Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 5 tepatnya terdapat pada halaman 85, 86, 87, 90.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 5 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 5 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 85

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 halaman 85

Perhatikanlah gambar di atas.

1. Menunjukkan peristiwa apakah gambar di atas?

Gambar tersebut menunjukkan peristiwa kekeringan.

2. Pernahkah daerahmu mengalami peristiwa seperti pada gambar itu?

(Jawaban siswa bisa bervariasi)

3. Apa yang dapat kita lakukan dalam menghadapi peristiwa seperti pada gambar?

Dalam menghadapi kekeringan kita dapat melakukan beberapa hal, antara lain berdoa kepada Tuhan supaya segera turun hujan, menghemat pemakaian air, dan mendaur ulang pemakaian air, misalnya air bekas mencuci bahan makanan digunakan untuk menyiram tanaman.

Ayo Membaca

Tari Suling Dewa

Air merupakan sumber kehidupan. Ketika hujan tidak turun dalam waktu lama, bencana kekeringan dapat melanda suatu daerah. Saat itu banyak kegiatan manusia terganggu karena berkurangnya air bersih akibat kekeringan.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 86

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menghadapi bencana kekeringan, misalnya di Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ketika musim kemarau tiba, para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan melakukan ritual lewat tarian yaitu Tari Suling Dewa. Tarian tersebut merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 86

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Tari Suling Dewa” tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut.

kunci jawaban halaman 86 tema 8 kelas 6

1. Dari mana asal Tari Suling Dewa?

Tari Suling Dewa berasal dari masyarakat Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

2. Kapan dilakukan Tari Suling Dewa?

Masyarakat menarikan Tari Suling Dewa saat kekeringan melanda daerahnya.

3. Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa?

Tari Suling Dewa di lakukan oleh sesepuh adat atau tokoh adat desa bayan.

4. Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa?

Tari Suling Dewa merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan agar hujan segera turun.

5. Mengapa air penting bagi manusia?

Karena air sebagai sumber kehidupan bagi manusia.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 87

Ayo Bercerita

Begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia. Jika siklus air berputar lancar, ketersediaan air di bumi akan terjaga. Tersedianya air di bumi menjamin berlangsungnya kehidupan.

Pada Pembelajaran 2 kamu mendapat tugas membuat poster tentang dampak siklus air terhadap kehidupan. Kini, presentasikan postermu di hadapan Bapak/Ibu Guru dan teman-temanmu.

kunci jawaban halaman 87 tema 8 kelas 5

Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terusmenerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.

Air juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia, untuk itu kita harus hemat dalam menggunakan air demi selamatkan masa depan bangsa. Cara menghemat air dapat dilakukan dengan cara tidak main air, mandi menggunakan shower, matikan keran air setelah menggunakannya, air sisa mencuci piring dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan membersihkan kloset, menggunakan sedikit deterjen pada saat mencuci juga dapat menghemat penggunaan air.

Demikianlah presentasi kami tentang poster dampak siklus air bagi kehidupan, kami persilakan kepada teman-teman lainnya untuk menanggapi atau memberikan pertanyaan atas presentasi yang sudah kami sampaikan.

Tari Suling Dewa merupakan sarana bagi masyarakat Lombok Utara untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diturunkan hujan. Apa saja tari daerah yang kamu ketahui?

Ayo Membaca

Seni Tari di Indonesia

Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian daerah di Indonesia.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 90

Setiap tari daerah tersebut mempunyai pola lantai yang menjadi ciri khusus. Berikut pola lantai Tari Seudati dari Aceh.

kunci jawaban halaman 90 tema 8 kelas 5

Penyajian tari lebih lengkap dengan iringan. Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukan tari. Ada iringan tari yang berasal dari tubuh manusia. Ada juga iringan tari yang berasal dari berbagai alat musik benda yang dimainkan.

Iringan tari yang berasal dari tubuh manusia misalnya tepukan tangan, hentakan kaki, dan suara-suara dari mulut (siulan atau nyanyian).

Iringan tari yang menggunakan alat musik ada yang berupa alat musik tradisional dan ada juga yang berupa alat musik modern.

kunci jawaban halaman 85 tema 8 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 90

Ayo Mencoba

Pilihlah salah satu video tari daerah. Amati baik-baik pola lantai dan gerakan penari. Selanjutnya, peragakan gerakan tarian dengan pola lantai yang sama.

Berlatihlah memperagakan gerakan tari dengan iringan tari yang ada di sekitarmu, kemudian gambarlah pola lantainya.

Ayo Renungkan

Dari pelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu. Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku adalah air itu penting bagi kehidupan manusia, ada beberapa daerah yang meiliki tarian khusus sebagai permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diturunkan hujan. Selain itu aku juga memiliki keterampilan dalam mempergakan tarian daerah dan juga mampu membuat dan mempresentasikan poster dampak siklus air bagi kehidupan.

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik adalah menggunakan air dengan hemat, mempelajari gerakan dan pola lantai tarian yang ada di daerah ku mapun tarian dari daerah lainnya.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-85.html.