Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara

Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara
Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara
Sanjayaops.Com - Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 173-174 Tentang Perbandingan Alat Transportasi Air dan Udara serta dampak modernisasi terhadap sistem transportasi air atau udara.

Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara

Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari- hari. Misalnya, pergi ke sekolah menggunakan bus tentunya lebih mudah dibandingkan dulu ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi. Di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang ada. Tujuannya adalah supaya kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah.

Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur. Kapal ini adalah kapal militer yang disebut kapal induk.

Masyarakat pada zaman dulu tidak memiliki transportasi udara. Mungkin zaman dulu transportasi udara yang paling canggih adalah balon udara. Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah angkasa luar dengan menggunakan pesawat angkasa luar.

Perlu ditekankan lagi bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada transportasi saja melainkan pada seluruh bidang kehidupan. Seperti di militer, kesehatan, dan komunikasi. Namun, perkembangan teknologi ini lambat laun memiliki dampak negatif seperti polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor. Kita harus bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini agar dampak yang ditimbulkan dapat diatasi dan dimanfaatkan sisi-sisi positifnya.

Jawaban Halaman 174 Buku Siswa Kelas 6 Tema 9

Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini.

Pilihlah sistem transportasi udara dan air yang akan dibahas oleh kelompokmu.
Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi air dan udara baik dulu maupun sekarang. Gunakakan tabel berikut untuk mencatatnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD
Baca juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9

Jawaban Halaman 175 Buku Siswa Kelas 6 Tema 9

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya pada sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.

Dampak Modernisasi terhadap sistem transportasi Air atau Udara
Dampak Modernisasi terhadap Sistem Transportasi Air atau Udara

Demikian Artikel Tentang Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2018 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.

0 Response to "Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Merupakan suatau keindahan bisa berbagi ilmu dengan sesama.