Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46 - Kunci jawaban tema 6 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46, kunci jawaban tematik ini juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran Tema 6 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13).

Kunci jawaban tematik tema 6 kelas 5 pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu mata pelajaran PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat.

Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak.

Pesan atau informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

kunci jawaban halaman 40 tema 6 kelas 5

Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas?

Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu?

Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut?

Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi?

Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?

Ayo Membaca

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

kunci jawaban halaman 43 tema 6 kelas 5

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 40

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!

Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yaitu bercocok tanam, menncari ikan di laut, memelihara hewan ternak, menanam pohon.

3. Sebutkan dan jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya menyebabkan banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 41

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca.

Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

kunci jawaban halaman 41 tema 6 kelas 5

Judul bacaan "Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya"

Paragraf 1 : Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya

Kata Kunci : Lingkungan alam, Manusia

Paragraf 2 : Tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam

Kata Kunci : Interaksi manusia dengan alam

Paragraf 3 : Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik

Kata Kunci : Interaksi manusia yang kurang baik

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 42

Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam.  Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.

Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?

Ayo Mengamati

Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

kunci jawaban halaman 42 tema 6 kelas 5

Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu. Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok.

Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 43

Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!

Memanfaatkan lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah hak semua orang. Namun kita juga berkewajiban untuk menjaga kelestariannya.

Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.

Kewajiban Warga Negara dan Siswa

Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak?

Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan.

Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.

Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi.

Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan.

Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.

Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang.

Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 45

Ayo Berdiskusi

Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak.

Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.

kunci jawaban halaman 45 tema 6 kelas 5

Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 46

Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimu.

Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang berbeda, tetapi saling berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-6-kelas-5-halaman-40.html.