Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 24, 25, 26, 27, 28, 29

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 24, 25, 26, 27, 28, 29 - Pada kesempatan ini sanjayaops.com akan membagikan Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 3. Jawaban Soal Halaman 24 dan 25 membahas tentang tabel nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila dan menuliskan sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

Selanjutnya pada halaman 26 membahas tentang memberikan tanda centang pada kolom prilaku / sikap yang tidak sesuai dengan sila-sila pancasila.

Jawaban soal tama 1 kelas 5 SD/MI halaman 27 membahas pertanyaan tentang hasil diskusi luas dan letak wilayah Indonesia berdasarkan peta.

Pada halaman 28 membahas tentang tugas ayo mencoba membuat gambar peta wilayah tempat tinggalku. Jawaban soal tema 1 berikutnya yaitu halaman 29 membahas tentang menuliskan ide-ide pokok cerita singkat dari gambar peta wilayah tempat tinggal yang sebelumnya sudah di buat siswa.

Baca Juga :

Berikut Ini Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 24, 25, 26, 27, 28 29


Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 24, 25


Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.

Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai.

kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-24

Ayo Menulis

Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 1 Pancasila (lambang bintang)

Sikap yang sesuai dengan sila 1, tidak memaksakan agama kepada orang lain, rajin beribadah, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah dan merayakan hari besar keagamaan.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 2 Pancasila (lambang rantai)

Sikap yang sesuai dengan sila ke 2, tidak membeda-bedakan teman dallam bergaul, saling membantu dan menolong antarsesama, menjenguk orang sakit.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila (lambang pohon beringin)

Sikap yang sesuai dengan sila ke 3, gotong royong, kerja bakti, mempelajari kesenian dari daerah lain.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 4 Pancasila (lambang kepala banteng)

Sikap yang sesuai dengan sila ke 4, musyawarah mufakat, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 5 Pancasila (lambang padi dan kapas)

Sikap yang sesuai dengan sila ke 5, menghukum kepada para pelanggar hukum meskipun kepada seorang pejabat.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 26


Ayo Mengamati

Amatilah perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di sekolah, rumah, atau masyarakat.

Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.

Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai.

kunci-jawaban-buku-tema-1-kelas-5-halaman-26

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 27


Ayo Berdiskusi

Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia.

Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Luas dan letak wilayah Indonesia berdasarkan peta :
  • Kondisi geografis Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan. Jajaran pulau-pulaunya terbentang dari sabang sampai merauke yang disatukan oleh laut.
  • Keadaan alam bangsa Indonesia sangat beragam dan bervariasi, mulai dari laut, pantai, dataran rendah, lembah, bukit, hutan, pegunungan, sampai gunung. Selain itu juga sanga bervariasi, mulai dari yang curah hujan rendah sampai dengan curah hujannya sangat tinggi.

Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 28


Ayo Mencoba

Setelah mengetahui luas dan letak wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui luas dan letak wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan kedalam sebuah peta sederhana.

Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT, RW, atau tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.

Adapun yang harus kamu tampilkan pada peta adalah sebagai berikut :
  • Pertegas posisi rumahmu
  • Batas-batas RT
  • Rumah
  • Jalan
  • Ladang, kebun, sawah, bukit, atau hutan
  • Sungai atau aliran air.

Jawaban :

Peta wilayah tempat tinggalku : (Alternatif jawaban berbeda-beda, disesuaikan dengan peta wilayah tempat tinggal masing-masing siswa).

Jawaban Soal Tema 1 Kelas 5 Halaman 29


Ayo Menulis

Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?

Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.

Bacakan ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu bercerita tentang wilayah tempat tingganya, dengarkan dengan seksama dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut :

Alternatif jawaban berbeda-beda menyesuiakan dengan hasil menggambar peta wilayah daerah tempat tinggal dan cerita singkat yang dibuat oleh siswa.

Download Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 24, 25, 26, 27, 28, 29

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 SD/MI ini juga bisa kalian download dalam bentuk file pdf pada link tautan berikut ini :


Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan pembelajaran 3 Halaman 24, 25, 26, 27, 28, 29. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.