Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8


kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013

Lihatlah lingkunganmu di malam hari! Cahaya lampu bersinar menerangi jalan, sekolah, dan rumah kita.

Listrik telah mengubah wajah dunia. Tahukah kamu? Siapa tokoh yang berhasil menemukan mesin pembangkit listrik? Dan bagaimana lampu-lampu di rumah dapat menyala?

Ayo Membaca

Tahukah kalian proses perjalanan arus listrik pada lampu-lampu di rumahmu?

Bacalah teks berikut dalam hati! Pahami isinya dengan baik!

Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

kunci jawaban buku siswa tema 3 kelas 6 kurikulum 2013

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara- menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 tokoh dan penemuan

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala sangat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga bisa ditemui pada lampu- lampu di rumah.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 3

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!

Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

Topik masalah yang akan disampaikan penulis adalah alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Paragraf 2 :

a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Arus  listrik  adalah  gelombang  elektromagnetik,  yaitu  gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara.

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3 :

a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

Manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga adalah tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

Perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4 :

Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara.

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Paragraf 5 :

Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Pesan yang disampaikan oleh penulis adalah proses arus listrik hingga sampai ke rumah penduduk dan pentingnya peran listrik bagi kehidupan manusia.

Tukarkan jawabanmu dengan seorang teman dan diskusikan! Adakah perbedaannya? Catat perbedaan tersebut untuk melengkapi jawabanmu!

Simpan jawabanmu untuk pertemuan berikutnya!

Ayo Berdiskusi

Bongkarlah senter yang kamu miliki!

Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 4

Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!

No.Nama KomponenFungsi Komponen
1. BateraiSebagai sumber arus listrik
2. Lampu ReflektorMengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang
3. Switch/sakelar on-offMenghubungkan antara kawat pada terminal baterai dengan kawat dari dasar bohlam.
4. Lempeng logamSebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam

Jika komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan untuk membuatnya kembali menyala, maka akan tampak seperti berikut.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 1 k13

Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.

materi pelajaran kelas 6 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 5

Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

Dalam suatu rangkaian elektronik yang terdapat lampu dan sumber tegangan di dalamnya, rangkaian harus dipasang sebagai rangkaian tertutup supaya lampu menyala. Lampu akan menyala jika ada arus yang cukup yang mengalir ke lampu melalui bahan konduktor. Lempengan logam adalah salah satu konduktor yang baik. Dalam hal ini, bila lempengan logam yang dimaksud adalah lempengan pada saklar atau switch, maka posisi lempengan logam dalam saklar ini harus saling bersentuhan supaya dapat mengalirkan arus listrik ke lampu.

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu dirumah adalah tembaga.

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!

Proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter : 

  • Dari baterai arus mengalir melalui lempengan logam atau kabel menuju saklar atau switch, 
  • Dari saklar atau switch, listrik akan langsung mengalir menuju lampu jika lampu yang digunakan adalah bohlam
  • Atau menuju resistor kemudian menuju ke lampu jika lampu yang digunakan pada senter adalah LED.
  • Dari lampu, listrik akan kembali mengalir ke baterai

Kamu dapat menggunakan informasi pada buku atau sumber lain untuk membantumu menemukan jawaban!

Diskusikan jawabanmu dengan beberapa teman untuk mendapatkan jawaban yang terbaik dan tepat!

Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan sebaris. Pada rangkaian seri lampu, lampu-lampu juga diletakkan sejajar dalam satu baris. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu. Rangkaian seri lampu biasa terdapat pada hiasan lampu pohon natal.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 6

Nah, sekarang kamu akan mencoba membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter. Tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana! Tuliskan pada tabel berikut!

Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Sederhana
Nama bahan dan
alat
FungsiJumlah yang
diperlukan
Bahan yang
diperlukan
Baterai 1,5 voltSebagai sumber arus listrik2 buah
KabelMengalirkan arus listrik40 cm
Switch/sakelar on-offUntuk menyambung dan memutus arus listrik1 buah
Botol bekas minumanUntuk wadah rangkaian batu baterai1 buah
Lampu dan fittingnyaSebagai sumber cahaya1 buah
Selotip/LakbanMerekatkkan baterai dan kabel1 rol
Alat yang
digunakan
GuntingMemotong kabel1 buah
CutterMemotong botol1 buah

Diskusikan dengan beberapa teman untuk mendapatkan jawaban yang paling lengkap dan tepat!

Persiapkan alat dan bahan tersebut pada pertemuan berikutnya!

Listrik adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang penemuan listrik dan pengaruhnya terhadap kehidupan dan peradaban manusia.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 7

Ayo Mengamati

Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok! Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 7

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu!

Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau melakukan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 8

Tuliskan dalam peta pikiran berikut:

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 8

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-3.html.