Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 45, 46, 47, 48, 51, 52


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 45, 46, 47, 48, 51, 52 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 6 tepatnya terdapat pada halaman 45, 46, 47, 48, 51, 52.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 6 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 45

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga : 

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

Aku dan teman-teman mempunyai kesukaan di bidang seni yang berbeda. Aku suka menyanyi. Dayu suka menari. Udin, Beni, dan Siti suka menggambar. Perbedaan itu dapat memperkaya pengetahuan kami di bidang seni. Meskipun beragam, kami tetap rukun.

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 45

Ayo Mengamati

kunci jawaban halaman 45 tema 9 kelas 5

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

Gambar menunjukkan orang-orang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Mereka bergandengan tangan. Mereka menunjukkan raut wajah senang dan ramah. Mereka saling menghargai keragaman. Jadi, gambar tersebut mencerminkan kerukunan.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat.

Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong.

Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 46

Ayo Berlatih

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.

Berikut wujud perilaku untuk hidup rukun seba gai warga masyarakat :
  • Bekerja bakti membersihkan lingkungan.
  • Membantu tetangga yang mengadakan hajatan.
  • Menyapa tetangga saat berpapasan di jalan.
  • Menghargai tetangga yang berbeda agama.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 47 & 48

Ayo Mengamati

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 47

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Gambar tersebut merupakan bentuk suatu iklan. Iklan tersebut berisi pengumuman lomba kerukunan umat beragama yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan iklan tersebut adalah untuk menarik perhatian masyarakat luas agar mau mengikuti lomba tersebut.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.

kunci jawaban halaman 48 tema 9 kls 5

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

Nama Produk : Resik Mesin Cuci

Kalimat Iklan : Resik mesin cuci kapasitas 10 kg.

Keunggulan Produk :
  • Program dapat diatur sesuai kebutuhan
  • Mampu mencuci Bed Cover dan bermacam-macam boneka.
  • Tabung Stainless Steel

Memiliki gambar yang menarik.

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan.

Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan. Alat musik apa saja yang kamu ketahui? Dapatkah kamu memainkan alat musik? Mari mengenal alat musik melodis.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya.

Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 48

1. Cara Bermain Seruling (Recorder).

Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.

kunci jawaban halaman 47 tema 9 kelas 5

2. Cara Bermain Pianika.

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.

kunci jawaban halaman 48 tema 9 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 51

Ayo Berlatih

Siapkan alat musik pianika atau seruling (recorder), lalu mainkan tangga nada berikut ini.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 51

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 52

Ayo Mencoba

Mainkanlah melodi lagu berikut menggunakan recorder atau pianika dengan tangga nada yang sesuai.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 52

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 45, 46, 47, 48, 51, 52

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 45, 46, 47, 48, 51, 52 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-45.html.