Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73


kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Baca teks berikut dalam hati!

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

rangkuman materi tema 2 kelas 6 pertempuran ambarawa

Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.

Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.

Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 persatuan dalam perbedaan

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa.

Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 66

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!


Alternatif Jawaban :

Apa : Pertempuran Pasukan Sekutu dan NICA dengan Indonesia di Ambarawa.

Mengapa : Ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

Siapa : Pasukan Sekutu, NICA dan TKR Indonesia.

Bagaimana : Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Kapan :  12-15 Desember 1945

Di mana : Ambarawa

Tukarkan peta pikiran yang telah kamu buat dengan salah seorang teman! Mintalah teman tersebut memberikan komentar tentang setiap kalimat yang kamu tuliskan. Apakah kalimat tersebut sudah memenuhi kriteria kalimat efektif? Mintalah teman tersebut menuliskan komentarnya di kolom yang telah disediakan.

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu pertempuran yang sangat bersejarah dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tentunya pertempuran tersebut memiliki makna sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 67-68

Ayo Berdiskusi

Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah kamu buat, kemudian jawab pertanyaan berikut!

1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!

Menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

2. Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

Sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan merupakan sikap tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pertempuran ambarawa.

4. Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?

Taktir gelar supit urang atau taktik supit urang adalah sebuah taktik perang yang berfokus pada gerakan menyerang secara tiba-tiba.

5. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?

Sikap persatuan, bekerja sama, rela bekorban dan pantang menyerah.

6. Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!

Dengan bekerja sama tanpa memandang suku, agama, daerah dan budaya. Contohnya gotong royong dan ronda malam.

Tahukah kamu bahwa beberapa hewan juga menggunakan prinsip kerja sama, persatuan, dan taktik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Hyena adalah contohnya. Salah satu cara yang dilakukan hewan ini agar tetap bertahan hidup adalah dengan bersatu dan bergerombol.

Ayo Membaca

Ayo, kita baca berita dari surat kabar berikut dalam hati!

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 70-71

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?

Cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya adalah dengan cara memanggil rekan mereka.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?

Hyena dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.

Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!

Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’ Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. 

Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.

Perhatikan gambar dan baca teksnya!

Kamuflase

Hewan ini menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang sering hinggap pada daun untuk menyesuaikan warna dan bentuk tubuhnya.

kunci jawaban tema 2 kls 6 sd kurikulum 2013

Mimikri

Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini membuat bunglon mampu membaur dengan lingkungan.

kunci jawaban tematik kelas 6 sd tema 2 kurikulum 2013

Autotomi (Melepas Bagian Tubuh)

Untuk melindungi dirinya, cecak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi seperti semula.

kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 k13

Menggulungkan Diri

Trenggiling melakukan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh hewan lain yang menggulungkan diri adalah lipan.

kunci jawaban tematik kls 6 tema 2 persatuan dalam perbedaan

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 72

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 72

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 73

Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 73

Diskusikan diagram yang telah kamu buat dalam kelompok.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-halaman-66.html.