Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 122, 123, 124


kunci jawaban buku paket siswa kelas 6 tema 3 subtema 3 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 122, 123, 124 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 122, 123, 124.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 2

“Kamu pasti suka mendengar radio, bukan? Ayo, kita cari tahu bagaimana radio ditemukan dengan membaca kisah di bawah ini!

Ayo Membaca

Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Lahir di Balogna, Italia, pada 25 April 1874. Sejak kecil ia menunjukkan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895, ia memulai penelitiannya sampai menemukan telegraf tanpa kabel. Ini merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897, Marconi mempresentasikan hasil temuannya. Alat komunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak 19,3 km. Itulah radio yang hingga saat ini dirasakan manfaatnya oleh kita.

Menurutmu apa dampak penemuan Guglielmo Marconi bagi warga dunia

Tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi. Ia menyebarkan sinyal radio pertama sejauh 3.380 km sampai menyeberangi Samudra Atlantik. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, ia menemukan perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel, yaitu telegram, radio, dan teknologi radar.

Atas jasa yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, Marconi menerima banyak penghargaan. Penghargaannya antara lain nobel di bidang fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.

Kunci Jawaban Tenatik Kelas 6 Tema 3 Halaman 122

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!

Menurutmu apa dampak penemuan Guglielmo Marconi bagi warga dunia?

Dampak penemuan Guilermo Marconi bagi warga dunia yaitu warga dunia dapat berkomunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak 19,3 km yang disebut radio.

Apa yang akan terjadi jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio? Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman!

Jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio, warga dunia tidak dapat berkomunikasi jarak jauh menggunakan perangkat komunikasi yang menggunakan gelombang tanpa kabel seperti telegram, radio, dan teknologi radar. 

Guglielmo Marconi menemukan radio dan membawa banyak manfaat bagi penduduk dunia. Lalu, bagaimana kita memanfaatkan temuannya dengan bijak? Ayo, kita pelajari.

Ayo Berdiskusi

Pernahkan kamu mendengarkan radio? Apa yang biasanya kamu dengarkan melalui radio?

Lani suka sekali mendengarkan berbagai lagu dari stasiun radio.

Ketika Lani mendengarkan radio di kamarnya, volume suara radio itu keras hingga adiknya yang sedang belajar merasa terganggu.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 123

Menurutmu, apakah Lani sudah menggunakan hak dan kewajibannya secara seimbang? Jelaskan alasanmu!

Lani belum menggunakan hak dan kewajibannya secara seimbang karena selain berhak menggunakan radionya Lani juga berkewajiban menjaga ketentraman dan kenyamanan di rumah agar anggota keluarga lainnya tidak merasa terganggu.

Ya, meskipun Lani punya hak mendengarkan radio, Adik Lani juga mempunyai hak untuk belajar dengan nyaman. Hak Lani dibatasi oleh hak orang lain. Lani harus bertanggung jawab menggunakan haknya.

Selain itu, setiap anggota keluarga mempunyai kewajiban untuk menjaga kenyamanan di rumah.

Berilah pendapatmu tentang kegiatan berikut!

Apakah dia sudah melaksanakan hak dan kewajibannya dengan tanggung jawab?

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 124

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 124

Menurutmu, mengapa kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab?

Kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab karena hak kita dibatasi oleh hak orang lain dan kita bertanggung jawab untuk menjaga kenyamanan dan ketentraman di rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak melaksanakannya?

Jika kita tidak melaksanakannya maka hak orang lain akan terganggu.

Dari radio kamu juga dapat belajar musik. Lagu-lagu yang kamu dengarkan akan semakin memperkaya pengetahuanmu tentang musik. Sekarang kita akan berlatih kembali memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik.

Ayo Berkreasi

Berlatihlah kembali memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik. Perhatikan partitur lagu tersebut.

Mainkan lagu tersebut sesuai dengan interval nada, ya.

Berlatihlah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu tentang caramu memainkan lagunya.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 122, 123, 124

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 122, 123, 124 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-122.html.