Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 31, 32, 33, 34.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

Dalam Pembelajaran 3 disebutkan bahwa manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungan dalam usaha pertanian. Bagaimana dengan jenis usaha lain?

Ayo Membaca

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada bermacam-macam jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis usaha itu ada yang menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa. Berikut beberapa jenis usaha selain pertanian.

1. Perindustrian

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.

Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

kunci jawaban halaman 31 tema 8 kelas 5

Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil.

Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil.

2. Perdagangan

Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik.

Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain dengan tujuan memperoleh keuntungan.

kunci jawaban halaman 32 tema 8 kelas 5

Tanpa adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen.

Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Jasa

Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti misalnya industri konfeksi menghasilkan pakaian.

kunci jawaban halaman 33 tema 8 kelas 5

Usaha jasa memberikan pelayanan kepada konsumen. Contoh pekerjaan yang menjual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dan sebagainya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 31

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Jenis Usaha Masyarakat Indonesia”. Temukan pengertian dan ciri-ciri dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 31

Peta Pikiran Jenis Usaha Masyarakat Indonesia


Perindustrian

Pengertian :

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.

Ciri-Ciri :
  • Mengolah bahan baku / mentah menajdi produk olahan.
  • Mengolah bahan setengah jadi menajdi bahan jadi.
  • Menggunakan peralatan, tenaga kerja dan modal.

Perdagangan

Pengertian :

Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli.

Ciri-Ciri :
  • Ada perpindahan hak milik.
  • Terdapat produsen dan konsumen.
  • Memiliki barang yang diperdagangkan.

Jasa

Pengertian :

Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen).

Ciri-Ciri :
  • Tidak menghasilkan barang.
  • Memberikan pelayanan kepada konsumen.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 32

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok besar terdiri atas 10-11 siswa.

1. Jenis usaha apa yang dilakukan keluargamu atau tetanggamu? Apa manfaatnya? Tulislah hasilnya dalam bentuk tabel berikut.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 32

2. Selanjutnya, bersama seluruh temanmu di kelas, hitunglah jumlah jenis usaha yang sudah diidentifikasi. Tulislah hasilnya dalam tabel berikut.

kunci jawaban tematik tema 8 kelas 5 halaman 32

Alternatif jawaban untuk masing-masing siswa berbeda, sesuai dengan banyaknya jenis usaha yang diidentifikasi pada lingkungan masing-masing.

3. Berdasarkan tabel yang telah kamu isi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
a. Jenis usaha apa yang paling sedikit?

Alternatif jawaban untuk masing-masing siswa berbeda, sesuai dengan banyaknya jenis usaha yang diidentifikasi pada lingkungan masing-masing.

b. Jenis usaha apa yang paling banyak?

Alternatif jawaban untuk masing-masing siswa berbeda, sesuai dengan banyaknya jenis usaha yang diidentifikasi pada lingkungan masing-masing.

c. Apa kesimpulan kalian?

Dapat mengetahui keragaman sosial yang ada di lingkungan sekitar, yaitu keragaman jenis usaha yang dilakukan oleh masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 33 & 34

Ayo Menulis

Dari kegiatan di atas, kamu mengetahui keragaman sosial di tempat tinggalmu, yaitu keragaman jenis usaha yang dilakukan oleh warga/masyarakat.

Bagaimana sikapmu atas keragaman tersebut? Tulislah dalam tabel berikut.

Sikapku terhadap keragaman jenis usaha warga masyarakat di sekitarku adalah Menghormati dan toleransi atas keragaman jenis usaha yang merupakan salah satu bentuk keragaman sosial budaya dalam masyarakat.

Ayo Renungkan

Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?

Keragaman jenis usaha masyarakat Indonesia.

Keterampilan apa yang aku latih hari ini?

Membuat peta pikiran dan mengidentifikasi jenis usaha yang ada di lingkungan sekitar.

Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?

Menghargai keragaman jenis usaha masyarakat yang ada di lingkunganku.

Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?

Menceritakan kepada orang tua, adik, teman-teman yang ada di lingkungan sekitarku.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-31.html.