Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6

materi kelas 6 tema 1 selamatkan makhluk hidup

Selamat berjumpa sahabat sanjayaops dimanapun berada, pada kesempatan ini sanjayaops akan share materi pembelajaran kurikulum 2013 tema 1 selamatkan makhluk hidup subtema 1 tumbuhan sahabatku pembelajaran 6. Untuk review artikel ini menggunakan kata kunci materi pembelajaran kurikulum 2013. Selamat membaca.

Judul : Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6
Link : Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6

Rekomendasi Bacaan

Fokus Pembelajaran dan Materi Pokok
Bahasa Indonesia
Teks laporan hasil pengamatan

PPKn
Penerapan nilai-nilai pancasila

Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

Kompetensi Dasar PPKn
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1  Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1  Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
1. Setelah membaca teks laporan, siswa mampu mengumpulkan ide pokok dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu teks  menggunakan kosakata baku.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan rinci.

Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6
Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan hewan di muka bumi ini. Ada beragam jenis tumbuhan yang dapat memberikan sumber energi dan dapat menjaga kesehatan manusia. Dengan adanya sumber energi dari tumbuhan, kamu dapat melakukan aktivitas setiap hari.

Sudahkah kamu membekali tubuh dengan menu sarapan yang sehat tadi pagi? Sarapan sangat penting untuk bekal selama seharian beraktivitas. Kamu dapat memanfaatkan gizi dari tumbuhan melalui makanan yang disantap sehari-hari. Teks berikut memberikan informasi bahwa tumbuhan sangat penting untuk tubuh kita.

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin
tumbuhan sumber karbonhidrat, protein dan vitamin

Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacangkacangan lain.

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

Bacalah teks dalam hati. Temukan ide pokok masing-masing paragraf dan buatlah kesimpulannya.
ide pokok paragraf dan kesimpulannya

Kamu sudah belajar tentang pentingnya tumbuhan bagi kehidupan. Menjaga tumbuhan tidak bisa dilakukan sendiri. Kamu harus bekerja sama dengan teman di sekitarmu untuk menjaganya. Bekerja sama adalah wujud dari penerapan sila Persatuan Indonesia. Tulislah cerita tentang penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan merawat kebun atau taman sekolah.

Buatlah rencana tentang penerapan sila Persatuan Indonesia di sekolah. Isilah tabel berikut terkait rencanamu bekerja sama dengan teman satu kelompok untuk merawat lingkungan sekolah.
penerapan sila ketiga pancasila
Ayo Renungkan
  • Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
  • Bagaimana manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?
  • Sikap apa yang telah kamu terapkan saat bermain Cepat Masuk!’?
  • Bagaimana cara kamu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan beragam jenis tumbuhan?
Demikian informasi tentang Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6
Terima kasih sudah membaca artikel tentang Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6, semoga bermanfaat.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6. Link Artikel https://www.sanjayaops.com/2018/08/materi-selamatkan-makhluk-hidup-subtema-tumbuhan-sahabatku-pembelajaran-6.html