Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34, 35, 37


kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34, 35, 37 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 34, 35, 37.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut.

materi pelajaran kelas 6 sd contoh tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif

Nanas berkembang biak dengan cara vegetatif. Pembibitan tunas dapat dilakukan untuk mengembangbiakkannya.

materi pelajaran kelas 6 tema 1 perkembang biakkan vegetatif

Bawang merah memiliki bentuk berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas.

Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah.

materi pelajaran kelas 6 sd tema 1 perkembang biakkan vegetatif

Pohon pisang berkembang biak dengan cara membentuk anak pisangan pohon yang disebut tunas.

Beberapa tumbuhan tersebut berkembang biak dengan cara vegetatif. Tahukah kamu yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara vegetatif?

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Kuci Jawaban Tematik Halaman 34

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak?

materi pelajaran kelas 6 sd cara wortel berkembang biak

Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!

Cara tanaman wortel berkembang biak secara vegetatif yaitu berkembang biak melalui umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 35

Perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 halaman 35

Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini.

Manfaat Perkembangbiakan secara vegetatif yaitu menghasilkan tanaman anakan yang sama persis dengan induknya, lebih cepat dibanding perkembangbiakan generatif, menghasilkan tanaman yang susah tumbuh dari benih, dapat mengendalikan kualitas yang dihasilkan. 

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Sungguh hebat semua tumbuhan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Tiap tumbuhan memiliki cara yang unik untuk menjaga kelestariannya. Melestarikan tumbuhan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati.

Tumbuhan Sumber Kehidupan


Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa. Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

materi pelajaran kelas 6 sd tema 1 tumbuhan sumber kehidupan

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 37

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.

kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 1 halaman 37

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Indonesia adalah negara kepulauan.

Paragraf 2 : Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 3 : Wilayah pantai termasuk dataran rendah.

Paragraf 4 : Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 5 : Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah.

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya. Bagaimana kita mensyukurinya?

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34, 35, 37

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34, 35, 37 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-34.html.