Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81


kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 77

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Bumiku Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 77, 78, 79, 80, 81.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 Kelas 6 pada Subtema 2 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga : 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4

Sangat menarik, ya, belajar tentang negara-negara tetangga Indonesia.

Belajar tentang kondisi alam dan kondisi sosial budaya negara- negara tetangga dapat membuka wawasan kita. Ayo, kita pelajari kondisi sosial budaya negara Vietnam dan Thailand.

Keadaan Sosial Budaya Vietnam

Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Keadaan Sosial Budaya Thailand

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 77

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

kunci jawaban tematik tema 8 kelas 6 halaman 77

Kondisi Geografis Vietnam :
Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km2. Daerahnya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. 

Kondisi Sosial Budaya Vietnam : 

Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya  :
Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. 

kunci jawaban buku siswa tema 8 kelas 6 halaman 77

Kondisi Geografis Thailand :

Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan Tanah Genting Kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan Sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis.

Kondisi Sosial Budaya Thailand :

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya. 

Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya  :

Daerah yang menjadi pusat kegiatan masyarakat thailand berupa dataran rendah di daerah aliran Sungai Chao Phraya.

Ayo Membaca

Bacalah Bacaan dibawah ini!

Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan!

Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara

Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Tiga negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Kamboja, menjadi contoh dalam penelitian ini untuk melihat pembangunan sektor pertanian. Bagi ketiga negara tersebut, sektor pertanian adalah ‘kunci’ perekonomian mereka dari waktu ke waktu. Sektor pertanian mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat dan sangat berarti untuk menopang perekonomian negara di Asia Tenggara. Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand mengibaratkan “agriculture is the human life” (RRI & DOA, 2004: 30), yang dapat diartikan bahwa kehidupan masyarakat sangat bergantung pada sektor pertanian.

Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Di Thailand, misalnya, dari tahun 2001 sampai dengan 2006, sektor pertanian menyerap 38% sampai dengan 39% dari seluruh total tenaga kerja (Encyclopedia of the Nations, 2001; Library of Congress, 2007). Sektor ini pun telah berjasa dalam menyerap tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika krisis ekonomi regional melanda Thailand pada tahun 1997-1998. Sementara itu, Kamboja Data World Bank (2005) menyebutkan bahwa sekitar 75%-85% penduduk bekerja pada sektor pertanian.

Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Ketiga negara ini mempunyai kelebihan sumber daya alam, antara lain terdapatnya kawasan subur untuk budidaya tanaman padi, seperti di Delta Sungai Mekong. Sebagai penghasil beras yang utama, kawasan Delta Mekong ini seringkali disebut sebagai “rice bowl”. Produksi pertanian di negara negara yang termasuk dalam kawasan DAS Mekong menjadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan penduduknya, dan juga untuk ekspor. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam.

Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami. Di Vietnam dan Kamboja sebagai contoh, produksi beras sempat menurun ke level terendah ketika kedua negara ini masing-masing mengalami perang saudara. Perang telah membuat rusaknya lahan pertanian dan infrastruktur penunjang, seperti saluran irigasi. Setelah perang berakhir, produksi beras perlahan pulih dan bangkit.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 78 & 79

Ayo Berlatih

Dari bacaan di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan?

Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan.

Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.


Gagasan Utama : Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. 

Kata Kunci :
  • Pertanian
  • Perekonomian Negara
  • Kawasan Asia Tenggara

Ringkasan Bacaan : Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami.

Bekerjalah bersama dengan temanmu. Masing-masing membuat lima pertanyaan dari bacaan "Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara."

Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan pertanyaan yang temanmu buat. Jawablah pertanyaan tersebut, kemudian periksalah jawabannya. Gunakan bacaan sebagai acuan untuk memeriksa jawaban.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 80

Ayo Mengamati

Kita telah mempelajari keadaan alam dan sosial budaya beberapa negara di Asia Tenggara. Setiap negara memiliki keunikan masing-masing, namun ada satu persamaan yang dimiliki oleh negara-negara tersebut yaitu kebutuhan rakyatnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.

Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi pasal di atas?

Pesan yang didapatkan dari bunyi pasal di atas adalah warga negara berhak untuk mendapatkan pekerjaan guna memenuhi kebutuhannya. 

Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang layak?

Ya.

Kalimat yang manakah yang menyatakan hal tersebut?

"..... mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut"

Amatilah lingkungan sekitarmu.

Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak!

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak :
  • Mendaur ulang sampah menjadi kompos dan barang-barang yang bernilai ekonomi.
  • Belajar dengan sungguh-sungguh supaya menjadi anak yang berprestasi.
  • Bekerja, berdagang atau membuka usaha sendiri.
  • Mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?

Yang akan terjadi apabila warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya adalah sulit untuk tercapainya kehidupan yang layak bagi warga negara tersebut.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-6-halaman-77.html.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81"

Posting Komentar