Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 113, 115, 117


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 113, 115, 117

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 113, 115, 117 - Kunci jawaban Tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Kepemimpinan Subtema 3 Ayo Memimpin Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 113, 115, 117.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 2 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 7 Kelas 6 pada Subtema 3 Pembelajaran 2 terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 7 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 113

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar patung di atas.

1. Siapakah tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu?

Tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta

2. Apa bahan pembuatannya?

Bahan pembuatan patung tersebut adalah batu, semen dan pasir.

3. Menurut perkiraanmu, bagaimana cara pembuatan patung itu?

Patung itu dibuat dengan cara memahat batu.

Diskusikan hasil pengamatan kalian, lalu ceritakan kepada kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut.

Patung Sigale-gale yang Dapat Menari

Pada zaman dahulu, kerajaan di Samosir dipimpin oleh Raja Rahat. Dia memiliki anak semata wayang bernama Manggale. Suatu saat Raja Rahat meminta anaknya untuk berperang melawan musuh di perbatasan. Manggale pun pergi berperang, tetapi dia tidak pernah kembali. Dia meninggal. Jasadnya tidak pernah ditemukan. Raja Rahat pun sedih hingga jatuh sakit.

Masyarakat setempat ingin menghibur raja. Mereka membuat sebuah patung yang menyerupai Manggale dan menamainya Sigale-gale. Gale dalam bahasa Batak Toba artinya lemas. Pada waktu itu, dukun di sana juga ikut membantu memanggil roh Manggale agar masuk ke dalam patung tersebut, sehingga patung Sigale-gale dapat bergerak-gerak sendiri seperti orang yang sedang menari.

Patung Sigale-gale sampai saat ini masih dapat kita jumpai ketika berkunjung ke Tomok, Pulau Samosir. Hanya saja, dalam pertunjukan tersebut, patung Sigale-gale sudah tidak dimasuki roh lagi. Patung ini dapat bergerak-gerak karena digerakkan dengan penggerak mekanis.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 115

Ayo Mencoba

Mungkin kamu telah sering melihat berbagai patung, baik secara langsung dari gambar, atau fotonya.

Ada berbagai macam patung, tergantung dari tema, bentuk, dan teknik pembuatannya.

Carilah informasi mengenai hal-hal berikut.

1. Ciri-ciri patung

Ciri-ciri patung yaitu wujud karya tiga dimensi, memiliki tekstur, warna dan bentuk.

2. Jenis-jenis patung

Jenis-Jenis Patung Berdasarkan Bentuk :
  • Figuratif : Peniruan bentuk yang berada didalam sebuah kehidupan nyata. Misalnya manusia, hewan, hingga tumbuhan.
  • Non figuratif : Bentuk yang ada tidak mirip dengna bentuk asli.

Berdasarkan Jenis :
  • Zonde Bosse : Patung yang berdiri sendiri (tidak menempel pada sebuah sisi).
  • Relief : Patung yang menempel pada sebuah permukaan yang berasal dari dinding.

Jenis-Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya : Patung religi, patung monumen, patung arsitektur, patung dekorasi, patung seni, patung kerajinan.

3. Bahan pembuat patung

Batu, kayu, kaca, kertas, logam, tanah liat, plastisin, es balok, semen, sabun, lilin, gips, fiber resin.

4. Teknik pembuatan patung

1) Teknik membutsir 
Teknik membutsir adalah teknik membuat patung dengan cara memijit dan menambah, teknik ini biasanya dipakai dengan bahan dasar tanah liat atau plastisin

2) Teknik mencetak
Teknik mencetak dalam pembuatan patung dapat dilakukan dengan bahan yang sifatnya agak cair, atau bahannya dibuat cair dengan cara membuat adonan, seperti dengan semen yang dicairkan kemudian dituangkan dalam cetakan.

3) Teknik pahat
Teknik pahat hanya dapat dilakukan dengan cara mengurangi dengan pahat , beda dengan membutsir yang bisa menambah jika ada kekurangan , teknik pahat tidak dapat menambah jika kekurangan , karena itu harus hati" jika menggunakan teknik ini

4) Teknik kontruksi
Tekni ini dilakukan dengan cara menyusun bahan dan kemudian dilekatkan dengan lem atau dengan bahan pelekat lainnya.

Carilah informasi tersebut dari buku-buku di perpustakaan sekolahmu atau bertanyalah kepada Bapak/Ibu Guru dan narasumber lain yang menguasai. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan dalam bentuk laporan.

Ayo Menulis

Buatlah rencana pembuatan karya patung dari bahan lunak di sekitarmu. Kamu dapat membuat patung bertema hewan berkaki dua, hewan berkaki empat, atau patung bertema manusia. Lengkapi daftar berikut.

kunci jawaban halaman 115 tema 7 kelas 6

Bentuk Patung : Rangka Manusia

Bahan : Kertas koran, Kawat kasa, Pati kanji, Cat warna.

Teknik Pembuatan : Teknik mencetak

Alat : Gunting, Ember, Kuas

Cara Pembuatan :
  • Buatlah kerangka patung dari kawat kasa.
  • Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan.
  • Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.
  • Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.
  • Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat.
  • Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak
  • Warnailah dengan menggunakan cat.

Ayo Membaca

Perubahan pada Masa Pubertas

Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia umumnya terbagi menjadi: balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Masa remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada awal masa remaja, kita mengalami masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh, baik yang terlihat maupun tidak.

Di dalam tubuh, hormon reproduksi mulai dihasilkan. Pada perempuan, hormon ini akan mengakibatkan sel telur matang. Pada laki-laki, hormon reproduksi akan mengakibatkan tubuh memproduksi sel sperma. Jika sel telur dan sel sperma bertemu, dapat terjadi pembuahan dan tumbuh menjadi bayi.

Pada umumnya, pada masa ini kesehatan reproduksi remaja akan memperlihatkan ciri-ciri pubertas. Pada perempuan, dia akan mengalami menstruasi setiap jangka waktu tertentu (umumnya setiap 28 hari sekali). Pada laki-laki, dia akan mengeluarkan sperma.

Ciri-ciri lain ditandai dengan perubahan tubuh yang terlihat. Pada perempuan, misalnya payudara akan tumbuh sebagai persiapan untuk memberikan ASI (air susu ibu) bagi bayinya kelak. Pada laki-laki, otot-otot tubuhnya berkembang lebih besar dan kuat, sehingga diharapkan laki-laki lebih kuat secara fisik untuk melindungi keluarganya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 117

Ayo Berdiskusi

Persiapan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas? Diskusikan bersama kelompokmu.

Persiapan menyikapi masa pubertas :
  • Menjaga kebersihan tubuh.
  • Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga.
  • Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.
  • Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur.
  • Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.

Ayo Berkreasi

Bersama kelompokmu, buatlah karya berupa peta pikiran berisi persiapan menghadapi masa pubertas sesuai hasil diskusi kalian. Warnai dan hiasilah peta pikiran itu seindah dan semenarik mungkin.

kunci jawaban halaman 117 tema 7 kelas 6

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 113, 115, 117

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 113, 115, 117 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-7-kelas-6-halaman-115.html.