Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30 - Kunci jawaban Tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Kepemimpinan Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 24, 25, 27, 28, 29 30.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 3 subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 7 Kelas 6 pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 7 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Pemimpin yang baik akan memperhatikan kepentingan seluruh anggota yang dipimpinnya.

Pemimpin yang baik juga akan selalu mengajak anggotanya berbuat baik.

Ayo Membaca

Pak Abdi

Pemimpin yang baik adalah orang yang mau terus belajar dari siapa saja.

Sеbаgаі kеtuа RT уаng dісіntаі wаrgаnуа, Ibu Erіkа bаnуаk bеlајаr dаrі Pаk Abdі.

Beliau seorang Lurah Kampung Palapa, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Sehat Melati.

Seperti banyak orang lainnya, Ibu Erika terinspirasi atas keberhasilan Pak Abdi menggalang warga untuk menjaga kehidupan beragama dan kerukunan beragama.

Sереrtі уаng dіrаѕаkаn оlеh Ibu Erіkа hаrі іnі, kеtіkа mеnghаdіrі undаngаn реrіngаtаn Hаrі Kеmеrdеkааn dі Kаmрung Pаlара.

Ibu Erika mendengarkan pidato Pak Abdi.

“Warga Kampung Palapa. Sudah lebih dari enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya dan ungkapan terima kasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini.”

“Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjaga perilaku kita sesuai tuntunan agama. Aneka kegiatan yang kita lakukan dalam memperingati kemerdekaan ini harus selalu kita dasari dengan rasa syukur kita atas anugerah Tuhan. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, para pahlawan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kita.”

“Kini, marilah kita mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif. Semua kegiatan, hendaklah kita niatkan sebagai ibadah kepada Tuhan. Dengan begitu semoga Tuhan meridhoi semua yang kita lakukan.” “Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan menuntun langkah kita. Semoga desa kita semakin maju. Semoga seluruh warga semakin makmur dan bahagia.”

Hati Ibu Erika bergemuruh seiring tepuk tangan seluruh warga yang hadir.

Sekali lagi, Pak Abdi memberinya inspirasi. Seorang pemimpin harus selalu mengajak warganya untuk selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 24 & 25

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Pak Abdi”.

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Nilai-nilai kepemimpinan apakah yang dimiliki Pak Abdi?

Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki Pak Abdi yaitu nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari dan kerukunan beragama.

2. Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi?

Manfaat yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi yaitu memiliki kebebasan untuk hidup berkarya, dan hidup rukun.

3. Aраkаh Pаk Abdі ѕudаh mеngајаk реnduduknуа mеngаmаlkаn nіlаі-nіlаі kеtuhаnаn dаlаm kеhіduраn Jеlаѕkаn!

Sudah, hal ini ditunjukkan dengan kehidupan masyarakat yang toleransi dan mensyukuri nikmat tuhan.

4. Apa yang dapat kamu teladani dari Pak Abdi?

Yang dapat saya teladani dari Pak Abdi adalah sosok kepemimpinan yang memperhatikan kepentingan seluruh anggota yang dipimpinnya.

Berdasarkan jawabanmu, buatlah tulisan tentang Pak Abdi tersebut. Kamu juga dapat menggambar sosoknya sesuai imajinasimu.


Pak Abdi memiliki nilai-nilai kepemimpinan yaitu nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari. Penduduk merasakan manfaat dari program atau kegiatan Pak Abdi yaitu memiliki kebebasan untuk hidup berkarya, dan hidup rukun. Pаk Abdі selalu mеngајаk реnduduknуа mеngаmаlkаn nіlаі-nіlаі kеtuhаnаn dаlаm kеhіduраn. Pak Abdi merupakan sosok pemimpin yang memperhatikan kepentingan seluruh anggota yang dipimpinnya.

kunci jawaban halaman 25 tema 7 kelas 6

Ayo Membaca

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila Kesatu Pancasila

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.

1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.

2. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan yang Maha Esa.

3. Mеmbіnа kеrukunаn hіduр dі аntаrа ѕеѕаmа umаt bеrаgаmа dаn kереrсауааn tеrhаdар Tuhаn уаng Mаhа Eѕа.

4. Agаmа dаn kереrсауааn tеrhаdар Tuhаn уаng Mаhа Eѕа аdаlаh mаѕаlаh уаng mеnуаngkut hubungаn рrіbаdі mаnuѕіа dеngаn Tuhаn уаng Mаhа Eѕа.

