Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 119, 120, 122, 123, 124


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 119, 120, 122, 123, 124

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 119, 120, 122, 123, 124 - Kunci jawaban Tema 6 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 perpindahan kalor di sekitar kita pembelajaran 5 tepatnya terdapat pada halaman 119, 120, 122, 123, 124.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 6 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 5 subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 6 kelas 5 pada subtema 2 pembelajaran 5 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 6 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 5


Saatnya berkemah! Kesempatan yang sangat jarang ini, disambut gembira oleh Siti dan teman-temannya. Kegiatan berkemah kali ini memang sebagai bagian kegiatan pramuka di sekolahnya.

Malam itu, terlihat Siti, Dayu, Lani dan teman-temannya yang lain sedang berkumpul dekat api unggun yang telah disiapkan.

Brrrr! Udara malam itu cukup dingin. Anak-anak dengan mengenakan baju hangat mereka masing-masing, duduk bercengkerama di sekitar api unggun sambil mengulurkan tangan mereka ke arah api unggun. Badan mereka pun terasa lebih hangat.

Siti : “Ini pertama kalinya aku mengikuti perkemahan di sekolah! Menyenangkan sekali!”

Lani : ”Ini juga pengalaman pertamaku menikmati hangatnya api unggun bersama teman-temanku.”

Siti : “Ya! Ternyata berada dekat api unggun seperti ini, dapat membantu menghangatkan tubuh, ya! Rasanya menyenangkan, karena dapat mengatasi hawa dingin di daerah ini. Mengapa bisa begitu, ya?”

Dayu : “Pertanyaan itu juga yang dari tadi ada dalam pikiranku! Bagaimana bisa panas dari api unggun itu dapat kita rasakan meskipun kita berjarak dari sumber api itu. Pada jarak sejauh ini, kita sudah dapat merasakan panas yang berasal dari api unggun itu. Sepertinya jika kita semakin dekat ke sumber api, pasti kita akan merasa kepanasan, bukan? Tempat kita berada saat ini mungkin tempat yang paling nyaman karena jarak kita dengan api unggun cukup untuk membantu kita menghangatkan tubuh kita.”

Siti : “Sepertinya pengamatanmu menarik, Dayu! Sebelumnya kita telah belajar tentang konduksi dan konveksi. Sepertinya apa yang kita alami sekarang ini, bukan contoh dari kedua cara perpindahan kalor itu. Mungkinkah ada cara perpindahan kalor yang lain?”

Ayo Membaca

Perpindahan Kalor secara Radiasi

Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi, karena udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari matahari pun tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 123

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Dapatkah kamu mem- berikan contoh lainnya perambatan kalor secara radiasi? Ketika kamu dan teman- temanmu pergi berkemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan secara radiasi.

Pernahkah kamu pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam? Apa yang kamu rasakan? Ketika kamu keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badanmu akan terasa panas. Hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda yang berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenakan baju putih. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 119

Ayo Menulis

Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 120

Hal-Hal Penting dari Bacaan Perpindahan Kalor secara Radiasi :

Paragraf 1 :
  • Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi.
  • Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

Paragraf 2 :
  • Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi.
  • Contoh perpindahan panas secara radiasi adalah panas dari api unggun dapat sampai ke tubuh.

Paragraf 3 :
  • Benda-benda berwarna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.
  • Pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh. 

Lalu, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf seperti yang telah dicontohkan pada pembelajaran kedua.

Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan.

Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masing-masing paragraf.

Berilah keterangan bagaimana isi baca berhubungan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

kunci jawaban halaman 120 tema 6 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 120

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara.

2. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi?

Perbedaannya adalah jika perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya jika perpindahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara.

3. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi?

Perbedaannya adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat  perantara berupa benda logam.

4. Jelaskan paling sedikit tiga contoh perpindahan panas secara radiasi yang kamu ketahui!

Api unggun, panas api dari kompor, dan panas matahari.

Jelaskanlah diagram yang kamu buat dengan menjelaskan hubungan setiap pokok pikiran yang kamu temukan di dalam bacaan tersebut di dalam kelompok kecil!

Bandingkanlah hasil pekerjaan temanmu yang lain. Lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Lalu tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku.

Perpindahan kalor secara radiasi adalah proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perentara. Pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang memakai baju putih. Hal ini disebabkan benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor jika dibandingkan dengan benda-benda berwarna putih dan berkilap. Contoh perpindahan kalor secara radiasi adalah panas matahari dapat sampai ke bumi, panas dari api unggun dapat sampai ke tubuh, dan panas tubuh berpindah ke baju berwarna hitam.

Ayo Mencoba

Lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu untuk membuktikan cara perpindahan panas secara radiasi.

Persiapkanlah alat dan bahan yang diperlukan dan ikutilah langkah percobannya. Jangan lupa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan ini!

Alat dan Bahan :

1. satu batang lilin

2. korek api

3. penggaris

Cara Kerja :

1. Nyalakan lilin dengan menggunakan korek api yang telah disiapkan.

2. Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kamu rasakan dan catatlah!

3. Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!

4. Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 122

Pertanyaan :

1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?

Tangan terasa agak panas.

2. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm?

Tangan terasa agak hangat.

3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?

Hangatnya tidak begitu terasa.

4. Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan?

Panas dari nyala api bisa dirasakan karena radiasi.

5. Apakah nama perpindahan panas yang terjadi pada percobaan di atas?

Perpindahan Panas secara Radiasi.

6. Sebutkan 3 contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita!

Contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita yaitu pakaian basah menjadi kering terkena sinar matahari, proses penetasan telur dengan menggunakan sinar lampu, dan panas matahari dapat sampai ke bumi.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 123

Kesimpulan

Apa kesimpulan dari percobaan yang kamu lakukan ?

Panas dari api lilin berpindah ke tangan tanpa melalui zat perentara. Hal ini menunjukan bahwa percobaan tersebut menunjukkan perpindahan kalor secara radiasi.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 124

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu dengan beberapa macam pola lantai yang digunakan penari pada beberapa tari daerah? Pelajari kembali contoh pola lantai tersebut. Cobalah untuk membedakan pola lantai tersebut berdasarkan jenis tari tunggal atau berkelompak dan ukuran tarian. Apakah ditarikan dalam kelompok kecil atau kolosal yang melibatkan lebih banyak orang?

Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.

1. Pilihlah sebuah tari daerahmu yang paling kamu tahu.

2. Pelajari pola lantai yang digunakan pada tari tersebut. Apakah semua pola lantai yang kamu ketahui ada pada tari tersebut?

3. Perhatikanlah kembali gerakan-gerakan tari pada pola lantai tertentu.

4. Ubahlah pola lantai pada beberapa gerakan tari dengan pola lantai yang mungkin belum ada sebelumnya. Kamu juga dapat mengubah urutan pola lantai pada tari tersebut.

5. Cobalah pola lantai yang telah kamu ubah pada tari tersebut. Perhatikan apakah pola tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan rencana awalmu. Jika pola lantai tersebut kamu anggap tidak cukup baik diterapkan pada tari tersebut, kamu dapat melakukan perubahan kembali.

6. Demikian seterusnya hingga kamu dapat mencoba semua pola lantai yang kamu modifikasi dari tari tersebut.

7. Tunjukkan pola lantai yang telah kamu kembangkan pada tari daerah pilihanmu di depan kelas.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 119, 120, 122, 123, 124

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 2 pembelajaran 5 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 119, 120, 122, 123, 124 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/kunci-jawaban-tema-6-kelas-5-halaman-120.html.