Tips Sukses Lulus CAT CPNS & PPPK 2019

tips lulus cpns pppk 2019 2020

Lulus tes CPNS adalah keinginan dan kebanggaan tersendiri bagi setiap pelamar. Untuk menjadi ASN/CPNS tentunya ada serangkaian tes yang harus dilalui, yaitu seleksi administrasi, seleksi SKD dan Seleksi SKB. Tahapan pendaftaran CPNS dilakukan secara online dan tentunya juga gratis. Seleksi SKD dan SKB dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT BKN dan UNBK Kemdikbud).

Setelah sukses pada pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018, pada tahun ini Pemerintah akan kembali mengadakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional tahun 2019 dengan jumlah alokasi secara keseluruhan mencapai 254.173 Calon ASN dan PPPK.

Berikut ini Rekap Nasional Kebutuhan ASN Tahun Anggaran 2019 yang terdiri dari CPNS dan P3K.

kebutuhan cpns 2019 2020

Menyiapkan diri sedini mungkin untuk mengikuti serangkaian tes CPNS adalah tips jitu agar lulus CPNS dan PPPK. Apa saja yang harus disiapkan?, Materi apa yang harus dipelajari? bagaimana cara belajar tes CPNS?. Berikut ini tips dan trik menjawab soal cpns dengan cepat dan rahasia lulus CPNS/PPPK.

Baca juga : Permen PAN RB Nomor 37 Tahun 2018

Tips Sukses Seleksi Administrasi CPNS

Secara umum ada 3 (tiga) tahapan tes yang harus dilalui untuk menjadi ASN atau CPNS. Yaitu, seleksi administrasi, tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dengan CAT, dan tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) dengan CAT.

Untuk test SKD, kisi-kisi soalnya sama untuk semua instansi, sedangkan tes SKB, soalnya disesuaikan dengan bidang atau formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing pelamar CPNS.

Agar bisa melaksanakan semua tahapan tes CPNS, maka pastikan Anda lolos seleksi administrasi terlebih dulu.

Pada tahun 2018 tidak sedikit pelamar yang gagal karena tidak lulus seleksi administrasi. Penyebabnya beraragam, ada yang IPK tidak memenuhi syarat, formasi tidak sesuai dengan pendidikan, salah upload berkas, ukuran dokumen yang di unggah tidak sesuai ketentuan, kesalahan dalam menulis surat lamaran CPNS, tidak menyertakan sertifikat akreditasi, dan lain-lain.

Gagal tes administrasi berarti "kalah sebelum bertanding". Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda, solusinya adalah baca dengan cermat persyaratan CPNS pada instansi yang anda pilih, karena beda instansi maka persyaratan yang diminta juga berbeda.

Jangan memaksakan diri jika memang Anda tidak memenuhi persayaratan pada sebuah instansi. Pilihlah instansi lainnya yang memenuhi persyaratan yang Anda miliki.

Satu saja berkas yang tidak sesuai dengan persyaratan CPNS, maka bisa dipastikan anda akan gagal pada seleksi administrasi.

Pelamar CPNS dapat mengikuti tahapan tes berikutnya jika dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh penitia pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil instansis sesuai dengan persayatan yang ditentukan.

Cara Belajar Menghadapi Tes CPNS

Lulus CPNS bukanlah sesuatu yang mustahil, semua tergantung apa yang Anda persiapkan. Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam belajar sebelum mengikuti Tes CAT CPNS. Hal ini bertujuan agar aktivitas belajar yang dilakukan berjalan efektif, kalau belajar sudah dilakukan secara efektif, maka materi yang dipelajari akan terserap dengan baik. Berikut ini cara belajar sebelum tes cpns.

1. Jangan Belajar Mendadak

Sistem belajar SKS adalah cara belajar yang lebih dekat dengan kesia-siaan. Persiapan belajar menghadapi Test CAT SKD idealnya dilakukan 4-7 bulan sebelum ujian CAT CPNS. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang materi yang dipelajari.