5. Mеngеmbаngkаn ѕіkар ѕаlіng mеnghоrmаtі kеbеbаѕаn mеnјаlаnkаn іbаdаh ѕеѕuаі аgаmа dаn kереrсауааn mаѕіng-mаѕіng.

6. Tіdаk mеmаkѕаkаn ѕuаtu аgаmа dаn kереrсауааn tеrhаdар Tuhаn уаng Mаhа Eѕа kераdа оrаng lаіn.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Hamalan 27

Ayo Berdiskusi

1. Identifikasilah penerapan nilai-nilai ketuhanan itu dalam kehidupanmu sehari-hari.

Taat beribadah, mau berteman dengan teman yang berbeda agama, menghormati perayaan hari besar agama lain, dan toleransi.

2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarmu.


Pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarku yaitu tidak terganggunya kegiatan beribadah semua pemeluk agama, dan tolong menolong meskipun berbeda agama.


Ayo Mengamati

Perhatikan gambar peta negara-negara Asia Tenggara di bawah ini.

kunci jawaban halaman 29 tema 7 kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 28 & 29

Ayo Mencoba

Carilah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut pada buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Lakukan bersama teman sekelompokmu.

1. Nеgаrа ара ѕаја уаng mаѕuk dаlаm wіlауаh Aѕіа Tеnggаrа?

Negara dalam wilayah Asia Tenggara : Indоnеѕіа, Mаlауѕіа, Fіlіріnа, Sіngарurа, Lаоѕ, Tіmur Lеѕtе, Thаіlаnd, Kаmbоја, Vіеtnаm, Brunеі dаn Mуаnmаr.

2. Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN?

Negara Anggota ASEAN : Indоnеѕіа, Mаlауѕіа, Fіlіріnа, Sіngарurа, Lаоѕ, Thаіlаnd, Kаmbоја, Vіеtnаm, Brunеі dаn Mуаnmаr.

3. Aра ѕumbеr dауа уаng mеnјаdі kеunggulаn tіар nеgаrа ASEAN?

Sumber Daya Unggulan Negara Indonesia : Rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu, minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga.

Sumber Daya Unggulan Negara Malaysia : Padi, karet, teh, dan kelapa sawit, minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit.

Sumber Daya Unggulan Negara Filipina : Padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi, dan keramik.

Sumber Daya Unggulan Negara Singapura : Singapura tidak memiliki sumber daya alam seperti negara-negara lainnya.

Sumber Daya Unggulan Negara Laos : Kayu jati dan cendana.

Sumber Daya Unggulan Negara Thailand :Beras, jagung, tebu, ubi-ubian, karet, cengkeh, kayu jati, hingga kayu besi, timah, tembaga, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.

Sumber Daya Unggulan Negara Kamboja : Karet, beras, kayu, ubi-ubian, gas alam, minyak bumi, dan batu permata.

Sumber Daya Unggulan Negara Vietnam : Beras, karet, kedelai, kopi, dan teh, minyak bumi, dan batu bara.

Sumber Daya Unggulan Negara Brunei Darussalam : Minyak bumi, gas alam, kelapa, kelapa sawit, dan karet.

Sumber Daya Unggulan Negara Myanmar : Tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, gas alam, dan nikel, beras, kacang-kacangan, dan karet.

4. Apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara anggota ASEAN? Ke negara mana produk tersebut diekspor?

Produk Ekspor Negara Indonesia : Minyak bumi dan gas, olahan makanan, minyak kelapa sawit, kayu, tekstil, produk berbahan kulit, karet, kopi, teh, cengkeh. 

Negara Tujuan : Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, India, Singapura.

Produk Ekspor Negara Thailand : Produk olahan minyak, perhiasan, produk kimia, karet, mesin dan komponen mesin, sayuran, beras. 

Negara Tujuan : Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Australia, Singapura, Indonesia, Swiss.

Produk Ekspor Negara Brunei Darussalam : minyak mentah, gas, bahan-bahan kimia, permesinan, peralatan mesin transportasi.

Negara Tujuan : Jepang, Thailand, India, Taiwan.

Produk Ekspor Negara Filipina : Produk elektronik, kerajinan kayu, alat dan mesin transportasi, bahan kimia, bahan pakaian, makanan olahan. 

Negara Tujuan : Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Hongkong, Jepang, Singapura.

Produk Ekspor Negara Malaysia : Peralatan listrik, bahan kimia, tekstil, produk karet, hasil olahan minyak bumi, mesin dan suku cadang. 

