Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68


kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya

Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan. Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia.

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Ayo Membaca

Si Kotak Ajaib

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”.

Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 62

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 halaman 62

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Topik Masalah
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu televisi.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara.


Paragraf 3 : Deret Penjelas
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan Pesan/Pendapat Pribadi Penulis
Penemuan televisi dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 63

Perhatikan penggalan-penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut.

Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 63

Kalimat tersebut akan didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

Televisi adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang pengaruh televisi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 64

Ayo Berdiskusi

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut?

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut :

pengaruh positif dan negatif televisi terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 65

Ayo Mengamati

Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah.

Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!

Belajar, mengerjakan PR, menyiapkan perlengkapan sekolah untuk esok hari lebih dulu sebelum menonton TV, dan mematikan televisi setelah digunakan.

Seperti halnya televisi yang menggunakan sumber energi listrik. Lampu-lampu di rumah kalian juga menggunakan energi listrik. Sekarang kamu akan kembali menemukan cara membuat rangkaian paralel lampu sederhana menggunakan energi baterai.

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya.

Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana.

Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.

Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu paralel yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan beragam.

Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana.

Rangkaian Paralel

Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.

gambar rancangan lampu paralel sederhana

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 66

kunci-jawaban-tematik-kelas-6-tema-3-halaman-66

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.

Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut!

Ikuti panduan keselamatan kerja pada pembelajaran sebelumnya, selama kamu melakukan percobaan!

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 67 dan 68

Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat. Cermati pertanyaan berikut!
1. Apakah lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik?

Ya, lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik.

2. Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain. Analisis penyebab perbedaan tersebut.

Ada beberapa lampu pada rangkaian milik teman yang menyala lebih terang dan ada juga yang lebih redup, hal ini dikarenakan ada perbedaan jumlah dan ukuran baterai yang digunakan.

3. Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian milik teman yang menyala . Temukan kesalahannya dan perbaiki.

Jawaban nomor 3 di sesuaikan dengan kondisi rangkaian paralel milik teman-teman mu, jika semuanya menyala maka soal nomor 3 tidak perlu diisi.

4. Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan, kemudian temukan permasalahannya.

Lampu mudah putus disebabkan oleh besarnya arus listrik yang dihasilkan oleh baterai, cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah baterai yang digunakan.

Ayo Menulis

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!

laporan percobaan membuat rangkaian paralel sederhana halaman 67

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-62.html.