Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 96, 100, 101


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 96, 100, 101 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 96, 100, 101.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 96

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 4 

Sepulang sekolah Udin hendak beristirahat. Udin mendengarkan radio sambil tiduran. Acara yang Udin dengarkan, yaitu lagu-lagu daerah.

Banyak selingan iklan sebagai jeda lagu. Salah satu iklan yang didengar Udin adalah iklan pengobatan alternatif.

Iklan pengobatan alternatif merupakan jenis iklan kesehatan. Masih banyak jenis iklan yang dipaparkan melalui radio. Juga melalui televisi dan internet.

Tidak lama kemudian Udin tidur. Udin lupa mematikan radionya. Bangun tidur Udin langsung mematikan radionya.

Udin beranjak dari tempat tidurnya menuju kamar mandi untuk mencuci muka. Setelah mencuci muka, Udin bergabung dengan ibu, ayah, dan adik di ruang keluarga menonton televisi.

Seperti radio yang didengarkan Udin, di televisi pun ada jeda iklannya. Iklan melalui radio dan televisi disebut iklan elektronik.

Media elektronik lainnya yang bisa digunakan untuk menayangkan iklan adalah internet.

Isi iklan elektronik sangat beragam. Oleh karena itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya. Ayo mengamati iklan elektronik untuk mengidentifikasi jenis iklan berdasarkan isinya.

Ayo Mengamati

Perhatikan iklan televisi yang dilihat Udin dan keluarganya! Perhatikan iklan dari segi isinya.

1. Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu 2014. Iklan tersebut,  untuk  mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta  Pemilu  tahun  2014.

Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik.

iklan televisi dari segi isinya halaman 95

2. Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 100

3. Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo.

Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

kunci jawaban halaman 100 tema 9 kelas 5

Itulah tiga jenis iklan dilihat dari isinya. Masih bayak jenis iklan lainnya berdasarkan isinya. Apa sajakah itu?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 96

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui beberapa jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Ada iklan politik, pendidikan, dan kecantikan. Masih banyak jenis iklan elektronik lainnya dilihat dari isinya.

Coba kamu identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Tuliskan hasil identifikasimu dalam lembar tugas.

Sertakan gambar iklannya. Setiap anak minimal membuat dua contoh iklan dari satu jenis iklan. Misalnya dua iklan tentang pendidikan atau dua iklan tentang kecantikan.

iklan-politik-halaman-96

kunci jawaban halaman 96 tema 9 kelas 5

iklan-kecantikan-halaman-96

Keluarga Udin hidup rukun. Mereka selalu menyempatkan berkumpul dalam ruang keluarga. Keluarga Udin juga membiasakan beribadah bersama.

tema 9 kelas 5 halaman 96

Keluarga Udin tidak hanya rukun dengan anggota keluarga. Keluarga Udin juga rukun dengan tetangganya. Ketika tetangganya mengalami musibah seperti kematian, keluarga Udin memberikan bantuan dengan ikhlas.

halaman 96 tema 9 kelas 5

Dalam Satu minggu, keluarga Udin melakukan olahraga bersama sebanyak tiga kali. Olahraga dilakukan pagi hari sebelum persiapan bekerja dan sekolah.

Olahraga yang biasa dilakukan keluarga Udin adalah senam pagi. Sebelum pelaksanaan senam, Udin dan Ayah bekerja sama mempersiapkan radio kaset dan kasetnya untuk mengiringi senam. Ibu menyiapkan air mineral untuk minum saat istirahat.

kelas 5 tema 9 halaman 97

Selesai senam semua anggota keluarga Udin melakukan aktivitas masing- masing. Udin dan adiknya persiapan ke sekolah. Ayah bersiap ke kantor, dan ibu bersiap membuka toko kelontongnya.

Toko kelontong milik ibu Udin dikelola keluarga sendiri. Inilah toko kelontong yang dikelola ibu Udin.

tema 9 kelas 5 halaman 97

Selain sibuk mengurus toko kelontongnya, Ibu Udin menjadi salah satu pengurus koperasi. Koperasi yang dijalankan adalah koperasi simpan pinjam.

Anggota koperasi tersebut adalah warga kampung tempat tinggal Udin. Koperasi termasuk jenis usaha yang dikelola bersama.

Untuk lebih jelasnya simak beberapa jenis usaha yang dikelola sendiri dan dikelola kelompok seperti berikut.

Ayo Membaca

Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Kelompok

Berdasarkan pengelolanya, usaha ekonomi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, usaha ekonomi yang dikelola sendiri. Kedua adalah usaha ekonomi yang dikelola kelompok. Berikut contoh usaha-usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok.

