Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 121, 124, 126


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 121, 124, 126 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 121, 124, 126.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 1 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 1 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 121

Ayo Mengamati

Saat Edo dan Dayu melihat koran di papan pajang, Edo tertarik pada sebuah iklan. Apa isi iklan yang dilihat Edo? Amatilah iklan berikut!

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 121

Setelah mengamati iklan di atas, coba kamu kemukakan tentang:

1. Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?

Produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah air mineral.

2. Apa saja yang terdapat dalam iklan tersebut?

Yang terdapat dalam iklan tersebut adalah :
  • Nama produk
  • Gambar yang menarik
  • Kalimat iklan

3. Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?

Isi teks paparan iklan tersebut menggunakan bahasa yang informatif, komunikatif, menarik serta bahasanya singkat dan padat.

Ayo Membaca

Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

Tujuan iklan :
  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik khalayak ramai.

Ciri-ciri iklan yang baik dan benar :
  1. Informatif
  2. Komunikatif
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik

Bentuk iklan pun bermacam-macam :

1. Iklan Baris

Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu :
  • Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  • Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan- singkatan untuk menghemat tempat.
  • Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  • Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  • Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  • Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.

Berikut adalah contoh iklan baris pada koran.

kunci jawaban halaman 121 tema 9 kelas 5

2. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  • Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  • Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  • Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.

Berikut adalah contoh iklan kolom pada koran.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 124

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 124

Ayo Berlatih

Bacalah sebuah iklan di media cetak berikut ini.

kunci jawaban halaman 124 tema 9 kelas 5

Setelah membaca dan mengamati iklan di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah maksud dan tujuan iklan di atas?

Maksud dan tujuan iklan tersebut adalah untuk menghimbau masyarakat menjaga kesegaran udara di tempat umum, tempat kerja, dalam rumah, dan tempat ibadah. Caranya dengan tidak merokok di tempat-tempat tersebut.

2. Termasuk bentuk iklan apa jika iklan tersebut dimuat dalam surat kabar?

Jika dimuat dalam surat kabar,  iklan tersebut termasuk bentuk iklan kolom.

3. Jelaskan kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.

Kesimpulan isi teks paparan iklan tersebut adalah mengenai himbauan untuk menciptakan udara segar di tempat umum, tempat kerja, dalam rumah, dan tempat ibadah dengan tidak merokok.

Edo merasa haus. Tidak lama kemudian Edo mengambil segelas air putih lalu meminumnya. Edo mencermati iklan yang ada pada soal latihan yang telah dikerjakannya.

Ternyata, hari ini ia telah mempelajari iklan tentang air dan udara. Air dan udara merupakan benda-benda di lingkungan sekitar kita yang sangat dibutuhkan manusia.

Tahukah kamu? Udara merupakan benda yang tidak terlihat oleh mata, namun sangat dibutuhkan oleh manusia, bahkan hewan sekalipun.

Udara yang bersih dan sehat adalah udara yang kaya akan oksigen. Sedangkan udara yang telah tercampur dengan asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap buangan pabrik merupakan udara yang tidak bersih.

Kandungan dalam udara yang tercemar asap-asap tersebut, tidak lagi banyak mengandung oksigen. Kandungan udaranya sudah tercampur zat-zat lain yang sangat merugikan kesehatan.

Selain itu, benda lain yang tidak kalah penting bagi manusia adalah air. Air tidak hanya digunakan untuk minum.

Air juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci alat-alat rumah tangga, dan mencuci baju.

Air merupakan benda tunggal. Akan tetapi, sebenarnya air terbentuk atas hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dalam air tidak dapat dipisahkan, kecuali dengan reaksi kimia tertentu.

Berbeda dengan tanah. Dalam tanah dapat kamu jumpai adanya kerikil, batu, dan pasir yang dapat kamu pisahkan dengan tangan.

Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.

1. Zat tunggal

Zat tunggal adalah zat yang terdiri dari sejenis materi. Zat tunggal dapat juga disebut zat murni. Salah satu contoh zat tunggal adalah air. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contoh: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.

b. Senyawa

Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sebagai contoh adalah air. Air terbentuk dari oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, soda kue, dan vitamin c.

2. Campuran

Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan unsur, atau senyawa dengan
senyawa.

Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 126

Ayo Berlatih

Agar kamu lebih memahami tentang zat tunggal, lengkapilah tabel penggolongan unsur dan senyawa berikut.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 126

Benda atau materi yang berada di lingkunganmu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Benda atau materi ada yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa) maupun ke dalam campuran. Sebagai contoh, air adalah zat tunggal yang merupakan senyawa. Air sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air berguna untuk minum, mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Air juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan. Banyak benda atau materi di sekitarmu yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 121, 124, 126

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 121, 124, 126 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/02/kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-121.html.

Yuk tonton juga video kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 halaman 121, 124, dan 126 berikut ini.