Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor

Sanjayaops.Com - Materi Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor Kelas 5 SD/MI Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 12 Kurikulum 2013.

Mengenal Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 12345671. . Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.

Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

a. Tangga nada diatonis mayor 

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.
tangga nada diatonis mayor
Tangga Nada Diatonis Mayor

b. Tangga nada diatonis minor 

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 - 1 /2-1-1- 1 /2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

Baca juga :

1. Tangga nada minor asli 

Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.
tangga nada diatonis minor
Tangga Nada Minor Asli

2. Tangga nada minor harmonis 

Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.
tangga nada minor harmonis
Tangga Nada Minor Harmonis

3. Tangga nada minor melodis 

Tangga nada minor melodisadalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.
tangga nada minor melodis
Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria.

Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih.

Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

Demikian Artikel yang Berjudul Mengenal Tangga Nada

Terima kasih sudah membaca artikel yang membahas materi kelas 5 SD/MI tema 9 tentang tangga nada diatonis mayor dan diatonis minor, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.

0 Response to "Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Merupakan suatau keindahan bisa berbagi ilmu dengan sesama.