2. Ciptakan Waktu Belajar

Peserta yang mendaftar CPNS terdiri dari berbagai usia antara 18-35 tahun, ada yang fresh graduate, ada yang sudah bekerja sebagai tenaga honorer, ada pula yang sudah lulus S1 tetapi masih belum bekerja. Khusus bagi Anda yang sudah bekerja dan berniat untuk mendaftar CPNS, kadang-kadang waktu belajar menjadi masalah tersendiri.

Jika Anda punya niat yang kuat untuk sukses CPNS 2019, maka mulai hari ini sisikanlah waktu untuk belajar mulai dari 30 menit sampai 1 jam dalam setiap harinya. Waktu belajar yang sangat efektif adalah di pagi hari setelah sholat shubuh. Karena pada saat itu badan masih sangat fresh, baru bangun tidur dan tentunya masih bertenaga.

Jika Anda menunggu waktu luang untuk belajar, maka sangat mustahil hal itu bisa dilakukan. Waktu belajar harus diciptakan, harus diluangkan, semuanya tergantung dari niat Anda mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil.

3. Membuat Target Mingguan untuk Belajar

Tips belajar berikutnya adalah fokuslah pada materi yang sudah umum diujikan dalam CAT CPNS. Berdasarkan Permen PAN-RB Nomor 36 Tahun 2018, materi CAT terdiri dari tiga kelompok soal, yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Intelegensi Umum (TIU), dan Test Karakteristik Pribadi (TKP).

Masing-masing kelompok tentunya berisi materi yang spesifik. Misalnya TWK ada materi sejarah, materi perundang-undangan, materi wawasan kebangsaan, Pancasila, dll. Materi TIU ada sinonim, antonim, penalaran, analogi, matematika, dll. Data semua materi harus dipelajari secara detail. Materi-materi dan contoh soal SKD tersebut bisa anda dapatkan melalui online maupun buku-buku cakupan CAT CPNS.

Petakanlah, lalau buat jadwal target belajar. Atur sedemikian rupa, apa saja yang harus dipelajari?. Misalnya minggu ini khusus menghapal UUD 1945, minggu depan belajar tentang Panasila, dan seterusnya.

4. Membuat Rangkuman Harian

Merangkum adalah mengambil hal-hal pokok dari materi yang diajarkan. Cara ini sangat bermanfaat dalam belajar menghadapi CAT. Lebih simpel dan to the point,  sehingga Anda bisa cepat menghafalnya.

Misalnya Anda akan menambah perbendaharaan kata, maka Anda bisa membuat sebuah rangkuman berupa catatan kecil berisi kosa kata sukar yang bisa di bawa kemana-mana dan membacanya kapan saja saat ada kesempatan.

Atau saat menggunakan media sosial seperti facbook dan whatsapp maupun search di Google dan menemukan materi hapalan penting tentang tes SKD, rangkumlah atau print dalam format kecil agar bisa praktis dibawa dan bisa dibaca kapan saja.

5. Gunakan Bantuan Google dan Media Sosial

Setiap soal CPNS selalu memiliki kata kunci. Misalnya ada satu soal menanyakan tentang pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka. Maka, jangan asal tahu jawabannya, tetapi cobalah analisis hal-hal lain yang terkait dengan analogi terbuka. Misalnya prinsip-prinsip, penerpannya, atau perbedaannya dengan ideologi tertutup.

Semuanya dapat Anda lalukan dengan search di google, pilah-pilahlah mana materi yang penting untuk dikuasai. Selain itu Anda juga dapat memanfaakan media sosial seperti FB, WA, Twitter, IG, maupun youtube untuk menemukan tips, materi, maupun contoh soal SKD yang keluar pada tes CPNS tahun 2018. Dari sini secara tidak sadar, penguasaan materi Anda akan berkembang.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel)

Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian CAT CPNS adalah mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan menghadapi seleksi CPNS.

Dengan mengikuti bimbel, Anda dapat memantapkan materi dan belajar bermacam-macam tips-tips mengerjakan soal. Selain itu Anda juga bisa bertanya tentang materi yang tidak dipahami pada sang pengajar.

Anda bisa bertanya kepada orang-orang di lingkungan Anda yang memiliki pengalaman lulus CPNS 2018 atau bertanya di grup-grup FB, dan WA untuk mencari info dimana tempat bimbel yang bagus.

