami revisi disesuaikan dengan Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018
  • Untuk nilai sikap spiritual (KI1) dan sikap sosial (KI2) tidak lagi mengisinya lewat kolom yang ada, akan tetapi harus mengisi lewat jurnal harian sikap siswa, yang nantinya jumlah sikap yang ada akan menyesuaikan dengan rekapan baik yang SANGAT BAIK maupun yang PERLU BIMBINGAN, untuk deskripsi tetap seperti biasa yaitu menggunakan sudah mampu meningkatkan bagi yang terkenan bimbingan.
  • Pengisian nilai siswa untuk nilai pengetahuan (KI3) diisi mulai dari nilai harian tiap KD, Nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) dan Nilai PAS (Penilaian Akhir Semester), yang mana nanti akan dijumlah secara langsung dengan rincian perhitungan 2 PH + PTS + PAS ddibagi 4 Menjadi Nilai Akhir (NA).
  • Setiap kegiatan tengan semester Guru bisa mencetak Raport PTS dengan 2 Versi yang berbeda sehingga dapat membatu Rekan Guru dalam pengerjakan adminstrasi penilaian.
  • Terdapat absensi harian yang nantinya secara otomatis direkap selama 1 semester.
  • Terdapat juga menu kualifikasi nilai PAS yang biasanya diminta untuk laporan pertanggung jawaban setiap akhir kegiatan semester.


Download Aplikasi Rapor SD Kelas 1, 2 , 3 , 4, 5, 6 Semester 2

Selengkapnya tentang aplikasi raport SD Semester 2 silakan download secara gratis dalam bentuk file VBA Project Excel (.xlsm) pada link tautan berikut ini :

Gunakan apliksi raport kurikulum 2013 ini dengan bijak dan hargai pembuatnya ya. Jika terdapat error silakan berkomentar pada kolom komentar agar bisa diperbaiki dan di updadate secepatnya.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Lengkap - Aplikasi Raport SD K13 Semester 2 Kelas 1-6 Revisi 2018

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi tentang aplikasi rapor k13 sd kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 revisi 2018 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Lengkap - Aplikasi Raport SD K13 Semester 2 Kelas 1-6 Revisi 2018 dengan alamat link https://www.sajayaops.com/2019/05/aplikasi-raport-k13-sd-semester-2.html.

6 Responses to "Lengkap - Aplikasi Raport SD K13 Semester 2 Kelas 1-6 Revisi 2018"

  1. Yg semster 1 ada ga bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima ksih sudah berkunjung, Aplikasi Rapor yang semester 1 insyaAlah akan segera kita update link downloadnya.

      Hapus
  2. Kalau ada masalah di cetak rapor gimana H2 nya
    Waktu ditekan reverenseis not valid ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk memperbaiki kesalahannya silakan buka password sheet cetak rapor dengan password yang sudah saya jelaskan di artikel.

      Hapus
  3. ada aplikasi semester yang lengkap pts pas nya pak? seperti aplikasi semester 2, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengolahan nilai PTS sebaiknya dipisahkan dgn PAS, atau menggunakan Aplikasi Tersendiri.

      Hapus