Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Kelas 4 SD Tema 6 dan 7

download soal pas kelas 4 semester 2 pdf tahun 2019 2020

Soal PTS kelas 4 ini bersumber dari materi pembelajaran pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) revisi 2017 semester 2, jadi sangat relevan jika dugunakan sebagai refrensi dalam menyusun soal ulangan atau bahan latihan mengerjakan soal-soal bagi peserta didik sebelum pelaksanaan ujian tengah semester.

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik melalui tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda, isian singkat/esai, dan uraian.

Kegiatan PTS pada kelas tinggi (kelas 4, 5 dan 6) Sekolah Dasar (SD) dilaksanakan dari tema 6 cita citaku sampai tema 7 indahnya keragaman di negeriku.

Hal ini mengacu pada Juknis Penilaian Kurikulum 2013 (K-13) bahwa kegiatan UTS/PTS dilakukan setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu.

Soal PTS atau instrumen disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang dibuat secara terintegrasi.

Pengolahan Nilai Pengetahuan yang diperoleh dari Penilaian Tengah Semester (NPTS), adalah nilai tengah semester yang penulisannya pada rapor siswa menggunakan rentang 0-100.

Pembelajaran pada kelas 4 SD/MI tentunya berbeda dengan kelas 3 dan 6 yang sudah menggunakan buku tematik revisi 2018.

Sebelum menyusun soal, guru harus membuat kisi-kisi penilaian tes tertulis, dengan mencantumkan muatan pelajaran, kompetensi dasar (KD), Indikator Soal, bentuk soal, bobot/skor, kunci jawaban dan nomor soal.

Kompetensi Dasar Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 4 SD

Bahasa Indonesia

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.7  Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
3.3  Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

PPKn

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.4  Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkatkota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.2  Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

Download Soal PTS Kelas 4 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan contoh soal penilaian tengah semester 2 (PTS) kelas 4 SD/MI, ataupun peserta didik yang mencari soal-soal latihan untuk bahan belajar persiapan menghadapi ujian silakan download pada tautan berikut ini:


Soal Ulangan Tengah Semester Tersebut terdiri dari soal pilihan ganda, esai dan uraian yang disusun berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) pada masing-masing muatan pelajaran, hal tersebut untuk mempermudah dalam membuat format analisis soal.

Demikianlah artikel yang berjudul Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Tema 6, 7, Kelas 4 SD

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga soal-soal yang kami bagikan ini bisa menjadi refrensi bagi Bapak/Ibu guru dalam menyusun soal ujian K-13, serta dapat memberikan manfaat bagi peserta didik kelas 4 sebagai sumber belajar sebelum mengikuti kegiatan PTS.

Artikel yang sedang Anda baca ini berjudul Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Tema 6, 7, Kelas 4 SD dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/01/soal-penilaian-tengah-semester-PTS-kelas-4-sd-mi.html.