Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 2 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 2 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 2

Rabu pagi, Edo bersiap-siap berangkat ke sekolah. Edo memakai baju batik yang merupakan seragam identitas sekolahnya. Sebelum berangkat, Edo tidak lupa menyantap sarapan pagi dan minuman gelas susu yang telah disiapkan oleh ibunya.

Ayo Mengamati

Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan.

Edo dan teman-teman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru. Pada pembahasan tentang iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui tentang pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 129

Sekarang kamu akan mempelajari tentang unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

kunci jawaban halaman 129 tema 9 kelas 5

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 130

Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 130

Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.

Unsur yang terdapat pada iklan baris tersebut adalah :
  • Nama produk
  • Gambar yang menarik
  • Kalimat iklan
  • Keunggulan produk
  • Nomor telepon
  • Alamat pengiklan

2. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?

Ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan baris, yaitu menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

3. Buatlah gambar (visual) tentang kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.

kunci jawaban halaman 130 tema 9 kelas 5

Ayo Membaca

Setelah mempelajari dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan iklan, Edo dan teman-teman beristirahat. Edo dan Dayu pergi ke kantin sekolah.

Mereka membeli segelas teh manis. Edo memperhatikan saat Ibu kantin membuat teh manis. Teh manis dibuat dengan mencampurkan gula pasir dengan air teh kemudian diaduk rata.

Setelah Ibu kantin selesai membuat teh manis, diserahkannya teh manis tersebut kepada Edo dan Dayu. Setelah membayarnya, mereka segera menikmati teh manis sambil duduk di kantin sekolah.

Kamu tentu masih ingat tentang pengelompokan zat menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa. Kali ini kamu dapat mempelajari tentang zat campuran dengan lebih terperinci.

Simak penjelasan berikut.

Saat Ibu kantin membuat teh manis untuk Edo, berarti Ibu kantin membuat suatu campuran. Campuran yang dibuat oleh Ibu kantin yaitu campuran antara gula pasir dan air teh sebagai pelarut. Kamu juga dapat membuat campuran sendiri.

Misalnya, saat kamu membuat susu. Kamu akan mencampurkan susu dengan air. Saat kamu membuatkan kopi untuk ayahmu, kamu akan mencampurkan kopi, gula, dan air. Pada dasarnya, suatu campuran dapat berupa unsur dengan unsur ataupun unsur dengan senyawa.

Komposisi unsur-unsur atau senyawa penyusun suatu campuran tidak tertentu. Sifat asli zat-zat pembentuk campuran masih tampak, sehingga komponen penyusun campuran tersebut dapat dikenali dan dapat dipisahkan lagi.

Ada dua macam campuran, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Pada subtema sebelumnya telah dibahas hal tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 131

Ayo Berlatih

1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara gula dengan air tampak jernih. Berarti dalam hal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk campuran apakah peristiwa ini? Berikan penjelasannya.

Gula tercampur rata dengan air. Campuran antara gula dengan air termasuk campuran homogen. Campuran homogen juga disebut dengan larutan. Jadi dalam larutan gula tersebut terdapat dua penyusun larutan, yaitu air sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut.

2. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir dapat larut dengan sempurna sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Termasuk campuran apakah peristiwa ini?

Campuran antara pasir dengan air termasuk campuran heterogen. Pasir tidak dapat larut dengan sempurna dalam air. Campuran heterogen adalah campuran yang zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata dan campuran ini tiap-tiap bagian tidak sama susunannya .

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 132

Ayo Mencoba

Sekarang kamu telah memahami tentang campuran dan mengetahui contoh- contoh campuran. Cobalah untuk bereksperimen dengan membuat campuran seperti pada kegiatan berikut.

Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang. Kemudian, lakukan percobaan berikut ini. Percobaan ini untuk menentukan jenis campuran beberapa benda.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan percobaan.
  1. Alat dan bahan
  2. Langkah percobaan.
  3. Buatlah kesimpulan dari percobaan yang kalian lakukan dengan menentukan jenis campuran.
  4. Buatlah laporan hasil percobaan kalian.

Laporan Hasil Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen

1. Tujuan :

Menentukan jenis campuran beberapa zat/benda.

2. Alat dan bahan :

4 buah gelas, 4 buah sendok, air, minyak goreng, tanah, pasir, garam, dan susu bubuk.