7. Practice Make Perfect

Pengalaman adalah guru yang terbaik, seperti itulah kata pepatah. Jika anda pernah mengikuti seleksi CPNS tahun 2018 artinya Anda sudah maju satu langkah, Anda sudah memiliki modal dalam mempersiapkan strategi untuk bersaing pada tes CPNS tahun 2019.

Anda tinggal memperbanyak melakukan try out mandiri atau berlatih mengoperasikan software CAT BKN secara online untuk persiapan menghadapi ujuan CAT CPNS. Dengan demikian Anda akan lebih memahami instruksi dalam mengerjakan soal, bagaimana cara menjawabnya?, berapa waktunya?, kapan harus dimulai?. Jika tidak hati-hati dan cermat memahami aturan main CAT CPNS, maka bisa berkaibat gagalnya hasil tes Anda.

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Jumlah Soal Tes SKD adalah 100 soal dengan nilai maksimal adalah 500, yang terdiri dari Soal TWK, TIU dan TKP. Materi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS ditentukan dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 36 Tahun 2018, yaitu :

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal TWK terdiri dari 35 soal dengan nomor urut 1-35. Skor maksimal soal TWK adalah 175 dengan bobot masing-masing soal jika benar adalah 5 dan jika salah adalah 0.

Agar lulus tes TWK, Anda harus mampu menjawab 15 soal dengan benar (skor 75), karena passing grade TWK adalah 75. Apabila nilai TWK Anda dibawah 75 maka dapat dipastikan anda tidak akan lulus seleksi SKD.

Tes TWK untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan pelamar CPNS dalam mengimplementasikan beberapa indikator, yaitu nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Tips Belajar TWK

Sebagai persiapan untuk menjawab soal TWK, banyak materi yang harus dipelajari dalam bentuk hapalan. Untuk sukses, maka Anda perlu mempersiapkan materi ini jauh hari. Hatus banyak belajar secara intensif, selanjutnya perbanyak latihan mengerjakan soal CAT TWK.

Beberapa materi yang harus dipersiapkan dan dipelajari adalah :
  • Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Toleransi Beragama, Toleransi anatargolongan
  • Bendera, Bahasa dan Lambang Negara Indonesia
  • Fungsi MPR dan DPR
  • Dinamika era milenial yang berkaitan dengan sila Pancasila.
  • Konstitusi RIS
  • Pasal-Pasal UUD 1945

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Soal TIU terdiri dari 30 soal dengan nomor urut 36-65. Skor maksimal tes TIU adalah 150 dengan bobot soal 5 jika benar dan 0 jika salah. Pada soal TIU Anda harus mendapat nilai minimal 80 atau mampu menjawab 16 soal dengan benar. Karena passing grade atau nilai ambang batas TIU adalah 80, jika Anda mendapat nilai di bawah 80, maka sudah dipastikan Anda tidak akan lulus seleksi SKD.

Materi yang diujikan pada Tes TIU adalah Kemampuan Verbal yang merupakan kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Kemampuan Figural, yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol dan diagram. Kemampuan Berfikir Logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Kemampuan Berfikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu masalah secara sistematik.

Tips Belajar TIU

Soal TIU biasanya menjadi momok bagi pelamar CPNS, pada tahun 2018 banyak peserta gagal pada soal ini. Karena soalnya berjenis hitung-hitungan, dan logika penalaran. Namun jika dibandingkan dengan TKP, soal tiu lebih mudah untuk memperoleh nilai ambang batas aman.

Kuasai materi EYD/PUEBI, perbanyak berlatih untuk mengasah kemampuan berhitung cepat dan menalar soal cerita serta mengidentifikasi kesimpulan secara cepat dan tepat.

Fokuslah belajar pada pokok-pokok materi berikut :
  • Sinonim dan antonim
  • Premis
  • Pemahaman bacaan dan analisis soal cerita (mencari tema, sebab akibat dan penyempurnaan kalimat)
  • Soal Figural
  • Analogi kata
  • Kemampuan berhitung 
  • Ejaan yang disempurnakan (EYD)
  • Deret angka dan huruf
  • Penalaran logis
  • Penalaran analitis

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal TKP terdiri dari 35 soal dengan nomor urut 66-100. Skor maksimal tes TKP adalah 175 dengan bobot masing-masing soal antara 5-1, yang artinya setiap jawaban memiliki skor. Pada soal TKP, Anda harus mencapai nilai 143 atau mampu menjawab minimal 29 soal dengan bobot masing-masing soal 5.

