Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Informasi Lengkap Tentang Sebuah Sekolah Negeri dan Swasta di Seluruh Wilayah Indonesia

 sekolah-kita-kemendikbud 
Selamat berjumpa kembali pembaca setia sanjayaops dimanapun berada. Kali ini kita akan membahas cara mengetahui informasi sebuah sekolah dasar negeri dan swasta di indonesia. Memasuki tahun ajaran baru biasanya seorang operator sekolah tidak hanya disibukan dengan permasahan data peserta didik baru yang akan dimasukan ke aplikasi dapodikdasmen kemendikbud. Ada beberapa hal lain yang menjadi rutinitas operator sekolah saat memasuki tahun pelajaran baru, salah satunya adalah mutasi siswa. Baik data siswa mutasi keluar ataupun data siswa yang mutasi masuk ke sekolah kita, yang menjadi problem terhadap data siswa mutasi adalah alamat sekolah. Misalnya pada saat meminta surat keterangan rekomendasi untuk di terima di sebuah sekolah dasar negeri atau swasta terkadang Orang Tua / Wali siswa yang ingin melakukan mutasi anaknya hanya menyebutkan nama sekolah asal tanpa menyertakan alamat lengkap sekolah tersebut dan terkadang meski membawa buku rapor dari sekolah asal, alamat sebuah sekolah tersebut dirasa masih belum lengkap.
Selain berguna untuk kepentingan dari dalam (piha sekolah), mencari informasi tentang sekolah dasar negeri dan swasta di wilayah indonesia juga dapat dimanfaatkan oleh orang tua / wali siswa, misalnya ingin memutasikan anaknya ke sebuah sekolah negeri atau swasta di wilayah tertentu bisa menggunakan cara ini untuk mencari tau tentang informasi sekolah dasar negeri atau swasta untuk selanjutnya dijadikan refrensi sekolah tujuan mutasi.

Nah, sebagai seorang operator sekolah kita harus memiliki alternatif tersendiri agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan informasi sebuah sekolah, baik itu tentang alamat, NPSN, nama kepala sekolah, sekolah tersebut merupakan sekolah dasar negeri atau bukan. Berdasarkan uraian singkat tersebut dan ditambah pengalaman pribadi saya sebagai operator sekolah yang menjadi ide saya untuk berbagi informasi cara mengetahui data lengkap tentang sebuah sekolah dasar negeri atau swasta di Indonesia.

Untuk bisa mengetahui informasi sebuah sekolah, baik itu sekolah dasar negeri maupun swasta di wilayah Indonesia. Kemendikbud sudah menyiapkan sebuah situs yang bisa diakses secara publik, yaitu sekolah kita. Apa saja yang bisa dilakukan dalam situs SEKOLAH KITA? Mencari sekolah sekitar wilayah. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan wilayah, jenjang (misalnya jenjang sekolah dasar negeri), status akreditasi sekolah. Adapun fitur sekolah kita yang membantu mengetahui sekolah-sekolah sekitar tempat kita berada atau wilayah tertentu dengan radius 3 km, 5 km atau 10 km.
Melihat Profil Sekolah Berisi tentang gambaran umum sekolah, yaitu jumlah siswa, guru, sarana prasarana, akreditasi, hasil UN tahun sebelumnya, alamat, lokasi dan foto sekolah. Pada data profil sekolah yang muncul merupakan data verifikasi (misalnya data update oleh sekolah dasar negeri atau swasta melalui mekanisme pengelolaan dapodik). Sedangkan data Akreditasi merupakan data hasil pengukuran yang dilakukan BAN-SM, sedangkan data UN oleh Puspendik Balitbang kemendikbud.
Melakukan Perbandingan Sekolah Membandingkan merupakan salah satu cara mencari sekolah yang sesuai untuk anak-anak kita. Untuk membantu orang tua dalam menentukan sekolah yang tepat misalnya perbandingan antara sekolah dasar negeri A dengan sekolah dasar negeri B.
Melihat Peta Sebaran Sekolah Fitur peta sebaran sekolah membantu mengetahui sebaran sekolah di provinsi tertentu dari Sekolah Dasar Negeri maupun swasta, SMP Sederajat, SMA Sederajat, maupun SMK Sederajat.

Memberikan Serta Melihat Saran dan Komentar untuk Sekolah Dalam rangka membangun komunikasi dengan sekolah, situs sekolah kita menyediakan fitur sarana dan komentar yang memungkinkan masyarakat umum, orang tua, guru dan siswa memberikan saran dan komentar kepada sekolah, demi kemajuan dan kelancaran aktivitas belajar mengajar baik di sekolah dasar negeri maupun swasta.

Berdasarkan uraian di atas, situs sekolah kita ini bisa digunakan untuk mencari informasi tidak sebatas sekolah dasar negeri ataupun swasta, namun bisa juga digunakan untuk mencari informasi tentang sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK. Untuk mempermudah tutorial ini, sengaja saya batasi ruang lingkupnya sebatas cara mencari informasi sebuah sekolah dasar negeri dan swasta di wilayah Indonesia. Lalu bagaimana cara kita mencari sebuah informasi tentang sebuah sekolah menggunakan situs sekolah kita, misalnya informasi sebuah sekolah dasar negeri di suatu wilayah?.

Cara Mengetahui Informasi Lengakap Tentang Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Indonesia. Silakan kunjungi situs Sekolah Kita atau KLIK DI SINI. Pilihlah Kabupaten/Kota, Kecamatan, Jenjang Sekolah (Pilih SD jika ingin mengetahui informasi tentang sekolah dasar), Jenjang (silakan pilih negeri untuk informasi sekolah dasar negeri atau pilih swasta untuk menampilkan informasi sekolah dasar swasta atau bisa juga pilih semua), Selanjutnya masukan nama sekolah atau NPSN lalu klik cari sekolah.

cari-sekolah-dasar-negeri

Selanjutnya akan tampil sekolah yang di temukan dari hasil pencarian tersebut. misalnya sekolah dasar negeri A, seperti gambar berikut lalu klik lihat.

alamat-sekolah-sekolah-dasar-negeri 
 
Selanjutnya akan tampil nama sekolah (dalam contoh ini saya menggunakan sekolah dasar negeri), NPSN, Alamat sekolah, nama kepala sekolah, nama operator sekolah, kontak sekolah dan informasi lainnya tentang sekolah tersebut seperti gambar berikut.

informasi-sekolah-dasar-negeri
Setelah membaca uraian dan tutorial di atas, kita menjadi tau bahwa untuk mencari sebuah informasi tentang sekolah di wilayah Indonesia, mulai dari jenjang sekolah dasar negeri atau swasta (SDN/SDS) sampai ke jenjang SMA sederajat bisa kita akses melalui situs sekolah kita yang disediakan oleh kemendikbud sebagai media informasi dan komunikasi kita dengan sekolah di seluruh wilayah Indonesia.