3. Langkah-langkah dari percobaan :

  • Menyiapkan 4 buah gelas beserta 4 buah sendok, Gelas 1 diisi dengan air dan minyak, kemudian diaduk menggunakan sendok, Gelas 2 diisi dengan tanah dan pasir, diaduk menggunakan sendok, Gelas 3 diisi dengan air dan garam, diaduk menggunakan sendok, Gelas 4 diisi dengan air dan susu bubuk, diaduk menggunakan sendok.
  • Mengamati keempat campuran tersebut, kemudian menentukan campuran dalam masing-masing  gelas termasuk  campuran  heterogen  atau homogen.
  • Mencatat hasil pengamatan ke dalam tabel.

4. Data hasil Pengamatan

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 132

5. Kesimpulan

Terdapat dua jenis campuran dalam percobaan yang telah dilakukan, yaitu campuran heterogen yang terdiri atas campuran air dan minyak, campuran tanah dan pasir, serta campuran air dan susu, dan campuran homogen, yaitu campuran air dan garam.

Ayo Membaca

Edo dan Dayu sedang asyik mengobrol di kantin sambil minum teh manis. Tiba-tiba terdengar bel berbunyi. Edo dan Dayu segera menuju ke kelas untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.

Pak Guru menunjukkan baju batik yang dikenakannya pada peserta didik. Pak Guru juga meminta peserta didik mengamati baju seragam batik yang sedang dikenakannya.

Batik merupakan salah satu hasil karya seni rupa daerah. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa daerah?

Seni rupa daerah adalah cabang seni rupa. Seni rupa daerah memiliki suatu ciri khas dari latar belakang sejarah suatu wilayah.

Oleh karena itu, seni rupa daerah memiliki perbedaan dengan karya seni daerah lain. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional.

Corak seni tradisional terdiri atas karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi berupa karya tekstil, misalnya kain batik, kain tenun, dan kain songket.

Karya seni rupa tiga deminsi, contohnya ukiran kayu, keramik, dan patung.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 135

Karya seni daerah bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat turun-temurun atau selalu sama dengan sebelumnya.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 134

Daerah masyarakat pesisir pantai, biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal.

Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 133

Ayo Berlatih

Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.

Jawaban disesuaikan dengan karya seni rupa daerah masing-masing siswa.

Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bersifat kedaerahan.

2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
  • Mengandung simbol-simbol dan bermakna.
  • Seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari.
  • Dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.

3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

Fungsi karya seni rupa daerah dibedakan menjadi fungsi individual dan fungsi sosial:

1. Fungsi individual

Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

2. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

1. Seni rupa murni

Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 134, 135

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui tentang seni rupa daerah. Untuk lebih memahami tentang karya seni rupa daerah, cobalah untuk mengerjakan latihan berikut.

1. Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui.

Jenis karya seni rupa daerah di Indonesia, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

2. Sebutkan ciri-ciri umum karya seni rupa daerah.

Berikut ciri-ciri umum karya seni rupa daerah :
  • Bersifat kedaerahan.
  • Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah.
  • Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

3. Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar daerahmu.

Tiga contoh seni rupa terapan, yaitu batik, ukiran kayu, dan gerabah.

5. Sebutkan fungsi karya seni rupa daerah.


Fungsi karya seni rupa daerah dibagi menjadi dua :

a. Fungsi individual

Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka , marah, cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan dan juga teknik yang tercerminkan melalui karya seni.

b. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 136

Ayo Berdiskusi

Karya seni rupa daerah di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari daerah lain.

Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya memiliki ciri tradisional daerah asalnya.

Beragamnya karya seni rupa daerah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kamu diskusikan bersama kelompokmu.

Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia?

Kita harus menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan cara :
  • Menghormati kelompok / suku / daerah lain yang mempunyai karya seni yang berbeda
  • Tidak menghina hasil karya seni daerah lain
  • Mau menonton/menikmati hasil karya seni daerah lain
  • Mau belajar dan mengembangkan berbagai karya seni tradisional tersebut
  • Bangga dengan karya seni dalam negeri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Mengapa demikian?

Karena dengan menghormati, menghargai dan mempelajari berbagai karya seni di berbagai daerah Indonesia, maka kita turut melestarikan budaya Indonesia, serta dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/02/kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-129.html.