Jika Anda mendapat nilai kurang dari 143, maka sudah dipastikan Anda tidak akan lulus SKD dan tidak dapat mengikuti tes CPNS selanjutnya, yaitu tes SKB. Kisi-kisi soal TKP adalah :

1. Soal TKP jenis Pelayanan Publik
Ciri : Terdapat unsur pelayanan publik. Cara pilih jawaban : Cari yang paling menguntungkan masyarakat banyak.

2. Soal TKP jenis Sosial Budaya
Ciri : Terdapat unsur kebijakan publilk. Cara pilih jawaban : Pilih yang mengarah ke bersih, tanpa korupsi, jujur.

3. Soal TKP jenis Profesionalisme
Ciri : Ada gangguan terhadap pekerjaan atau ada pilihan pekerjaan dan sesuatu yang lalu. Cara pilih jawaban : Pilih tetap fokus pada pekerjaan apapun gangguannya.

4. Soal TKP jenis jejaring kerja/kemitraan
Ciri : Terdapat unsur kinerja, koreksi. Cara pilih jawaban : Pilih yangmencerminkan sikap supel dan terbuka ke semua orang.

5. Soal TKP jenis Integritas diri
Ciri : Ada gangguan ke arah korupsi, curang, dll. Cara pilih jawaban : Pilih yang mengarah ke bersih, jujur, tanpa korupsi (fokus ke diri sendiri).

6. Soal TKP jenis semangat berprestasi
Ciri: Ada tantangan dalam pekerjaan/ hal baru yang bisa diraih. Cara pilih jawaban : Pilih yang mencerminkan antusiasme, suka tantangan, dan terus belajar.

7. Soal TKP jenis kreativitas dan inovasi
Ciri : Ada unsur baru dari pekerjaan. Cara pilih Jawaban : Pilih yang kreatif, bebas, dan out of the box.

8. Soal TKP jenis orientasi pada pelayanan
Ciri : Ada unsur pelayanan yang berhubungan dengan layanan ke pihak luar. Cara pilih jawaban : Pilih untuk kepentingan orang lain diluar kepentingan tim/kelompok.

9. Soal TKP jenis orientasi pada orang lain
Ciri : Situasi dalam kelompok. Cara pilih jawaban : Pilih yang berorientasi pada orang lain di dalam kelompok,misal rekan kerja.

10. Soal TKP jenis kemampuan beradaptasi
Ciri : Ada hal baru yang masuk (atasan, sistem, rekan kerja) atau kita masuk dalam lingkungan kerja yang baru. Cara pilih jawaban : Pilih mencerminkan supel, adaptif, dan dan mau mencoba hal baru yang ada.

11. Soal TKP jenis Kemampuan mengendalikan diri
Ciri : Ada ujian (misal gagal ujian, rugi, ditolak, bangkrut). Cara pilih jawaban : Pilih mencerminkan sabar dan menerima kenyataan

12. Soal TKP jenis kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
Ciri : Ada sesuatu yang menghalangi kita menyelesaikan pekerjaan (tugas, sakit, rapat). Cara pilih jawaban : Pilih mengerjakan tugas oleh diri sendiri dan selesai.

13. Soal TKP jenis kemampuan bekerja berkelanjutan
Ciri : Ada unsur diklat, pendidikan, bimbel, dan kursus. Cara pilih jawaban : Pilih keinginan belajar tinggi dan terus menerus.

14. Soal TKP jenis kemampuan bekerjasama dengan kelompok
Ciri : Ada tugas/kegiatan kelompok. Cara pilih jawaban : Pilih yang bekerjasama dalam kelompok

15. Soal TKP jenis kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang
Ciri : Ada unsur menggerakkan orang lain, biasanya kita sebagai atasan/pimpinan. Cara pilih jawaban : Pilih yang berisi perintah kepada orang lain secara jelas.

