Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 70, 71, 73.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Amatilah kegiatan ekonomi di lingkungan sekitarmu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut?

Jika dicermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula kegiatan ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

1. Usaha Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

kunci jawaban halaman 70 tema 8 kelas 5

2. Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

kunci jawaban halaman 71 tema 8 kelas 5

3. Usaha Jasa

Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

kunci jawaban halaman 73 tema 8 kelas 5

4. Industri Kecil

Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

kunci jawaban halaman 74 tema 8 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 70

Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 70

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 71

Ayo Berkreasi

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan.

1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis.

2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama.

3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis.

4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:
  • Nama jenis usaha
  • Sumber gambar.

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 halaman 71
Pertanian

jawaban tematik kelas 5 tema 8 halaman 71
Jasa

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 71
Industri Kecil

Ayo Membaca

Desa Unik di Bali

Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Salah satu daya tarik Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut.

Desa Tenganan

Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali.

Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 73

Desa Trunyan

Desa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini adalah tradisi pemakamannya.

Pada masyarakat Hindu Bali, jenazah orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben.  Namun,  di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 74

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi.

Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh karena itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 subtema 2

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 73

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali"?

Keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali" :
  • Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali.
  • Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
  • Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan.

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Jawaban siswa dapat bervariasi tergantung tempat tinggal siswa masing-masing.

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Bersikap toleransi dan menghormati terhadap keragaman sosial budaya masyarakat di Indonesia.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/04/kunci-jawaban-buku-siswa-tema-8-kelas-5-halaman-70.html.