1. Usaha Ekonomi yang dikelola sendiri

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perseorangan biasanya modalnya terbatas. contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perorangan sebagai berikut.

a. Usaha pertanian

Seorang petani kebanyakan mengelola usaha pertanian secara perseorangan dengan modal terbatas. Meskipun demikian, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Namun, hanya beberapa orang saja yang bisa melakukannya.

b. Industri kecil

Industri kecil biasanya berupa industri rumah tangga. Industri kecil biasanya dikelola secara perseorangan. contoh industri kecil seperti usaha kerajinan (mebel meja, kursi, dan lemari), industri keramik, kerajinan anyaman, dan tembikar.

c. Usaha perdagangan

Usaha perdagangan yang dikelola secara perseorangan biasanya perdagangan dalam jumlah kecil sampai menengah.

Contohnya usaha membuka toko kecil seperti toko kelontong milik ibu Udin. contoh lainnya seperti membuka warung, penjaja keliling, pedagang kaki lima, pedagang di lapak-lapak pasar, dan pedagang hasil bumi.

d. Usaha jasa

Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan. contoh usaha jasa yang dikelola perorangan antara lain usaha salon, bengkel, foto kopi, tukang cukur, dan tukang pijit.

2. Usaha ekonomi yang dikelola kelompok

Usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok adalah usaha yang dijalankan secara bersama-sama, baik dalam hal modal, pengelolaan, maupun dalam hal bagi hasil.

Contoh usaha ekonomi yang dikelola secara bersama-sama, antara lain firma, cV, PT, BUMN, Perusahaan Daerah, dan Koperasi.

a. firma

firma adalah perusahaan yang didirikan oleh sedikitnya dua orang. Biasanya pendiri firma adalah orang-orang yang sudah saling kenal.

Setiap anggota firma mempunyai hak untuk bertindak atas nama firma. Risiko tindakan anggota firma ditanggung bersama.

b. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)

CV  adalah  perusahaan  yang  didirikan  oleh  satu  orang pengusaha atau lebih. Modal CV berasal dari pengusaha itu dan dari beberapa penanam modal. Pengusaha menjadi pimpinan perusahaan dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan.

Para penanam modal mempercayakan pengelolaan CV kepada pengusaha. Sebuah perusahaan yang berbentuk CV bisa dikembangkan dari firma. Hal ini terjadi bila sebuah firma ingin mengembangkan usaha dan membutuhkan tambahan modal.

c. PT (Perseroan Terbatas)

PT adalah perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Saham adalah surat berharga sebagai tanda keikutsertaan menanamkan modal dalam perusahaan.

d. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN atau Perusahaan Negara adalah perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga bentuk perusahaan negara, yaitu Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).

e. Perusahaan Daerah

Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Tujuan pendirian perusahaan daerah antara lain turut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, perusahaan daerah juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja dalam rangka menuju masyarakat adil dan makmur.

3. Koperasi

Koperasi adalah usaha bersama dalam bidang ekonomi. Kerja sama dalam koperasi berdasarkan prinsip saling membutuhkan dan kesamaan kebutuhan anggotanya.

Di Indonesia ada lima bentuk koperasi, yaitu Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 100

Ayo Berdiskusi

Banyak orang melakukan usaha di bidang ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Apa yang akan terjadi jika orang malas tidak mau berusaha?

Coba diskusikan bersama teman kelompokmu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi : Jika orang malas tidak mau berusaha maka kesejahteraan hidupnya sulit tercapai. Saat kesejahteraan hidup sulit tercapai, maka akan timbul permasalahan-permasalahan sosial seperti pengangguran. Ketika pengangguran meningkat, maka akan menimbulkan kerawanan di masyarakat, di mana tingkat kriminalitas di masyarakata akan meningkat. Saat kriminalitas meningkat, maka kehidupan aman, nyaman dan damai akan sulit tercapai. Akan mudah terjadi konflik di masyarakat. Tingkat persatuan dan kesatuan di masyarakat juga rendah, yang pada akhirnya mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 101

Ayo Berkreasi

Kamu telah memahami beragam bentuk usaha berdasarkan pengelolanya. Ada usaha yang dikelola sendiri dan ada usaha yang dikelola kelompok.

Sekarang buatlah kliping berkelompok tentang jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri dan usaha yang dikelola kelompok dengan langkah-langkah berikut.

1. Cari informasi tentang jenis-jenis usaha perseorangan dan kelompok, baik informasi bergambar maupun tidak bergambar dari berbagai media cetak.

2. Gunting informasi yang kamu peroleh. Gunting pula sumbernya.

3. Kumpulkan hasil guntinganmu dan tempelkan pada lembaran kertas folio.

4. Pisahkan antara jenis-jenis usaha perseorangan dengan jenis-jenis usaha kelompok.

5. Bendel per kelompok hingga menjadi sebuah kliping.

6. Berilah judul kliping “Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok”.

7. Tulis nama-nama anggota kelompokmu.

8. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

kunci jawaban tema 9 halaman 101 kelas 5

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 101

9. Berdasarkan kliping yang kamu buat bersama kelompokmu, isilah jenis usaha perseorangan dan kelompok pada kolom berikut.

kunci jawaban tematik tema 9 kelas 5 halaman 101

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 96, 100, 101

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 96, 100, 101 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/02/kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-96.html.