Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 16 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 16


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 16 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 16.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 2 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 2 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 16

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

Ayo Membaca

Ada lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Apakah yang dimaksud tangga nada?

Bacalah uraian berikut.

Mengenal Tangga Nada

Tangga nada a.dalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.

Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

a. Tangga nada diatonis mayor

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

tangga nada diatois mayor

b. Tangga nada diatonis minor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1- 1/2- 1- 1- 1/2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

1. Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.

tangga nada diatois minor

2. Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.

tangga nada diatois minor harmonis

3. Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.

tangga nada diatois minor melodis

Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria.

Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih.

Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

Ayo Bernyanyi

Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki

lagu gugur bunga

Lagu Ayam Den Lapeh

kunci jawaban halaman 16 tema 9 kelas 5 ayam den lapeh

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 16

1. Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu "Gugur Bunga" dan Lagu "Ayam Den Lapeh" tersebut ?

Lagu "Gugur Bunga" dan Lagu "Ayam Den Lapeh" termasuk lagu bertangga nada minor. Lagu tersebut jika dinyanyikan menimbulkan perasaan sedih.

2. Apakah lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo cepat?

Lagu Gugur Bunga dinyanyikan dengan tompo yang lambat untuk menunjukkan dan menegaskan ekspresi kesedihan. Sedangkan lagu Ayam Den Lapeh dinyanyikan dengan tempo moderato (sedang). Meskipun demikian ungkapan kesedihan tetap terlihat dari lirik lagu tersebut.

3. Apa isi syair pada lagu di atas?

Isi syair lagu gugur bunga menceritakan tentang ungkapan kesedihan karena gugurnya pahlawan bangsa. Sedangkan lagu ayam den lapeh menceritakan ungkapan kesedihan karena kehilangan sesuatu yang berharga.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 16

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 16 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-16.html.