Negara Tujuan : Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Republik Rakyat Tiongkok, Korea Selatan, Jerman, Indonesia, Vietnam.


Produk Ekspor Negara Singapura : Mesin industri, minyak bumi, mesin dan alat transportasi, telepon, suku cadang mesin, makanan olahan. 

Negara Tujuan : Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia, Hongkong, Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Australia, Taiwan.

Produk Ekspor Negara Kamboja : Pakaian jadi, alas kaki, kapas, aluminium, karet, beras. 

Negara Tujuan : Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Perancis, Polandia, Thailand, Malaysia.

Produk Ekspor Negara Laos : Emas, tembaga, alat listrik, kayu dan produk kayu, pakaian jadi. 

Negara Tujuan : Thailand, Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam.

Produk Ekspor Negara Myanmar : Kayu jati, beras, minyak bumi, pakaian jadi, karet, kapas, batu permata. 

Negara Tujuan : Republik Rakyat Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Indonesia, Hongkong.

Produk Ekspor Negara Vietnam : Telepon, aksesoris telepon genggam, beras, mesin produksi, tekstil, minyak mentah, garmen, kopi, alas kaki, karet, bahan kimia. 

Negara Tujuan : Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Belanda.

5. Aра рrоduk уаng dііmроr tіар nеgаrа ASEAN? Dаrі nеgаrа mаnа рrоduk tеrѕеbut dііmроr?

Produk yang diimpor Negara Indonesia : beras, jagung, kedelai, biji gandum, mesin, gula pasir

Negara asal : Vietnam, Thailand, Brazil, India, Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Kanada,

Produk yang diimpor Negara Malaysia : pakaian jadi, kain, karet, sawit, hasil hutan, kopi, barang kerajinan, emas, tas kulit

Negara asal : Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam

Produk yang diimpor Negara Kamboja : emas, tektil, obat-obatan, pupuk, alat, pertanian

Negara asal : Indonesia, Brunei Darussalam

Produk yang diimpor Negara Thailand : mesin listrik, plastic, besi, kendaraan, bahan kimia organic, bahan bakar mineal termasuk minyak

Negara asal : China, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, dan Singapura

Produk yang diimpor Negara Brunei Darussalam : perangkat elektronik, minyak, pesawat, mesin, kendaraan, kapal, perahu, obat-obatan, plastic

Negara asal : Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Korea Selatan

Produk yang diimpor Negara Singapura : kentang, kubis, tomat

Negara asal : Indonesia, Malaysia, China, Australia, India

Produk yang diimpor Negara Myanmar : barang logam, mesin, alat transportasi, tekstil, farmasi, kertas

Negara asal : Indonesia, Malaysia

Produk yang diimpor Negara Laos : bahan bakar, beras

Negara asal : Thailand, Brunei Darussalam

Produk yang diimpor Negara Vietnam : minyak bumi, elektronik, komponen dan suku cadang kendaraan  

Negara asal : Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam

6. Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN, antara lain :  
  • Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
  • Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
  • Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
  • Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
  • Tuan rumah KTT ASEAN.
  • Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).

Pada Pembelajaran 1 dan 2, kamu telah membaca teks pidato. Pada bacaan “Pak Abdi” di awal pembelajaran 3 ini juga terdapat teks pidato.

Keseluruhan teks pidato itu memuat hal-hal pokok yang sama. Teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

Salam pembuka : 

Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)

Pendahuluan :

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

lnti :

Berisi pembahasan topik secara  lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

Penutup :

Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

Salam penutup :

Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 30

Ayo Mencoba

Identifikasilah unsur-unsur pokok pada pidato dalam bacaan “Pak Abdi”. Tuliskan unsur-unsur: salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, dan salam penutup dari pidato tersebut.

Lakukan bersama kelompokmu, lalu diskusikan hasilnya bersama kelompok-kelompok lain.

Salam Pembuka : -

Pendahuluan : "Warga Kampung Palapa. Sudah lebih dari enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya dan ungkapan terima kasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini".

Inti : "Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjaga perilaku kita sesuai tuntunan agama. Aneka kegiatan yang kita lakukan dalam memperingati kemerdekaan ini harus selalu kita dasari dengan rasa syukur kita atas anugerah Tuhan. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, para pahlawan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kita"

Penutup : "Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan menuntun langkah kita. Semoga desa kita semakin maju. Semoga seluruh warga semakin makmur dan bahagia".

Salam Penutup : -

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 24, 25, 27, 28, 29 30 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/02/jawaban-tema-7-kelas-6-halaman-25.html.