Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 105, 106, 107


kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 3 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 105, 106, 107 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 101, 102, 105, 106, 107.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1

Persatuan akan memperkuat tekad sehingga menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Hari ini kamu akan belajar tentang persatuan yang membuahkan hasil sesuai harapan.

Ayo Membaca

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras.

Sebagai pelajar, kamu dapat bersatu dalam diskusi saat belajar di dalam kelas. Persatuan yang memperteguh tekad dalam mencapai tujuan telah dicontohkan oleh para pejuang.

Proklamasi Indonesia, sebagai tonggak kemerdekaan Indonesia, merupakan wujud dari persatuan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia dicapai setelah melalui perjalanan panjang para pejuang bangsa melawan penjajah. Persatuan yang kuat memperteguh tekad mereka untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Keteguhan hati dalam mewujudkan persatuan dapat dicontoh dari seorang pemuda di masa Proklamasi Kemerdekaan.

Amatilah tulisan berikut!

kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 3 bersatu kita teguh

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu!

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto.

Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto. Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 101

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku?

Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!

Kata-kata pada teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi termasuk kata-kat baku karena penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Tahukah kamu tentang kata baku? Bacalah penjelasan singkat berikut!

Kata Baku

Kata baku digunakan dalam situasi resmi, Penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

kunci jawaban buku paket siswa kelas 6 tema 2

Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!

Kata-kata pada teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi termasuk kata-kat baku karena penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Diskusikan jawabanmu dengan gurumu!

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 102

Bacalah teks sekali lagi. Temukan informasi penting dan tulis pada peta pikiran berikut!

Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku.

Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 halaman 102

Alternatif Jawaban :

Apa : BM Diah adalah Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan yang mengambil naskah asli teks proklamasi dari tong sampah dan disimpannya.

Mengapa : BM Diah menilai bahwa teks asli proklamasi yang telah dibuang di tong sampah tersebut memiliki sejarah tinggi.

Siapa : BM Diah

Bagaimana : Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Kapan : 19 Mei 1992 pukul 10.30

Di Mana : Teks asli proklamasi yang diambil dari tong sampah dikembalikan ke Presiden Suharto dan di simpan oleh Arsip Nasional.

Bacakan tulisanmu di depan kelompokmu! Mintalah mereka untuk memperhatikan kata baku dan kalimat efektifnya!

Catatlah masukan dari teman dan gurumu! Perbaikilah tulisanmu apabila perlu!

Ayo Mengamati

Hari libur, Dayu dan teman-temannya berjalan mengelilingi perumahan. Mereka melihat sekelompok orang sedang menanam pohon di lingkungannya. Banyak tanaman yang harus mereka tanam. Dalam waktu singkat, seluruhnya tertanam dengan rapi. Dayu dan teman-temannya kagum dengan warga tersebut. Mereka bersatu menjaga lingkungan dengan menanam pohon.

Tanaman sangat berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk membersihkan udara. Banyak penduduk Indonesia memanfaatkan tanaman sebagai pagar. Berikut adalah salah satu contohnya.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Beluntas adalah tumbuhan semak. Tumbuhan ini bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu banyak. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering, tanah keras, dan berbatu. Tingginya bisa mencapai tiga meter. Dengan habitat dan ciri fisiknya tersebut, beluntas banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Banyak rumah-rumah menggunakan beluntas sebagai pagar hidup.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 persatuan dalam perbedaan subtema 3

Selain tumbuhan, hewan juga berguna bagi kehidupan manusia. Bacalah teks berikut! Kamu akan mendapat informasi manfaat suatu hewan terkait habitatnya.

Keong sawah atau tutut hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur. Keong sawah banyak hidup di sawah, rawa-rawa, pinggir danau, dan pinggir sungai kecil.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 k13 revisi 2018

Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.

Bacalah informasi berikut!

Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan

1. Penghasil bahan pangan

Manusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Penghasil bahan sandang

Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.

3. Penghasil bahan kerajinan

Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.

4. Penghasil pupuk organik

Kotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.

5. Penghasil tenaga

Tenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu.Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan

1. Bahan makanan

Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji.

2. Bahan sandang

Serat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.

3. Bahan bangunan

Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

4. Bahan obat

Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat. Jahe untuk mengobati batuk. Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal. Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Bahan baku indsutri

Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia.
  • Getah karet digunakan dalam pembuatan ban.
  • Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat.
  • Kayu pinus digunakan dalam industri kertas.
  • Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Bahan perwarna alami

Tanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.

7. Menjaga kualitas air

Tanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 105

Dalam kelompok, berjalanlah mengelilingi halaman atau lingkungan sekolah. Pilihlah satu jenis tanaman dan hewan! Amatilah habitatnya! Tulislah manfaat hewan dan tumbuhan tersebut bagi kehidupan manusia!


Diskusikanlah hasil pengamatanmu dengan teman sebelahmu! Apa yang kamu temukan berbeda dengan hasil pengamatanmu?

Tulislah informasi pada tabel dalam bentuk tulisan!

Ayo Berdiskusi

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Merdeka dari segala bentuk penjajahan. Setiap warga negara berhak untuk menikmati kemerdekaan tersebut, namun berkewajiban pula untuk menjaga kemerdekaan.

Kemerdekaan yang diraih dapat mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera karena mereka bebas berkarya dan menambah wawasannya.

Amatilah gambar berikut!

Gambar tersebut mencerminkan rakyat yang sejahtera. Mereka menikmati kemerdekaan dengan memperoleh kebebasan dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh pendidikan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 106

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?

Petani dan pedagang memperoleh kebebasan dalam melakukan pekerjaannya. 

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?

Pelajar memperoleh kebebasan dalam memperoleh pendidikan.

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera?

Bersatu menjaga kemerdekaan, terus berkarya dan menambah wawasan.

Diskusikan jawabanmu dengan kelompokmu!

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 107

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar!

Disiplin, rajin belajar, membaca buku di perpustakaan.

Sampaikan hasilnya kepada teman di sebelahmu!

Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya sejahtera. Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajiban kita agar tujuan tercapai.

Negara yang sejahtera dapat terwujud apabila rakyatnya bersatu bekerja keras mencapai tujuan.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 105, 106, 107

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 3 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 105, 106, 107 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-halaman-102.html.