Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187


kunci jawaban tema 1 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 6 halaman 180

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.

Dalam pembelajaran 6 subtema 3 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187.

Baca Juga :

Tema 1 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 1

Setelah melihat proses produksi dan telah memilih beberapa gerabah yang ingin dibeli, ayah mengajak Lani pulang. Ayah Lani dibantu Kak Sholeh membawa dan memasukkan gerabah-gerabah yang sudah dibeli ke dalam mobil. Lani ingin sekali membantunya, tetapi ayahnya melarang.

“Lani, kamu tidak usah membantu membawa gerabah-gerabah ini, ya. Ukuran gerabahnya besar dan juga berat. Kamu nanti tidak kuat,” kata Ayah Lani.

“Benar, Dik. Nanti kamu bisa terkilir karena tidak kuat membawa gerabahnya,” tambah Kak Sholeh.

“Baik, ayah. Terima kasih, Kak Sholeh atas nasihatnya,” kata Lani.

Memang benar, agar terhindar dari cedera pada organ gerak kita, tulang dan otot, maka kita harus berhati-hati dengan setiap gerakan dan kegiatan yang kita lakukan. Kita jangan sampai membebani kerja organ gerak kita dengan gerakan-gerakan dan beban-beban di luar batas kemampuannya. Jika terjadi cedera atau gangguan pada organ gerak kita, maka kita sendiri yang akan rugi. Kita akan merasakan sakit dan tidak bisa melakukan gerakan dan kegiatan sebagaimana mestinya lagi. Oleh karena itu, kita harus menjaga organ gerak kita dengan sungguh-sungguh.

Ayo Berlatih

Sistem organ gerak manusia juga bisa mengalami gangguan atau kelainan. Faktor-faktor penyebab gangguan atau kelainan, antara lain disebabkan oleh kebiasaan yang salah, pola hidup yang salah, atau bisa pula karena pembawaan sejak lahir.

Pernahkah kamu mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan anggota gerak? Jika pernah, bagaimana aktivitas yang kamu lakukan? Terganggu bukan?

Oleh karena itul, jagalah kesehatan organ gerakmu.

Berikut ini cara mencegah terjadinya kelainan pada organ gerak kita.

1. Untuk menghindari kelainan kaki X yang merupakan bawaan sejak lahir, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan minum susu berkalsium.

2. Agar terhindar dari arthritis sebaiknya selalu menjaga metabolisme asam urat dalam tubuh dengan membatasi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam urat.

3. Agar terhindar dari kelainan lordosis, kifosis, dan skoliosis sebaiknya melakukan  olahraga  secara  teratur,  dan menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah, misalnya dengan menerapkan posisi duduk yang benar, menyangga tulang belakang dalam keadaan lurus saat tidur.

4. Agar  terhindar  dari  osteoporosis dianjurkan  untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium dan diimbangi dengan olahraga yang teratur.

5. Agar terhindar dari rakhitis dianjurkan untuk banyak mengonsumsi telur, susu, dan minyak ikan serta berjemur di pagi hari.

Kunci Jawaban Halaman 181

Ayo Mengamati

Apa yang akan terjadi jika orang melakukan gerakan-gerakan atau sikap-sikap seperti pada gambar berikut?

kunci jawaban halaman 181 kelas 5 tema 1 k13

Kunci Jawaban Halaman 182

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok diskusi untuk mempresentasikan berbagai kelainan atau gangguan pada tulang dan otot manusia. Jadikan patung-patung dari tanah liat tentang kelainan tulang dan otot manusia yang telah kamu buat sebagai peraganya.

Lakukan presentasi secara bergantian. Selama presentasi berlangsung, berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan, pendapat, maupun masukan.

Pada akhir kegiatan, susunlah sebuah kesimpulan hasil diskusi. Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban Soal Halaman 182 disesuaikan dengan presentasi hasil diskusi yang disampaikan masing-masing kelompok.

Menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk organ gerak sebenarnya dapat dilakukan sejak kecil. Bahkan, dapat dilakukan ketika masih dalam kandungan, yakni melalui penerapan gaya, pola hidup, serta pola makan yang sehat.

Ada baiknya penerapan pola hidup sehat itu diterapkan sejak kecil, sehingga akan menjadi kebiasaan saat anak sudah beranjak remaja dan dewasa. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, dan makanan, melakukan olahraga teratur, serta penerapan disiplin latihan. Dengan demikian niscaya kesehatan akan selalu terjaga hingga tua.

Ayo Membaca

Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor

Biasanya, seorang anak kecil sangat senang menghabiskan waktunya untuk bermain dengan teman-teman sebayanya, tetapi berbeda dengan Giuliano Stroe sejak umur dua tahun (lahir tahun 2004) sudah diajak ayahnya ke tempat gym. Pada awalnya dia, hanya melihat-lihat sembari melakukan latihan kebugaran tanpa melakukan aktivitas dengan beban. Namun sejak berumur tiga tahun, sudah mulai berlatih dengan beban berat, namun tetap selalu diawasi oleh ayahnya.

Teks Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor Kelas 5 Tema 1 SD

Umumnya tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum memiliki otot yang kekar layaknya seperti pria dewasa, tetapi hal tersebut berbeda dengan Giuliano Stroe, tubuhnya sudah seperti binaragawan. Sekujur tubuhnya sudah dipenuhi dengan otot-otot yang besar. Apalagi jika dia meregangkan setiap bagian tubuhnya, akan nampak benjolan-benjolan otot di sekujur tubuhnya.

Untuk mencapai tubuh yang sedemikian kekarnya, Giuliano Stroe melakukan latihan angkat beban dua jam sehari bersama dengan adiknya. Olahraga ini dikenalkan kepada mereka sejak berumur dua tahun oleh ayahnya, Lulian, yang tentunya juga mendapatkan izin dari ibunya, Ileana.

Keduanya pun telah menguasai teknik flag atau bendera. Teknik ini mengharuskan mereka berpegangan dua tangan pada tiang dan mengangkat kedua kakinya sejajar dengan kedua tangan, layaknya bendera yang sedang berkibar pada tiang. Tentunya dengan kondisi tubuh yang kuat sepertinya, mudah saja baginya untuk melakukan gerakan tersebut.

Ayahnya menginginkan anak-anaknya melakukan latihan angkat berat dan mendorong untuk memiliki tubuh yang kekar bak binaragawan bukannya tanpa sebab. Ayahnya terinspirasi oleh mantan atlet binaraga dunia yang juga bintang film laga, Arnold Schwarzenegger. Saat ini idolanya tersebut menjadi gubernur California, Amerika Serikat.

Tubuh Giuliano Stroe memang luar biasa. Meskipun besar dan kekar, tetapi juga lentur. Dia juga memiliki bentuk otot perut yang sangat bagus.

Ayah Giuliano Stroe memastikan bahwa program latihan yang diberikan kepada anaknya sama sekali tidak membahayakan. Dia selalu mengawasi. Bahkan sampai sekarang pun, meskipun sudah mahir dengan berbagai peralatan gym, tetapi dia tidak pernah membiarkan putranya berlatih sendiri. Jika putranya sudah terlihat bosan atau jenuh berlatih, dia segera menghentikan latihan dan membawanya keluar untuk bermain.

Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa dia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya. Di waktu senggang, dia suka menonton film kartun dan melukis. Meskipun dia sudah terkenal, tetapi dia masih bisa bermain dengan teman-teman sebayanya.

Giuliano Stroe tidak tampak berbeda dengan anak sebayanya, tetapi siapa sangka bocah ini telah memecahkan rekor dunia dua buah rekor sekaligus. Giuliano yang berasal dari Roma, Italia ini juga diklaim sebagai binaragawan termuda dan terkuat di dunia. Hebatnya lagi, dia mampu melakukan push up di atas botol.