Tips Belajar TKP

Hati-hati dalam menjawab soal TKP dan jangan sampai terjebak. Kuasai Indikator Materi TKP dan posisikan kita sebagai "Negara". Jawaban yang dipilih adalah jawaban yang menurut Anda terbaik buat negara dengan memperhatikan 15 nilai-nilai dasar TKP di atas.

Contoh kasus penyelesaian soal TKP
1. Anda adalah seorang karyawan di perusahaan A yang bekerja pada divisi B. Ada orang dari divisi lain mengkritik kinerja anda. Tanggapan anda adalah . . . .

Pasti banyak orang menjawab menerima masukan supaya lebih baik lagi, tapi jika kita cermati soal tersebut ada kata-kata divisi lain, yg berarti beda pekerjaan dengan kita. Maka jawaban yang paling tepat dengan nila 5 adalah perbedaan pendapat adalah suatu yang wajar.

2. Anda seorang ketua panitia acara kampus. Setelah selesai, Anda dihubungi oleh alumni kampus kenapa tidak melibatkan alumnus.

Banyak orang akan memilih jawaban meminta maaf dan menerima masukan alumnus. Akan tetapi pada soal tersebut ada keterangan setelah selesai. Jawaban yang tepat adalah menjanjikan kepada alumnus untuk selanjutnya bisa dilibatkan dalam acara kampus.

Tips Mengikuti CAT CPNS

Berdasarakan pengalaman teman-teman yang pernah mengikuti tes CAT, berikut tips-tips yang bisa dicoba agar sukses tes CAT.
1. Berhenti belajar sehari sebelum ujian. Ini penting dilakukan agar badan dan pikiran Anda bugar saat menjalani CAT SKD.

2. Jangan datang terlambat. Jika lokasi tes berada di luar kota dan Anda belum begitu hafal dengan lokasi tes, akan lebih baik jika Anda melakukan survei lokasi tes sehari sebelum tes. Pada saat memasuki ruangan CAT, ikuti betul-betul petunjuk teknis yang disampaikan oleh panitia tes CAT. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal-hal yang menurut anda belum dipahami kepada panitia CAT saat diberi kesempatan untuk bertanya.

3. Meminta doa dari keluarga dan orang-orang terdekat, serta berdoa sebelum memulai tes CAT agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam berbagai macam bentuk soal ujian CPNS. Jangan nervous, sebab walaupun Anda sudah melakukan persiapan dengan maksimal, namun jika anda nervous bisa saja semua itu menghilang.

4. Harus fokus dan percaya diri. Dengan percaya diri Anda akan merasa optimis dan berpikir tanpa emosi sehingga dalam memilih jawaban tidak asal pilih.

5. Jangan terpengaruh dengan hasil kerjaan peserta tes lain. Sering ada peserta tes lain yang sudah bisa menyelesaikan jawabannya lebih cepat. Tapi, belum tentu jawabannya benar semua dan lulus passing grade. Teliti merupakan faktor penting dalam mengerjakan soal CAT CPNS. Tes ini dibatasi oleh waktu, jadi kita harus bisa mengerjakan dengan cepat dan teliti.

6. Kerjakan soal yang menurut anda lebih mudah terlebih dulu. Jika Anda orang yang lemah pada materi hitung-hitungan, maka skip aja soal jenis ini, dan kerjakan soal-soal berikutnya.

7. Jika semua usaha telah dilakukan, maka tinggal berpasrahlah pada Yang Maha Kuasa. Tetaplah bersikap jujur, jangan curang dan yakinlah apapun hasilnya, itu adalah yang terbaik untuk Anda.

Demikianlah Artikel yang berjudul Tips Sukses Lulus CAT CPNS & PPPK 2019

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi tentang tips-tips menghadapi ujian CPNS ini dapat bermanfaat bagi pembaca dimanapun berada. Semoga Anda menjadi salah satu orang yang beruntung bisa lulus CPNS/PPPK pada tahun ini.

Artikel yang sedang Anda baca ini berjudul Tips Sukses Lulus CAT CPNS & PPPK 2019 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/06/tips-lulus-cpns.html.

2 Responses to "Tips Sukses Lulus CAT CPNS & PPPK 2019"

  1. terimakasih....sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kasih kembali semoga sukses di CPNS tahun ini.

      Hapus