Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28


kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 24

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP dan PPKn.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup Pembelajaran 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 23, 24, 25, 26, 28.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2

Ayo Berdiskusi

Di hari libur, Lani dan teman-temannya merencanakan untuk berkumpul di rumah Edo. Mereka berencana membuat minuman dari jahe. Ya, mereka akan mengolah jahe menjadi minuman sehat dan segar.

Namun alangkah kagetnya Lani, Udin, Siti, Dayu, dan Beni. Edo ternyata sedang sakit. Ia batuk dan demam. Edo terbaring di tempat tidur.

Mereka akhirnya bersepakat membuatkan wedang jahe untuk Edo. Di belakang rumah Edo banyak tanaman jahe. Edo sangat senang. Persahabatan mereka sangat indah. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, semangat tolong menolong di antara mereka sangat tinggi.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 23

Bagaimana pendapatmu tentang sikap teman-teman Edo? Tulislah pendapat mu pada kolom di bawah ini!

Sikap teman-teman Edo mencerminkan sikap yang terkadung dalam sila ke dua Pancasila, yaitu Solidaritas antar sesama manusia.

Diskusikan jawabanmu dengan gurumu.

Sikap teman-teman Edo sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada sila Pancasila. Pahami kelima sila Pancasila berikut ini.

materi pelajaran kelas 6 tema 1 sila pancasila

Kunci Jawaban Tematik Halaman 24

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila berikut.

1.  Ketuhanan yang Maha Esa

Nilai yang terkadung dalam sila ketuhanan yang Maha Esa yaitu takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain, kerukunan antarumat beragama.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Nilai yang terkadung dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu persamaan derajat, menghargai hak asasi manusia, solidaritas antar sesama manusia, dan perdamaian.

Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.

Tahukah Kamu?

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang Maha Esa” sebagai berikut.

1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2. Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain

3. Kerukunan antarumat beragama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang Adil dan Beradab” sebagai berikut.

1. Persamaan derajat

2. Menghargai hak asasi manusia

3. Solidaritas antar sesama manusia

4. Perdamaian.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 25, 26

Amati gambar berikut.

kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 25 dan 26



Diskusikan mengenai sikap atau perilaku yang terdapat pada gambar di atas. Kelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan nilai-nilai dalam sila kesatu dan sila kedua.

Tulislah nomor gambar pada tabel berikut sesuai dengan pengelompokannya. Jelaskan jawabanmu.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 pembelajaran 2 halaman 26

Alternatif Jawaban :

Perilaku yang sesuai dengan Sila Kesatu yaitu Gambar 1 Takwa Kepada Tuhan Yang Mahasa Esa, Gambar 2 Toleransi kepada agama atau kepercayaan lain, Gambar 3 Kerukunan antarumat beragama.

Perilaku yang Sesuai dengan Sila Kedua yaitu Gambar 4 Menjenguk teman yang sakit, Gambar 5 menghargai pendapat orang lain, Gambar 6 membantu teman yang terkena musibah, Gambar 7 Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan pendapat, Gambar 8 mengormati orang tua.

Sampaikan jawabanmu di depan kelas. Sekarang kamu harus kerja mandiri.

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila.

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.

Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

3 Perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila yaitu tidak menggangu teman yang berbeda agama saat menjalankan ibadah, mau berteman dengan teman yang berbeda agama, dan merawat tanaman.

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila.

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.

Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila yaitu menumbuhkan sikap tenggang rasa, menghormati orang yang lebih tua, menjenguk teman yang sakit..

Membantu teman yang sakit merupakan salah satu pelaksanaan dari sila kedua.

Merawat tanaman merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan tanaman sebagai sumber kehidupan dan sahabat bagi manusia.

Ayo Berkreasi

Manfaat tanaman bukan hanya pada buah dan bunga. Bagian tanaman lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dan Asia Tenggara adalah kayu. Banyak produk seni yang terbuat dari kayu, salah satunya adalah patung.

Kamu bisa membuat patung seperti mereka. Namun kali ini kamu akan belajar membuat patung dari bahan lain, yaitu tanah liat atau lilin malam.

Patung Nusantara terbuat dari tanah liat.

Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ayo, kita praktikkan membuat patung

Nusantara dari tanah liat.

Amati aneka kerajinan patung tanah liat dari daerah Kasongan berikut.

aneka kerajinan patung dari tanah liat

Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 28

1. Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut? Jelaskan!

Patung tersebut merupakan hasil karya seni rupa dari gerabah yang unik memiliki nilai jual yang tinggi.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung tersebut?

Ketermapilan yang perlukan untuk membuat patung tersebut adalah pemilihan bahan baku yang akan digunakan, ide atau kreativitas, kemampuan dalam  mengkombinasikan warna agar patung tersebut terlihat menarik.

3. Menurutmu, bagaimana cara membuat patung tersebut?

Pembuatan patung tersebut menggunakan teknik cetak tekan maupun ukir.

Kamu telah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat. Sekarang kamu akan membuat patung dari tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan budaya daerahmu.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat

Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas.

Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.

Untuk kegiatan membuat patung Nusantara ini kamu dapat menggunakan tanah liat yang dapat ditemukan di sekitar tempat tinggalmu.

Jika di sekitarmu tidak terdapat tanah liat, maka kamu bisa menggunakan lilin atau plastisin. Kamu dapat membuat sendiri adonan plastisin dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

cara membuat adonan plastisin

Sekarang ambillah adonan plastisinmu yang sudah tersedia.

Kamu dapat mencoba berbagai bentuk dengan menggunakan tanah liat atau lilin malam. Biasakanlah tanganmu untuk membentuk desain yang kamu harapkan.

Cobalah beberapa bentuk dengan menggunakan bahan yang sama.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-24.html.

4 Responses to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28"