Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31

kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.

James Naismith

James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,

Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

rangkuman materi pelajaran tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 26 dan 27

Ayo Berdiskusi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan.

Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:

kunci jawaban buku paket tematik siswa tema 3 kelas 6 halaman 26

Paragraf 1 :

Topik masalah yang akan disampaikan penulis adalah Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia dan bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu,

Paragraf 2 :

Arus  listrik  adalah  gelombang  elektromagnetik,  yaitu  gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3 :

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga adalah tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4 :

Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara.

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Jawablah pertanyaan berikut untuk memastikan isi tulisanmu pada diagram telah sesuai dengan isi bacaan!

1. Apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut?

a. Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis, yaitu tentang :
  • Perjalanan arus listrik.
  • Manfaat listrik pada kehidupan warga dunia.

2. Apakah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteria berikut?

a. Mendukung topik utama yang disampaikan pada paragraf pertama, dengan menuliskan data-data yang berurutan, singkat, dan jelas sehingga mudah untuk dimengerti. Data tersebut harus berisi tentang:
  • Pengertian arus listrik.
  • Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumah warga.
  • Pemanfaatan listrik di rumah warga.

3. Apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut?

a. Kesimpulan isi teks bacaan, yaitu tentang peran penting listrik bagi kehidupan manusia.

b. Pesan/ide/pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitu tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan dalam kesehariannya. Diskusikan jawabanmu bersama teman! Sampaikan hasil diskusi kepada gurumu!

Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab- akibat.

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 28

Ayo Mengamati

Sekarang, kamu akan mencoba untuk menjadi penemu cilik! Ayo, kita lakukan!

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya.

Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri sederhana.

Amati kembali gambar rangkaian seri pada lampu.

Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.

Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda.

Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana
gambar rancangan lampu seri sederhana

Alat dan bahan untuk membuat rancangan lampu seri sederhana : Baterai, bola lampu senter, saklar, kabel, gunting, kardus/triplek, lakban.

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.

Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian seri lampu sederhana berdasarkan rancangan tersebut.

Cermati panduan keselamatan kerja berikut sebelum kamu memulai percobaan!

Panduan Keselamatan Kerja :
  • Pastikan semua bahan dalam kondisi baik (baterai tidak berkarat atau bocor).
  • Pastikan tangan bersih dan kering saat melakukan percobaan.
  • Berhati-hati saat menggunakan benda tajam (gunting).
  • Gunakan alat dan bahan dengan semestinya.

Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat. Cermati pertanyaan berikut!

1. Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik?

2. Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain! Analisis penyebab perbedaan tersebut!

3. Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkai- an milik teman yang menyala! Temukan kesalahannya dan perbaiki!

4. Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan! Temukan permasalahannya!

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 29 & 30

Ayo Menulis

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 29 dan 30

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 31

Kamu akan membuat rangkaian lampu paralel pada pertemuan berikutnya. Diskusikan bersama teman dan guru kemungkinan susunan komponen–komponen pada rangkaian lampu paralel tersebut.

Sekarang kamu akan membuat daftar alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian paralel sederhana dan membuat rangkaian lampu lalu lintas untuk minggu depan.

Kamu dapat membuatnya dalam satu kelompok kecil. Diskusikan pembagian tugas secara adil. Bekerja samalah dengan baik sehingga percobaan kalian minggu depan akan berjalan dengan lancar.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 31

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/09/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-26.html.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31"

Posting Komentar