Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 57, 60, 61, 62


kunci jawaban kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 57, 60, 61, 62 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.

Dalam pembelajaran 1 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 56, 57, 60, 61, dan 62.

Baca Juga :

Jawaban Halaman 56 dan 57

Ayo Mengamati

Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut.

1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?

Persitiwa pada gambar di atas adalah kegiatan bersepeda dan bermotor.

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?

Menurut pendapat saya kegiatan bersepeda dapat menyehatkan tubuh.

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?

Benar, aktivitas manusia sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak.

kunci jawaban tema 1 kelas 5 subtema manusia dan lingkungan

Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau.

Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan ladangnya.

“Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah. “Selamat pagi, Beni. Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,” jawab pak Anto.

“Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni.

“Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit. Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto.

Ayo Membaca

Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

kunci jawaban tema 1 kelas 5 organ gerak hewan dan manusia subtema 2

Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot  tubuh.  Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Efek positif terhadap jantung ini tentunya juga akan membawa efek-efek positif lainnya seperti melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian kita bisa terhindar dari munculnya gangguan-gangguan yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda. Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat kamu selalu bugar dan berenergi setiap harinya.

Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak-lemak dalam tubuh kita yang menyebabkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Tubuh kita pun akan kembali menjadi ideal.

Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah bisa tinggi karena gula (glukosa) yang kita konsumsi setiap hari dalam tubuh kita berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi. Timbunan kalori tersebut akan memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Adapun penyakit diabetes sendiri bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan penyakit lainnya.

Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda memberikan hiburan tersendiri bagi kita. Pada waktu pagi dan sore hari untuk bersepeda sambil melihat- lihat indahnya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stres.

Jawaban Halaman 60

Ayo Berlatih

Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.

Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.

kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 60

Alternatif Jawaban :


1. Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

2. Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

3. Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

4. Bersepeda dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

5. Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.

6. Bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. 

7. Bersepeda dapat mengurangi stres.

Jawaban Halaman 61 dan 62

Ayo Menulis

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

kunci jawaban kelas 5 tema 1 halaman 61 dan 62

Alternatif Jawaban :

1. Salah satu kegiatan kesukaanku saat hari libur adalah bersepeda. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Aku bersepeda pada sore hari untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhku. Hal ini akan membuat kamu selalu bugar dan berenergi setiap harinya.

3. Pada saat hari libur Beni bersepeda berkeliling desa. Di pedesaan masih banyak pohon dan sedikit polusi sehingga udara masih sangat segar. 

4. Aku selalu bersepeda bersama teman-temanku. Kegiatan ini menyenangkan, menghibur dan membuat kita selalu ceria, terhindar dari depresi dan stres. Karena kegiatannya tidak dilakukan di satu tempat yang tetap dan tertutup.

5. Banyak sekali menfaat bersepeda yang kurasakan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, menghindari resiko diabetes, dan mengurangi stres.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 57, 60, 61, 62

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 57, 60, 61, 62 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-56.html.