Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111


kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-subtema-3-pembelajaran-2

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP dan PPKn.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 109, 110, 111.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 2

Pernahkah kamu mendengar pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?”. Apa makna pepatah tersebut bagi bangsa Indonesia? Ayo, kita diskusikan!

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut!

kunci jawaban buku siswa kelas 6 sd tema 2 halaman 110

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan!

Tempatkan potongan-potongan kertas berisi pertanyaan tersebut di tengah meja. Baca pertanyaan tersebut secara bergiliran, kemudian diskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara berkelompok!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 109 dan 110

Jawab pertanyaan berikut!

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Karena dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!

Contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama.

Diskusikan jawaban-jawabanmu dengan teman di kelompokmu!

Tulislah suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Ceritamu harus memuat:
  • kejadian yang menimpamu
  • manfaat persatuan dan kesatuan
  • tempat kejadian dan waktu

Saya, Lani, Hana, Upin, Ipin, dan Tayo berencana mengikuti festival budaya di sekolah kami dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2020. Kami berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan kami usung. Saya dan teman-teman sangat antusias mengikuti festival ini. Kami ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. 

Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik. Akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk
memperkenalkan permainan Rangku Alu. 

Kami mulai berlatih setiap sore untuk melatih kekompakkan dalam melakukan permainan rangku ulu. Berkat latihan yang rajin bersama teman-teman, akhirnya kami terpilih menjadi juara dalam festival budaya tersebut.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap kita pertahankan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga utuh.

Ayo Berkreasi

Secara berkelompok, kamu akan mempraktikkan pola lantai tari Indang dari Sumatra Barat yang dilandasi nilai-nilai persatuan. Ketika kelompok lain melakukan penampilan, silakan membuat catatan penting tentang penampilan tersebut.

Kamu juga dapat memberikan komentar dan saran mengenai penampilan temanmu.

Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang.

Pola Lantai Tari Indang

Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus). Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin. Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 111

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 111

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.

Jawaban soal tema 2 kelas 6 halaman 111 tentang membuat gambar pola lantai dari tarian yang di pilih dan dipraktikkan oleh masing-masing kelompok. Jadi alternatif jawabannya bisa berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Diskusikan pola lantai tarian tersebut dengan teman kelasmu!

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-halaman-109.html.

4 Responses to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111"