Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018


Selamat berjumpa sahabat sanjayaops dimanapun berada, pada kesempatan ini sanjayaops akan berbagi informasi tentang teknik dan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013. pada tahun 2018 untuk pembelajaran k13 jenjang SD/MI terdapat revisi pada buku guru dan buku siswa kelas 3 dan kelas 6, sedangakan untuk kelas 1, 2, 4 dan 5 masih menggunakan revisi 2017. Kata kunci untuk review artikel ini adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, kurikulum 2013. selamat membaca.

Judul : Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018
Link : Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018

Rekomendasi Bacaan

Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018
Penilaian dilakukan secara autentik untuk melihat kemajuan berlajar siswa yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan (lebih lanjut dapat dilihat pada Permendikbud Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan menengah).

I. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Penilaian sikap (KI-1 dan KI-2) dimaksudkan sebagai penilaian terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Penilaian sikap ditujukan untuk membina perilaku sesuai budipekerti dalam rangka pembentukan karakter siswa sesuai dengan proses pembelajaran.

Sikap spritual (KI-1) meliputi kegiatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan toleransi dalam beribadah. Sikap Sosial (KI-2) meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri.

1. Observasi
Penilaian sikap dilakukan oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan budipekerti serta guru PJOK. Sikap dan peerilaku keseharian siswa diamati dan direkam melalui teknik observasi. Aspek sikap dan perilaku yang diobservasi dapat disesuaikan dengan kegiatan pada saat itu. Untuk memudahkan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial, guru fokus mengamati 5-10 siswa setiap harinya. Hasil observasi ditulis dalam jurnal hasil observasi.

Lembar Jurnal Observasi Sikap Spiritual (KI-1)


Lembar Jurnal Observasi Sikap Sosial (KI-2)


Hasil penilaian sikap direkap setiap selesai satu tema oleh guru. Guru kelas dan guru mata pelajaran membahas data penilaian sikap sekurang-kurangnya dua kali dalam satu semester. Hasil pembahasan akan menjadi panduan dalam penyusunan deskripsi penilaian sikap peserta didik.

2. Penilaian Diri (Self Assesment)
Penilaian diri digunakan untuk memberi penguatan (reinforcement) terhadap kemajuan belajar siswa. Penilaian diri memberi peluang kepada siswa memonitor, memberi penilaian dan mengevaluasi perkembangan sikapnya sendiri. Dengan demikian siswa diharapkan dapat memiliki karakter yang baik.

Contoh format penilaian diri aspek sikap spritual:


Contoh format penilaian diri aspek sikap sosial:


II. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan siswa yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan test tertulis, lisan, dan penugasan.

1. Test Tertulis
Test tertulis adalah test yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan dan uraian. Contoh penilaian test tertulis:

Tuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh :
Contoh :
1. 1.100 dibaca seribu seratus.
2. 2.200 dibaca dua ribu dua ratus.
a. 2.250 dibaca . . .
b. 3.300 dibaca . . .
c. 4.700 dibaca . . .
d. 5.650 dibaca . . .
e. . . . . . dibaca sembilan ribu
f. . . . . . dibaca seribu tujuh ratus
g. . . . . . dibaca dua ribu lima ratus lima puluh
h. . . . . . dibaca sepuluh ribu.
Jumlah soal 8
Nilai maksimal 10
Cara menilai : (Jumlah benar / 8) x 10

2. Test Lisan
Test lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan secara lisan dan siswa merespon pertanyaan tersebut secara lisan. test lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri dan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

3. Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut dapat dilakukan di sekolah, di rumah atau di luar sekolah.

III. PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilaian kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat dan deskripsi.

1. Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assesment) adalah penilaian yang menuntut siswa mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya kedalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan.

Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik, misalnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi.Penilaian produk maupun penilaian praktik dapat dilakukan melalui observasi menggunakan rubrik dengan skala penilaian tertentu.

Contoh Rubrik penilaian menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding.


Instrumen Penilaian Kegiatan Menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding


2. Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan rekaman penilaian autentik yang memperkuat kemajuan dan kualitas pekerjaan peserta didik. Penilaian portofolio berupa kumpulan dokumen yang berisi penilaian prestasi belajar, penghargaan, karya peserta didik dalam bidang dan kurun waktu tertentu. Portofolio dapat berbentuk buku berukuran besar, album berisi foto, audio, vidio, stopmap/bantek yang berisi kumpulan tugas dan buku kerja peserta didik.

IV. PEMANFAATAN DAN TINDAK LANJUT PENILAIAN
Hasil analisis penilaian pengetahuan dan keterampilan menjadi dasar penentuan tindak lanjut program yang dibutuhkan peserta didik. Bagi peserta didik yang nialainya belum mencapai KKM akan mendaapatkan remidial. Peserta didik yang telah mencapai nilai KKM atau lebih akan mendapatkan pengayaan.

Sumber : Buku Guru Kelas 3 Semester I Revisi 2018

Demikian Informasi Tentang Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018Terima kasih sudah membaca artikel tentang penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan k13 SD/MI, semoga artikel ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru yang menerapkan kurikulum 2013 serta pembaca semuanya dimanapun berada.


Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018. Link Artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/06/instrumen-penilaian-kurikulum.html.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel