Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 132, 134, 135


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 132, 134, 135

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 132, 134, 135 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 tepatnya terdapat pada halaman 132, 134, 135.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 6 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita

Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering.

Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak.

Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai.

Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.

kunci jawaban halaman 132 tema 8 kelas 5

kunci jawaban halaman 134 tema 8 kelas 5

Perhatikan gambar-gambar tersebut. Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 132

Ayo Mencoba

Pada Pembelajaran 5 kamu telah membuat sketsa gambar cerita pada buklet. Sekarang warnailah gambarmu. Gunakan gabungan teknik kering dan teknik basah.

Ayo Membaca

Keunikan Keragaman Budaya Indonesia Di Dalam Festival Kuwung 2016

Acara Festival Kuwung 2016 di Banyuwangi merupakan acara seni dan budaya sekaligus sebagai pesta rakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun oleh masyarakat Banyuwangi.

Festival yang diadakan dalam rangka sebagai hari jadi Kota Banyuwangi atau disingkat Harjaba yang ke 245 ini menampilkan beragam seni tradisi daerah yang kemudian dikemas dalam sebuah pertunjukan yang cukup megah di Banyuwangi.

Seluruh Masyarakat Banyuwangi berpesta, penampilan dari seluruh peserta ternyata mampu mengundang kekaguman.

Berbagai kesenian daerah tampil dengan sangat menarik serta menghibur. Tidak hanya penari dan aksi teatrikal yang tampil memukau, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah ternyata juga dapat mencuri perhatian.

Ketika ratusan pendukung acara tampil dalam balutan kostum yang atraktif, ditambah iringan musik tradisional di sepanjang acara festival tersebut mampu membuat suasana malam di Banyuwangi begitu meriah

Sedangkan menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M.Y. Bramuda, Acara Festival Kuwung 2016 mengangkat tema Kembang Setaman Bumi Blambangan.

Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup dari masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang budaya.

kunci jawaban halaman 135 tema 8 kelas 5

"Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using, Suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan" katanya

Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnis dan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik.

Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi  Saulak, Suku Mandar. Tradisi Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai.

Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman membawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkan babat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.

Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan Sarine Kembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangat masyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using.

Sementara itu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya. Para penampil membawakan tari Topeng dan fragmen yang mengisahkan mata pendaharian mereka sebagai petani kakao.

Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga tidak ketinggalan atraksi Ogoh-ogoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu

Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa. Mereka menampilkan berbagai tarian dengan kostum khasnya.

Suasana semakin meriah dengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung juga dimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang menampilkan tari kipas

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 134

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks "Uniknya keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016"?

Peristiwa peringatan hari jadi kota Banyuwangi (Harjaba) ke 245 yang dimeriahkan dengan acara pesta rakyat yang berisi acara pentas seni dan budaya.

2. Keragaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?

Tentang keragaman berbagai seni budaya etnis dan suku yang ada di Banyuwangi berupa tarian, tradisi dan adat istiadat, pakaian adat.

3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?

Dengan mempelajari berbagai adat istiadat dan kesenian daerah untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, serta sikap saling menghormati dan menghargai antar suku/etnis yang ada sehingga timbul sikap kerukunan dalam usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Bacalah hasil diskusi di depan kelompok lain dan Bapak / Ibu Guru.

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia Dalam Festival Kuwung 2016

Acara Festival Kuwung 2016 yang diadakan di Banyuwangi dalam rangka Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) merupakan acara seni dan budaya yang juga menjadi acara pesta rakyat Banyuwangi. Berbagai kesenian daerah ditampilkan, juga terdapat pawai mobil dengan aneka lampu hias serta diiringi musik tradisional.

Festival Kuwung menampilkan berbagai etnis yang ada di Banyuwangi, antara lain Suku Using yang merupakan suku asli Banyuwangi, suku Jawa Matraman, Suku Mandar, Suku Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab, Etnis Bali. Masing-masing suku/etnis menampilkan salah satu kesenian khas daerah masing-masing. Selain itu juga terdapat penampilan perwakilan dari beberapa kota di luar Banyuwangi, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 135

Ayo Mencoba

Identifikasikan keragaman dari seni dan budaya yang terdapat pada bacaan teks "Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016". Tuliskanlah hasil dari identifikasimu di dalam tabel berikut ini.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 135

Suku : Using
Kesenian yang ditampilkan : Cerita "Sarine Kembang Bakung".

Suku : Madura
Kesenian yang ditampilkan : Pakaian khas daerah.

Suku : Jawa
Kesenian yang ditampilkan : Fragmen yang berjudul "Cungkup Tapanrejo".

Suku : Mandar
Kesenian yang ditampilkan : Tradisi Saulak.

Suku : Tionghoa
Kesenian yang ditampilkan : Fragmen bertema "Liong Harmoni Tionghoa".

Suku : Bali
Kesenian yang ditampilkan : Tradisi Melasti Bali Banyuwangen.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 132, 134, 135

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 132, 134, 135 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-132.html.