Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59


kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 6

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 55, 56, 57, 58, 59.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 6 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Pembelajaran 6

Baca teks berikut dalam hati!

Roda, Pengubah Wajah Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 55

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa penemuan roda.

Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?

kunci jawaban buku tema 3 kelas 6 tokoh dan penemuan halaman 54

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 55

Apakah teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!

Teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah karena menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam.  

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

kunci jawaban tema 3 kls 6 halaman 55

Paragraf 1 : Topik Masalah
Manfaat roda bagi manusia

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana hingga roda berjari-jari.

Paragraf 3 : Deret Penjelas
Perkembangan roda mempunyai banyak ukuran dan jenis

Paragraf 4 : Kesimpulan dan Pesan /  Pendapat Pribadi Penulis
Pentingnya roda bagi kehidupan manusia.

Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sehubungan dengan penemuannya? Apakah mereka bertanggung jawab atas hak yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita temukan jawabannya!

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 56

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:

1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!

Beberapa hak yang dimiliki oleh penemu tersebut adalah hak untuk melakukan penelitian, dan mendapatkan penghargaan atas penemuannya tersebut. 

2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!

ya, mereka telah mendapatkan haknya yaitu diakui sebagai ilmuan yang menemukan roda.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?

Manfaat hak tersebut bagi mereka yaitu mereka dikenal sepanjang masa sebagai ilmuan yang telah berjasa bagi perkembangan dunia.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Ya, mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan. Contohnya mereka terus meperbaiki atau mengembangkan temuan mereka hingga menjadi ban karet berisi udara.

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu berdasarkan masukan mereka.

Baca dengan teliti cerita pendek berikut!

Hak dan Tanggung Jawab

Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Halaman 57 dan 58

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!

Hak Ani dalam cerita tersebut yaitu memperoleh pendidikan, mendapatkan semua kebutuhan sekolah, mendapatkan makanan sehat, mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

ya, Ani telah mendapatkan haknya. Contohnya mendapatkan sekolah yang bagus, mendapatkan buku, seragam sekolah, makanan sehat dan semua kebutuhan sekolah. 

3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?

Manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani yaitu Ani menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan ayah dan ibunya.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Ya, Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan. Contohnya mematuhi nasihat ayah dan ibu, rajin sekolah, rajin belajar, dan rajin mengerjakan tugas sekolah.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

Jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya maka orang tuanya akan sangat kecewa, ia tidak akan menjadi siswa yang berprestasi dan kebutuhan sekolahnya tidak akan dipenuhi oleh kedua orang tuanya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut:

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 58

Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain.

Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah kamu dapatkan? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 59

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menggunakan hak yang telah kamu dapatkan. Tulis dalam diagram berikut:

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 59

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/09/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-55.html.