Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154


kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatakan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 3 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 152, 153, 154.

Baca Juga :

Tema 1 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kurikulum 2013

Belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan sangat menyenangkan. Kamu juga belajar cara membuat komik terkait mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, kita memperkuat pemahaman tentang materi yang telah kita pelajari. Namun, sebelumnya berolahraga dulu, ya.

Ayo Membaca

Tumbuhan di Indonesia banyak dimanfaatkan sebagai pewarna. Kunyit digunakan sebagai bahan pewarna apabila kita membutuhkan warna kuning. Tanaman bit menghasilkan warna merah. Warna hijau dapat diperoleh dari sawi dan pandan.

kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 154

Tahukah kamu, bahwa selain menghasilkan warna hijau, pandan juga memiliki aroma yang wangi?

Ayo, baca teks berikut dalam hati.

Daun pandan yang Wangi

Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 6 Halaman 152

Buatlah kesimpulan dari teks di atas.

Daun pandan adalah tumbuhan semak yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Tukarkan kesimpulanmu dengan temanmu. Berilah komentarmu pada kesimpulan temanmu.

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Ayo Berkreasi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membuat cerita dengan memanfaatkan pengetahuanmu tentang komik.

Ambillah komikmu dan selesaikan.

Sampaikan komikmu kepada teman kelompokmu.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 153, 154

Evaluasi

1. Bacalah teks berikut.

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Harimau jantan dewasa memiliki tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua.

2. Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Gunakan kosakata baku.

Harimau Sumatera merupakan hewan langkah yang hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

3. Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.

Pengalaman saya dalam menerapkan nilai-nilai dari sila Pancasila :

Di hari libur, saya dan teman-teman merencanakan untuk berkumpul di rumah Edo. Kami berencana membuat minuman dari jahe.

Namun alangkah kagetnya kami. Edo ternyata sedang sakit. Ia batuk dan demam. Edo terbaring di tempat tidur.

Kami akhirnya bersepakat membuatkan wedang jahe untuk Edo. Di belakang rumah Edo banyak tanaman jahe. Edo sangat senang. Persahabatan kami sangat indah. Kami memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, semangat tolong menolong di antara kami sangat tinggi.

Manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar :

1. Menjenguk teman yang sakit merupakan pelaksanaan dari sila kedua Pancasila.

2. Pentingnya tumbuhan bagi kehidupan manusia. 


4. Apa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan? Bagaimana cara melestarikan hewan dan tumbuhan?

Manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan :

1. Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia

2. Menjaga kesuburan tanah

3. Mencegah terjadinya bencana

4. Menjaga keseimbangan ekosistem

5. Menjaga kualitas udara dan air

6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata

Cara melestarikan hewan dan tumbuhan :

1. Memelihara kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan.

2. Melakukan penghijauan.

3. Tidak melakukan perburuan liar.

4. Menjaga habitat alami hewan dan tumbuhan.

5. Sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN. Jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya.

1. Singapura

Kegiatan ekonomi : pelayaran dan perdagangan

Hubungan dengan kondisi geografis : 

Singapura adalah negara pulau yang terletak di dekat jalur pelayaran di Selat Malaka. Singapura tidak memiliki lahan pertanian atau tambang mineral. Sehingga, kegiatan ekonomi berpusat pada pada pelayaran dan perdagangan.

Lokasi Singapura ini sangat strategis, karena Selat Singapura dan dekat Selat Malaka adalah jalur utama yang menghubungkan Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.

Dengan lokasi ini banyak kapal yang berlabuh di Singapura. Pelabuhan Singapura menjadi pelabuhan yang sangat sibuk dengan aktifitas bongkar muat dan kapal singgah.

Banyak perusahaan yang bergerak di perdagangan antar negara berbasis di negara ini.

2. Myanmar

Kegiatan ekonomi : Pertanian dan pertambangan

Hubungan dengan kondisi geografis : 

Wilayah Myanmar berada di daerah aliran Sungai Irawaddy. Lokasi ini membuat Myanmar memiliki lahan pertanian yang cocok untuk budidaya padi. Hingga tahun 1960an, Myanmar menjadi eksportir padi terbesar di dunia.

Selain pertanian padi, kegiatan ekonomi lain yang berkembang di Myanmar adalah pertambangan. Hal ini karena kondisi geografis Myanmar yang deposit batu giok (jade) terbesar di dunia. Myanmar memproduksi batu giok jenis kualitas tertinggi yaitu jadeit. Batu mulia dan semi mulia seperti giok mencakup sekitar 10% dari total ekspor Myanmar.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 153, 154 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-153.html.

1 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154"