Rekor pertama yang dipecahkannya adalah berjalan dengan tangan tercepat sambil mengempit bola pemberat di antara kedua kaki. Adapun rekor keduanya adalah melakukan air push up terbanyak. Air push Up adalah push up yang dilakukan dengan cara kaki yang diangkat ke udara. Dia berhasil melakukannya  jauh lebih banyak dibanding lawannya, bahkan lawan-lawannya tersebut ada yang lebih tua darinya.

Meskipun banyak meraih prestasi, dia juga mendapat banyak kecaman karena dianggap latihan binaragawan untuk anak belum pantas untuk dilakukan. Apalagi di usia yang masih mengalami pertumbuhan. Namun, ayahnya menampik kecaman tersebut dengan mengatakan bahwa latihan yang dilakukan Giuliano aman dan di bawah pengawasan.

Kunci Jawaban Halaman 184 dan 185

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 185 k13

Alternatif Jawaban :

1. Paragraf 1 : Biasanya seorang anak kecil sangat senang menghabiskan waktunya untuk bermain dengan teman-teman sebayanya, namun berbeda dengan Giuliano Stroe sejak umur dua tahun (lahir tahun 2004) sudah diajak ayahnya ke tempat gym. 

2. Paragraf 2 : Umumnya tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum memiliki otot yang kekar layaknya seperti pria dewasa, namun hal tersebut berbeda dengan Giuliano Stroe, tubuhnya sudah seperti binaragawan.

3. Paragraf 3 : Untuk mencapai tubuh yang sedemikian kekarnya, Giuliano Stroe melakukan latihan angkat beban dua jam sehari bersama dengan adiknya.

4. Paragraf 4 : Keduanya pun telah menguasai teknik flag atau bendera.

5. Paragraf 5 : Ayahnya menginginkan anak-anaknya melakukan latihan angkat berat dan mendorong untuk memiliki tubuh yang kekar bak binaragawan bukannya tanpa sebab.

6. Paragraf 6 : Tubuh Giuliano Stroe memang luar biasa.

7. Paragraf 7 : Ayah Giuliano Stroe memastikan bahwa program latihan yang diberikan kepada anaknya sama sekali tidak membahayakan.

8. Paragraf 8 : Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa dia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya.

9. Paragraf 9 : Giuliano Stroe tak tampak berbeda dengan anak sebayanya, namun, siapa sangka bocah ini telah memecahkan rekor dunia dua buah rekor sekaligus.

10. Paragraf 10 : Rekor pertama yang dipecahkannya adalah berjalan dengan tangan tercepat sambil mengempit bola pemberat di antara kedua kaki.

11.  Paragraf 11 : Meskipun dia banyak meraih prestasi, namun juga mendapat banyak kecaman.

Kunci Jawaban Halaman 186

Ayo Berkreasi

Menarik sekali membaca bacaan di atas. Namun, akan lebih menarik lagi jika isi bacaan di atas disajikan ke dalam sebuah komik. Tentu kamu akan lebih mudah memahami pesan dan informasi yang disampaikan.

Coba ingat kembali pengertian dan ciri-ciri komik. Tuliskan pada tabel berikut.

materi pengertian dan ciri-ciri komik kelas 5 sd

Alternatif Jawaban :

Pengertian Komik : Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Ciri-Ciri Komik :

1. Hadir untuk menyampaikan cerita : Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar.

2. Proporsional : Keberadaan gambar dan teks yang berimbang membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.  

3. Menggunakan bahasa percakapan : Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami.

4. Biasanya bersifat kepahlawanan : Umumnya isi cerita komik akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.

5. Penggambaran watak secara sederhana :  Penggambaran watak dalam komik dibuat secara sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita.

6. Menyediakan humor : Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor dalam komik disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan biasanya humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 187

Nah sekarang giliranmu membuat komik. Buatlah komik yang menarik berdasarkan bacaan "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor". Kamu juga boleh mengembangkan ceritanya, tetapi yang menjadi tokoh utamanya tetap Giuliano Stroe.

Alternatif jawaban masing-masing siswa berbeda-beda sesuai dengan hasil karya membuat komik.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-181.html.