Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9


kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9 - Kunci jawaban tema 6 ini merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 1.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9, kunci jawaban tema 6 juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13).

Kunci jawaban tematik tema 6 kelas 5 pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian (PH), soal penialain tengah semester (PAS), soal penilaian akhir tahun (PAT), maupun tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di atas! Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu? Apakah persamaan semua gambar tersebut?

Ya, semua gambar di atas berhubungan dengan kalor atau energi panas. Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut?

Bagaimana dengan tubuh manusia? Apakah tubuh manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?

Ayo Membaca

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 3

Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!

1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?

Sumber energi panas adalah benda yang dapat menghasilkan energi panas.

2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!

Matahari dan api adalah sumber energi panas. 

3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?

Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.

4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!

Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.

5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?

Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.

6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?

Karena api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 4

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa judul bacaan di atas?

Judul bacaan di atas adalah "Sumber Energi Panas"

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!

Paragraf 1 : Energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.

Paragraf 2 : Kegunaan matahari

Paragraf 3 : Cara menghasilkan energi panas

Paragraf 4 : Asal mula api

3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!

Kesimpulan : sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 6

Ayo Mengamati

Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan?

Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 6

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu. Amatilah kesamaan dan perbedaan hasil pengamatanmu.

Catatlah pertanyaan yang muncul sehubungan dengan kegiatan tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini.

Salinlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil dan tempelkan di papan tulis menggunakan selotip. Amati dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh teman-temanmu.

Amati tabel yang telah kamu buat di atas, kelompokkan kegiatan yang menggunakan sumber energi panas yang berasal dari listrik dan yang berasal dari sumber energi selain listrik.

Sumber energi manakah yang paling sering kamu gunakan? Dapatkah kamu menjelaskan alasannya?

Kunci jawaban soal pada halaman 7 dapat bervariasi tergantung dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh teman sebangkumu.

Ayo Mencoba

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.

Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut : 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.

Langkah-langkah :

1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.

2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.

3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.

4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 8

Perhatikanlah gambar berikut ini!

1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?

Ukuran es pada ketiga wadah tersebut mengalami perubahan

2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?

Es batu yang akan mencair lebih dulu adalah es batu yang ada di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung, kemudian disusul oleh es batu yang ada di atas meja, dan yang terakhir adalah es batu yang ada di dalam lemari.

3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!

Hal tersebut dikarenakan es batu yang berada di luar ruangan terkena sinar matahari langsung sehingga mendapat energi panas yang lebih banyak dibandingkan dengan es batu yang ada di atas meja dan maupun di dalam lemari.

4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!

Sumber energi panas dapat mengakibatkan perubahan suatu benda, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan ukuran es batu pada percobaan sebelumnya.    

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 3, 4, 6, 7, 8, 9 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/kunci-jawaban-halaman-3-tema-6-kelas-5.html.