Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 52, 55, 56, 57.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 1 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 1 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 52

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 52

Perhatikan gambar-gambar di atas.

1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?

Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.

2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?

Gambar A lebih indah dilihat.

3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?

Dapat, disebabkan hilangnya cadangan air tanah (sumber air) yang diakibatkan tidak adanya daerah peresapan air.

4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?

Dapat, dengan cara selalu menyediakan daerah peresapan air, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan yang merupakan daerah resapan air utama, serta selalu menyediakan daerah-daerah/tanah resapan air di daerah pemukiman.

5. Sebutkan cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!

Cara yang biasa dilakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahku :
  • Menjaga kebersihan
  • Menjaga kelancaran saluran air/selokan
  • Menanam tanaman/pohon yang bermanfaat di daerah lingkungan rumah dan sekolah
  • Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air

Perubahan lingkungan terjadi karena faktor alam dan kegiatan manusia. Ada perubahan yang menguntungkan, tetapi ada pula perubahan yang merugikan. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca

Siklus Air Tanah

Proses siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Selain masuk ke sungai dan mengalir ke laut, ada juga air yang tergenang membentuk danau.

Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air).

kunci jawaban halaman 55 tema 8 kelas 5

Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah resapan air terdapat di hutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur tanah. Saat hujan turun, air tidak langsung hanyut, tetapi air akan terserap dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah akan menjadi air tanah. Air akan lebih mudah meresap jika terdapat banyak tumbuhan. Air yang meresap akan diserap oleh akar tumbuhan tersebut. Adanya air dan akar di dalam tanah menyebabkan struktur tanah menjadi kukuh dan tidak mudah longsor.

kunci jawaban halaman 56 tema 8 kelas 5

Nah, menyimak uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan hutan sangat penting. Hutan berperan dalam penyimpanan air. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan.

Saat ini hutan banyak yang gundul akibat penebangan liar. Selain penebangan, hutan dapat rusak akibat pembakaran. Pepohonan di hutan ditebang atau dibakar dengan alasan tertentu. Seperti untuk membuka lahan pertanian, perumahan, atau industri. Kegiatan-kegiatan ini dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Akibatnya, pada saat hujan terjadi banjir dan pada saat kemarau banyak daerah mengalami kekeringan.

Pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton dapat menghalangi meresapnya air hujan ke dalam tanah. Akibatnya, pada saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan air menggenangi jalan-jalan.

Nah, apa akibatnya jika daerah resapan air semakin berkurang? Apabila daerah resapan air semakin berkurang, cadangan air di bumi ini semakin menipis. Hal ini dapat mengakibatkan sungai-sungai dan danau menjadi kering. Keringnya sungai dan danau menyebabkan proses penguapan semakin menurun. Menurunnya proses penguapan ini menyebabkan berkurangnya pengendapan titik-titik air di awan. Keadaan ini tentu mengurangi terjadinya hujan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 55

Kamu telah membaca teks "Siklus Air Tanah". Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 55

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 56

Ayo Berdiskusi

Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu!

1. Tulislah proses terjadinya air tanah

Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air).

2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah!

Faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah :
  • Faktor alam : Kondisi tanah, Kondisi iklim.
  • Faktor kegiatan manusia : Penebangan hutan secara liar, Pembukaan lahan pertanian, perumahan, perindustrian, Pembangunan jalan yang menggunakan aspal/beton, yang menyebabkan terhalangnya air meresap ke dalam tanah.

3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah!

Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah :
  • Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
  • Menanam pohon/penghijauan
  • Membuat lubang resapan
  • Mengurangi sampah/limbah

Kekeringan dapat terjadi karena beberapa sebab, yaitu faktor alam dan kegiatan manusia. Salah satu penyebabnya karena faktor alam yaitu kondisi tanah dan iklim.

Kondisi tanah berbatu akan menyebabkan tanah tidak dapat menyimpan air. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui lebih jelas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 57

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).

1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang.

2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahan-bongkahan batu.

3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam.

4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang.

5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?

Hasil pengamatanku menunjukkan ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang.

6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?

Pada loyang berisi batu bata, air berkurang.

7. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?

Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap.

8. Apa yang dimaksud air tanah?

Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah.

9. Apa yang dimaksud air permukaan?

Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah

10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?

Loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan, loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air.

Ayo Bercerita

1. Tuliskan hasil pengamatan dan analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu pada kelompok lain.

Hasil Pengamatan :
  • Ada perbedaan tinggi permukaan air pada loyang berisi batu bata dan loyang berisi bongkahan batu
  • Pada loyang berisi batu bata, air berkurang
  • Pada loyang berisi bongkahan batu, tinggi air tetap
  • Pada loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah, sebab batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air
  • Pada loyang berisi bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena bongkahan batu tidak dapat menyerap air.

2. Dari hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan.


Proses terjadinya air permukaan : Air hujan yang tidak terserap oleh celah-celah / pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di atas / permukaan tanah.

Proses terjadinya air tanah : Air hujan yang terserap oleh tanah melalui celah / pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di bawah permukaan tanah

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-52.html.