Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 6 tepatnya terdapat pada halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 6 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak

Pada hari Minggu, 11 Desember 2016 digelar acara Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Acara ini biasa digelar setiap tahun. Tujuan digelarnya acara ini adalah supaya anak Indonesia mengenal keragaman lingkungan dan kebudayaannya.

kunci jawaban halaman 44 tema 8 kelas 5

Saat ini anak-anak dibanjiri dengan permainan digital melalui alat-alat elektronika. Dengan permainan digital itu anak merasa tidak perlu bermain dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, permainan tradisional menjadi jurus ampuh agar anak-anak kembali kepada nilai-nilai kebersamaan. Hal tersebut setidaknya diutarakan Zaini Alif dari Komunitas Hong saat di acara Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia.

Zaini Alif mengatakan, “Permainan tradisional itu aset budaya bangsa yang sekarang mulai ditinggalkan, karena munculnya gadget. Kita tidak antipati

pada gadget, tapi bagaimana menyeimbangkan gadget dengan permainan tradisional, karena permainan tradisional mengajarkan nilai, etika, dan identitas budaya bangsa.”

“Banyak permainan tradisional di Indonesia yang tidak hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya nilai-nilai. Misalnya di Jawa ada permainan dingklik oglak aglik, di Sunda ada perepet jengkol, dan sebagainya. Keragaman itu mengajarkan bagaimana kita toleran atas perbedaan. Jadi perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu bisa menjadi suatu keunggulan,” kata Zaini.

Anak-anak zaman sekarang merupakan generasi emas para pemimpin bangsa di era 100 tahun Indonesia. Kita mengharapkan tiga puluh tahun lagi generasi ini adalah generasi yang dapat mengenali keragaman bangsa, bertoleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44 & 45

Ayo Berdiskusi

Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”.

Peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”:
  • Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.
  • Aanak-anak dibanjiri dengan permainan digital melalui alat-alat elektronika.
  • Permainan tradisional menjadi jurus ampuh agar anak-anak kembali kepada nilai-nilai kebersamaan
  • Permainan tradisional itu aset budaya bangsa yang sekarang mulai ditinggalkan, karena munculnya gadget.
  • Permainan tradisional mengajarkan nilai, etika, dan identitas budaya bangsa.
  • Banyak permainan tradisional di Indonesia yang tidak hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya nilai-nilai yang mengajarkan bagaimana kita toleran atas perbedaan.
  • Anak-anak zaman sekarang merupakan generasi emas para pemimpin bangsa di era 100 tahun Indonesia. 
  • Dengan Permainan Tradisional diharapkan Anak-anak menjadi generasi yang dapat mengenali keragaman bangsa, bertoleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?

Keragaman pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”: Keragaman Budaya Bangsa.

3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?

Sikap yang dapat saya tiru dari teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”: Sikap mencintai keragaman budaya bangsa, toleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional?

Tindakan yang dapat saya lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional : Mengikuti festival permainan tradisional anak, menyeimbangkan penggunaan gedget dan permainan tradisional.

Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Permainan Perepet Jengkol

Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Permainan Perepet Jengkol Permainan dhingklik oglak aglik serupa dengan permainan perepet jengkol. Keduanya merupakan permainan tradisional anak. Permainan dhingklik oglak aglik dimainkan di Jawa Tengah dan permainan perepet jengkol dimainkan di Jawa Barat.

kunci jawaban halaman 47 tema 8 kelas 5

Permainan ini dilakukan dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3-5 anak. Semua anggota berdiri melingkar saling membelakangi dan berpegangan tangan. Kaki kanan atau kaki kiri setiap anggota kelompok lalu saling bertautan.

Kemudian, dengan satu kaki yang menapak, mereka bergerak melingkar sambil menyanyikan lagu daerah. Kelompok yang paling lama mempertahankan tautan kaki sambil bergerak akan menjadi pemenang. Berikut lagu yang dinyanyikan di Jawa Tengah.

Pasang dhingklik oglak aglik

Yen keceklik adang gogik,

Yu yu mbakyu mangga dhateng pasar blanja,

Leh olehe napa,

Jenang Jagung, enthok-enthok jenang jagung,

enthok-enthok jenang jagung,

enthok-enthok jenang jagung.

Berikut lirik lagu yang dinyanyikan di Jawa Barat.

Perepet jengkol jajahean

Kadempet kohkol jejeretean

Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 47

Tugas :

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.

a. Apa yang kamu rasakan?

Alternatif jawaban untuk masing-masing siswa berbeda-beda, tergantung yang siswa rasakan pada saat memainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol.

b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?

Permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol mengajarkan nilai-nilai toleran atas perbedaan. Jadi perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu bisa menjadi suatu keunggulan.

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu? Nilai-nilai yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol:

Alternatif jawaban di sesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah siswa.

3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.

Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu. Pengalamanku bermain permainan tradisional _________________ :

Alternatif jawaban di sesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah siswa.


Keragaman sosial dan budaya di Indonesia ini menjadikan Indonesia kaya. Sepatutnya kita mensyukuri keragaman dan keadaan negara kita.

Lagu berikut merupakan ungkapan syukur kita kepada Tuhan. Ayo, menyanyi bersama.

Ayo Mengamati

Amati baik-baik notasi lagu “Syukur” ini.

kunci jawaban halaman 49 tema 8 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 49

Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?

Judul lagu tersebut adalah Syukur.

2. Siapa penciptanya?

Pencipta lagu syukur adalah H. Mutahar.

3. Apa nada dasar yang digunakan?

Nada dasar yang digunakan adalah C = la

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

Tanda tempo yang digunakan adalah Andante Sustenuto

5. Apa arti tanda tempo itu?

Tanda tempo tersebut berarti lagu tersebut dinyanyikan dengan kecepatan sedang agak lambat.

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?

Lagu syukur menceritakan sebuah ucapan syukur atas karunia tuhan terhadap tanah air Indonesia.

Ayo Bernyanyi

Berlatihlah menyanyikan lagu “Syukur”. Berlatihlah terus berulang-ulang hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair lagu agar jelas dan dipahami pendengar.

Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.
Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.

Pada Pembelajaran 6 kamu telah mengetahui lagu “Kampungku” yang bertangga nada diatonis mayor. Sebaliknya, lagu “Syukur” termasuk jenis lagu bertangga nada diatonis minor. Apa maksudnya?

Ayo Membaca

Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.

kunci jawaban halaman 50 tema 8 kelas 5

Berikut tangga nada diatonis minor.

kunci jawaban halaman 51 tema 8 kelas 5

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
  1. Lagu bersifat sedih.
  2. Lagu kurang bersemangat.
  3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).
Secara umum lagu bertangga nada diatonis minor bersifat sedih dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang gembira dan bersemangat, misalnya lagu “Ayam Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”. Kedua lagu tersebut akan kamu pelajari pada Tema 9.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 50 & 51

Ayo Renungkan

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarku adalah Belajar toleransi dan tangga nada diatonis minor.

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik adalah mengenali keragaman bangsa melalui permainan tradisional, toleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/04/kunci-jawaban-tematik-kelas-5-tema-8-halaman-45.html.