Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55

kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-sd-kurikulum-2013
Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55 - Pelajaran Tematik Kurikulum 2013 (K13) Tema 1 Kelas 5 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Pembelajaran 6 membahas tentang muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).

Dalam pembelajaran 6 subtema 1 kelas 5 tema organ gerak hewan dan manusia terdapat beberapa soal, yaitu pada halaman 51 tentang menentukan ide pokok paragraf, halaman 52 tentang membuat cerita tertulis berdasarkan gambar pada halaman 51, halaman 53 tentang menentukan ide pokok paragraf dari bacaan yang berjudul "gerak kupu-kupu", halaman 54 tentang perbandingan hewan vertebrata dan avertebrata.

Tahukah kamu tentang jawaban dari soal-soal tersebut? Silakan simak penjelasan berikut ini tentang kunci jawaban buku tema 1 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1.


Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 51

Hari menjelang sore. Sudah saatnya Edo kembali ke rumah. Namun, sebelum pulang Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Kandang kelinci dibersihkan untuk menjaga kesehatan kelinci.

Ayo Berkreasi

Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.

Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

kunci-jawaban-soal-tema-1-kelas-5-organ-gerak-hewan-dan-manusia

Jawaban Soal Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 54


Kolom Cerita

Pak Rudi mengajak Edo ke kandang kelinci miliknya. Kandangnya sangat luas. Kelincinya banyak sekali.

Pak Rudi dan Edo memberi makan kelinci. Mereka memberikan wortel. Kelinci sangat suka makan wortel. Semua kelinci berkumpul mendekat pada Edo.

Edo senang sekali. Edo tertawa kegirangan melihat tingkah lucu kelinci-kelinci di kandang kelinci milik Pak Rudi.

Semakin lama diamati, tingkah lucu kelinci semakin menggemaskan. Edo pun ikut berlarian mengejar kelinci. Sesekali, Edo menirukan gerakan lucu kelinci, melompat, berlari, dan berdiri dengan dua kaki.

Ayo Membaca

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.


Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Jawaban Soal Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 SD Revisi 2017 Halaman 53

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-53


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 SD K13 Halaman 54

Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.

Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata. Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Kunci-jawaban-buku-siswa-tema-1-kelas-5-halaman-54

Ayo Berkreasi

Presentasikan hasil perbandinganmu di depan guru dan teman-temanmu. Agar lebih menarik dan mudah dalam memahami, gunakan model sederhana dari binatang yang kamu presentasikan.

Namun sebelumnya, buatlah model sederhananya. Sama seperti kegiatan pembelajaran sebelumnya, kamu dapat membuat model sederhana dengan menggunakan bahan dari karton, kardus, plastisin, maupun kawat. Perhatikan contoh berikut.


Demikian Kunci Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi tentang jawaban tematik tema 1 kelas 5 SD/MI kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/05/jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-51.html.