Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban


download soal pas kelas 6 semester 1 pdf tahun 2020

Soal PAS Kelas 6 - Soal PAS Kurikulum 2013 yang lebih dikenal dengan Soal UAS ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 6 Semester 1. Jadi sangat cocok digunakan sebagai refrensi dalam menyusun naskah Soal PAS Kelas 6 Revisi 2018.

Selain itu, Soal PAS Kelas 6 Semester 1 ini juga dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar latihan mengerjakan soal, sebagai langkah persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester.

Penilaian Akhir Semester Gazal disebut dengan istilah PAS, sedangkan Penilaian Akhir Semester 2 atau Penilaian Akhir Tahun disebut dengan istilah PAT. Soal PAS Kelas 6 Semester 1 digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester.

Soal PAS Semester 1 terdiri dari indikator yang mempresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari pada semester ganjil. PAS Kelas 6 Semester Ganjil dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar aktif.

Instrumen Soal PAS Kelas 6 pada aspek pengetahuan disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan Karakteristik KD Kls 6 Semester 1 yang tentunya sudah dipetakan kedalam bentuk kisi-kisi soal kelas 6 yang mengacu pada kaidah penulisan soal.

Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 pada kelas 6 SD/MI menggunakan Soal UAS dalam bentuk tes tertulis, yaitu pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Soal Kelas 6 K13 pada kegiatan penilaian akhir terdiri dari 5 tema, yaitu :
  • Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
  • Tema 2 Persatun Dalam Perbedaan
  • Tema 3 Tokoh dan Penemuan
  • Tema 4 Globalisasi
  • Tema 5 Wirausaha

Soal PAS Revisi 2018 dibuat berdasarkan materi pelajaran yang sudah dipelajari sesuai dengan Kompetensi Dasar masing-masing muatan Pelajaran. Berikut ini Kompetensi Dasar Kelas 6 Semester 1.

Baca Juga :

Kompetensi Dasar Kelas 6 Semester 1

PPKn

1.1 bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

3.1 menganalisis penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.

4.1 menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

1.3 mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

2.3 bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

3.3 menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

4.3 mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.

1.4 mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.

2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Bahasa Indonesia

3.1 menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

4.1 menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

3.2 menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

4.2 menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

3.4 menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.4 memaparkan informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosa kata baku dan kalimat efektif.

3.6 mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.).

4.6 mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.1 membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

4.1 menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan.

3.3 menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber

3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel.

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

4.6 menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

3.2 menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

4.2 menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

3.3 menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

4.3 menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

3.4 memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

4.4 menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)

3.1 memahami reklame.

4.1 membuat reklame.

3.2 memahami interval nada.

4.2 memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik.

3.3 memahami penampilan tari kreasi daerah.

4.3 menampilkan tari kreasi daerah.

3.4 memahami patung.

4.4 membuat patung.

Download Soal PAS Kelas 6 Semester 1

Contoh Soal K13 Kls 6 SD/MI ini terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP.

Sedangkan Soal PAS Matematika dibuat oleh Guru Kelas dan diujikan secara terpisah, begitu juga dengan Soal PAI (Pendidikan Agama dan Budi Pekerti), Soal PJOK pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang juga dibuat secara terpisah oleh guru mapel masing-masing.

Untuk mempermudah memahami naskah Soal Ujian Kls 6, Silakan Download Soal UAS Revisi 2018 dan Jawaban dalam format pdf pada link tautan berikut ini :

Semoga dengan adanya contoh Soal UAS Kls 6 tersebut dapat memberikan ide bagi Anda dalam menyusun naskah soal ujian akhir semester dan mempermudah dalam melakukan penilaian.

Selain itu, semoga peserta didik Kls 6 SD/MI juga dapat termotivasi dalam mempelajari materi-materi Soal PAS yang ada dalam soal-soal tersebut sebagai persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester Ganjil.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban

Demikianlah pembahasan contoh Soal Ulangan Semester Gazal Revisi 2018 dan Jawaban, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Apabila terdapat kunci jawaban dan materi yang tidak sesuai dengan yang dipelajari di Semester 1, mohon kiranya agar dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar yang tersedia.

Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/06/soal-pas-kelas-6-semester-1.html.